Pramuka dan Organisasi Intra Siswa (OSIS) merupakan kegiatan intra madrasah untuk membekali siswa-siswi agar selain cakap di kelas, menjadi penunjang utama dalam mengimplementasikan hasil belajar-mengajar di lembaga pendidikan. Ketika pandemi mulai melandai, MTs Al-Islam dan MI YPPI Kota Bandung memelopori kegiatan di sekolah yang selama ini terlewatkan hampir 2 tahun, yaitu Camping Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa & Pramuka LT-1.

“Pada acara ini, siswa-siswi selama 3 hari 2 malam, yaitu pada 29-31 Oktober 2021 di Parongpong, Kabupaten Bandung, tepatnya di Curug Tilu Leuwi Opat, disiapkan menjadi anggota Pramuka dan OSIS. Agenda tahunan yang sempat terlewat karena pandemi ini, bisa terlaksana tahun ini dengan gembira, semangat  dan berkesan oleh peserta camping madrasah,” terang penanggung jawab kegiatan sekaligus Wakil Kepala Madrasah Bagian Kesiswaan H Iham Sulaeman, SPd.

Kepala MTs Al-Islam Fathurrohman menyampaikan bahwa kamping madrasah sudah jauh hari dipersiapkan, yaitu sejak penerimaan siswa-siswi baru mulai mengisi formulir pendaftaran. Begitu pula kegiatan lainnya yang disepakati melalui rapat orangtua pada awal tahun ajaran baru 2021-2022. Kegiatan ini diikuti kurang lebih diikuti 85 siswa-siswi berikut guru dan alumni madrasah.

This slideshow requires JavaScript.

“Sebelum pemberangkatan, siswa-siswi madrasah dibekali dengan latihan terdahulu agar anak siap. Terlebih di tengah kondisi pandemi dan musim hujan seperti sekarang. Berkoordinasi dengan Pramuka Kwarran Bandung Kulon yang sekaligus datang menghadiri kegiatan sebagai pemateri, sejumlah 17 tenda kamping madrasah dengan segala peralatan sudah yang disediakan bagi siswa-siswi madrasah,” jelasnya Pembina Pramuka MI YPPI & MTs Al-Islam Cecep Kurniawan SAg.

Iham menambahkan bahwa kegiatan ini dibagi menjadi 1 hari Latihan Dasar Kepemimpinan dan 1 hari Kepramukaan. Pihaknya menyusun kegiatan dengan ritme serius, tetapi santai dengan akhir kegiatan yang membuat siswa siswi senang.

Rafi, siswa kelas 7A, menyebutkan bahwa kegiatan ini seru dan ingin mengulangnya lagi. “Nanti kamping lagi. Seru meskipun hujan di sela kegiatan siswa-siswi membereskan alat alat camping,” ujarnya lagi.

Baca juga: 

“Kegiatan ini bagus, tim guru-gurunya sudah sangat siap solid dan semangat. Madrasah lain pun ingin kegiatan seperti ini. Madrasah-madrasah tsanawiyah di bawah saya ingin mengikuti. Mudah mudahan ini jadi tsanawiyah dan ibtidaiyah percontohan untuk madrasah lain selama pandemi, sambil memantau kegiatan,” ujar Penilik/Pengawas Drs Agus Jamaludin yang menghadiri undangan kamping madrasah,

Kepala MI YPPI Inden Mardiah SAg mengatakan dalam amanat ketika upacara api unggun bahwa api ini menjadi penyemangat yang membara seperti api terus berkobar untuk terus belajar bagi siswa-siswi bisa menjadi bekal dalam belajar ketika kembali selesai kegiatan ini.

Iham berharap riang dan semangatnya anak-anak selama kegiatan bisa meningkatkan potensi, prestasi, dan inovasi sesuai dengan tema yang diusung, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) & Lomba Tingkat 1 Pramuka (LT 1) serta dikukuhkan sebagai anggota OSIS dan Pramuka terus dibina. [AYA]