Perkembangan industri otomotif senantiasa diiringi dengan hadirnya mobil-mobil baru berbalut fitur modern. Desainnya pun tak hanya menarik, tetapi juga mampu mengekspresikan penampilan
si pengguna dalam balutan desain minimalis.

Hal tersebut tecermin melalui salah satu produk andalah Mazda, yakni All-New Mazda3 yang mengusung teknologi Skyactiv. Tampil perdana pada ajang Los Angeles Auto Show 2018, All-New Mazda3 kini siap memasuki pasar otomotif Indonesia.

Mazda3 terbaru tersebut mengadopsi konsep desain Kodo yang lebih matang dengan tetap mewujudkan esensi estetika Jepang. Mobil yang hadir dalam dua model yakni hatchback dan sedan ini mengekspresikan tampilan yang lebih hidup dan lebih kuat daripada model sebelumnya.

Pada sisi eksterior, Mazda3 hatchback menampilkan sosok bertenaga dan menggoda dengan daya tarik akan sebuah pengalaman berkendara yang menarik. Sementara itu, Mazda3 sedan tampil minimalis, bersih, dan memukau, menonjolkan kedewasaan dan kemewahan maksimal.

Desain tampak depan tampil berbeda antara hatchback dan sedan, sebagai salah satu elemen yang menunjukkan evolusi desain Kodo. Sesuai tema “less is more”, tampilan lampu memiliki aksen lebih membulat, dengan hanya menampilkan tiga elemen penting sebuah lampu yaitu sumber cahaya, lensa, dan dudukannya sehingga menghasilkan tampilan bersih dan indah. Pun pada interior, sesuai tema “less is more”, elemen pada kabin dirancang sesederhana mungkin sehingga meningkatkan kenyamanan.

Interior pada All-new Mazda3 sedan berbalut Kabin All-New Mazda3 dirancang dengan filosofi human-centric milik Mazda dengan tujuan agar pengemudi dapat berkendara dengan nyaman tanpa hilang konsentrasi. Penumpangnya pun dapat semakin nyaman selama perjalanan.

Generasi terbaru teknologi struktur Skyactiv-Vehicle Architecture menjadikan kursi pada All-New Mazda3 mengadopsi struktur dasar yang dirancang untuk mempertahankan bentuk alami tulang belakang.

Mazda juga merancang All-New Mazda3 dengan pengendaraan yang memiliki rasa menya­tu antara mobil dan sang pengendara (Jinba-Ittai). Pada Mazda3 ini, Mazda mengem­bangkan teknologi Skyactiv-nya dengan teknolo­gi baru yang lebih mendekatkan lagi tingkatan human-centric.

Di Indonesia, Mazda3 yang dipasarkan meng­adopsi mesin berbahan bakar bensin Skyactiv-G 2.0 liter terbaru. Mesin ini mendapatkan optimalisasi pada bagian intake port dan bentuk piston, split fuel injection dan katup pendingin untuk menghasilkan performa dinamis, efisien, dan ramah lingkungan. Distribusi tenaga dan torsi dari jantung pacu ini disalurkan melalui transmisi transmisi otomatis 6-percepatan Skyactiv-Drive.

Fitur keselamatan dilengkapi dengan tekno­logi i-Activsense yang telah dikembangkan, yang merupakan pengendali semua fitur keselamatan pada mobil-mobil Mazda. Di dalamnya tersemat Mazda Radar Cruise Control (MRCC) dan Distance Recognition Support System (DRSS).

GIIAS 2019

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang digelar pada 18–28 Juli 2019 di ICE BSD, Tangerang, melalui agen tunggal dan distributor eksklusifnya, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Mazda turut berpartisipasi menyemarakkan pameran tersebut.

Di antara 11 model yang dipamerkan, PT EMI secara resmi meluncurkan All-New Mazda3 Sedan dan Hatchback model terbaru yang telah mendapatkan perubahan total, baik dari sisi tampilan, performa, maupun pengendaraannya, dan merupakan produk pertama Mazda Generasi ke-7.

Hadir di Booth 3-C, Hall 3, PT EMI juga menampilkan Mazda2 R AT, Mazda3 Speed, Mazda6 Elite, Mazda CX-3, CX-5 Elite, Mazda CX-9. Tampil pula Roadster Mazda MX-5 Anniversary Edition untuk melengkapi jajaran produk Mazda.

Di area test drive juga tersedia Mazda CX-3, Mazda CX-5, dan All-New Mazda3 sedan dan hatchback untuk dicoba oleh pengunjung selama pameran.

Menariknya lagi, selama pameran, konsumen dapat menikmati promosi menarik berupa Mazda Warranty yang memberikan jaminan selama 3 tahun atau 100.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dahulu). Penasaran? Segera kunjungi booth-nya di GIIAS 2019. [*/BYU]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 18 Juli 2019.

Tags : featuredMazda
Kompas Adv
Advertising division of Kompas Daily Newspaper, the largest national newspaper in Indonesia. All content are published in printed newspaper.

Leave a Response