Masyarakat di tengah masa pandemi yang terjadi, beberapa orang mungkin memiliki ketakutan dan kekhawatiran untuk melakukan rawat jalan ke rumah sakit. Ditambah telah terjadi beberapa kasus korban yakni pasien-pasien yang memerlukan penanganan jantung segera, tetapi memilih untuk “di rumah saja” yang berakhir fatal, maka Bethsaida Hospital merasa sangat perlu untuk mengimbau kepada masyarakat agar tidak menunda ke rumah sakit jika mengalami sakit jantung yang perlu penanganan secara langsung. Jangan sampai kecemasan yang berlebihan berakibat fatal.

Bethsaida Hospital terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik mengutamakan kesehatan, keamanan dan kenyamanan pasien. Salah satu bentuknya dengan melakukan skrining yang ketat sebagai langkah kami untuk mendukung imbauan Kementerian Kesehatan RI dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19.

Bethsaida Hospital juga melakukan pemisahan layanan untuk pasien bergejala dan tanpa gejala, melakukan disinfektan berkala setiap harinya, dan setiap tenaga medis yang melayani pasien memakai APD lengkap.

Sampai saat ini, kondisi dokter-dokter jantung, perawat-perawat, seluruh staf pendukung bagian jantung Bethsaida Hospital dan yang terlebih penting lagi seluruh pasien yang pernah dirawat di bagian jantung kami; tidak ada yang terpapar Covid-19.

Oleh sebab itu, pihak rumah sakit melakukan screening yang demikian ketat dari pintu masuk RS, sehingga pasien-pasien dengan kecurigaan Covid-19, akan segera dirujuk ke rumah sakit rujukan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk menangani pasien sesuai prosedur yang berlaku.

“Kebanyakan penyakit jantung itu sifatnya emergency, kalau pasien sudah mengalami sakit dada atau sesak napas, mereka harus segera datang. Tidak dapat ditunda. Sudah beberapa pasien meninggal karena takut datang ke rumah sakit,” kata Kepala Bagian Jantung Bethsaida Hospital Dr Dasaad Mulijono MBBS (Hons) FIHA FIMSANZ FRACGP FRACP PhD.

Selain itu, Dasaad menambahkan, tim jantung Bethsaida Hospital siaga sejak wabah Covid merebak untuk tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang prima khususnya di bidang penyakit jantung.

“Bahkan, untuk pasien-pasien yang kerap berobat ke luar negeri, inilah saatnya yang tepat bagi mereka untuk mencoba pelayanan kami di bidang jantung yang sudah mendapat pengakuan bertaraf Internasional dan penuh caring dari pasien-pasien yang kami layani,” pungkasnya. [AYA]

Leave a Response