Tahun ini menandai satu dasawarsa digelarnya Festival Jakarta Great Sale (FJGS) atau dikenal sebagai ajang pesta belanja terbesar di Indonesia.
Tepatnya pada hari Minggu (12/8), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Panitia Penyelenggara FJGS 2018 resmi membuka perhelatan akbar tersebut melalui Opening Ceremony FJGS 2018 yang berlokasi di One Belpark Mall, Jakarta Selatan.
Pemerintah DKI Jakarta bersama dengan 14 asosiasi menggelar FJGS 2018 pada 12 Agustus hingga 4 September 2018. Pemilihan waktu di bulan Agustus ditujukan sebagai bentuk dukungan Pemerintah DKI Jakarta dalam menyemarakkan dan menyukseskan Asian Games 2018.
Sebelum acara Opening Ceremony FJGS 2018, diselenggarakan konferensi pers yang antara lain dihadiri Fery Farhati (Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta sekaligus Nyonya Gubernur Provinsi DKI Jakarta), Drg Reswan W Soewarjo MM MH (Plt Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta), Ellen Hidayat (Ketua Pelaksana FJGS dan Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DPD DKI Jakarta), dan Lanny Kuputri (CEO One Belpark Mall).
Pada konferensi pers, Ellen Hidayat menerangkan, ”Jakarta ingin menunjukkan diri sebagai tuan rumah yang baik, yang memberikan pelayanan terbaik serta menyediakan aneka produk berkualitas dengan harga terjangkau. Ajang ini sekaligus menjadi momen tepat memperkenalkan kepada negara-negara Asia, bahwa Jakarta juga adalah surga dan destinasi belanja di Asia melalui semarak pesta diskon di 82 pusat belanja di lima wilayah Jakarta.”
Lebih lanjut, Ellen menambahkan, “FJGS 2018 merupakan ajang pesta belanja terbesar di Indonesia, karena diikuti 82 mal di Jakarta dan lebih dari 2.000 toko yang memberikan diskon hingga 70 persen. Selain oleh pusat belanja, ada 8 hotel berpartisipasi memberikan paket dan penawaran spesial sepanjang periode FJGS 2018. Untuk itu, Panitia FJGS 2018, optimistis target penjualan ritel sepanjang periode FJGS 2018 ini akan mencapai 3 – 4 triliun rupiah.”
Kegiatan FJGS 2018 bertambah meriah berkat kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta dan UKM Binaan OK OCE. Terdapat 53 perajin Jakarta di bawah binaan Dekranasda DKI Jakarta yang berpartisipasi di 7 mal Jakarta. Sementara, pameran UKM Binaan OK OCE digelar di 15 pusat belanja (trade center). Adanya kerja sama ini diharapkan semakin menyemarakkan perhelatan FJGS 2018 serta menarik para wisatawan dan tamu Asian Games 2018.
Spirit of Jakarta
Dalam acara Opening Ceremony, panitia menerjemahkan tema FJGS 2018 Spirit of Jakarta dalam pergelaran musikal menawan. Pergelaran menggabungkan konsep semarak Pesta Belanja dan semangat Indonesia untuk menyukseskan Asian Games 2018.
Acara didukung artis Maria Calista dan Adrian Halif, paduan suara Voice of Indonesia, serta penari Batavia Dancers. Panitia juga menghadirkan atlet-atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang olahraga Internasional seperti Susiana (wushu), Dedeh Herawati (lari), Ronaldo Sitepu dan Rony Gunawan (Basket) , serta Suryo Agung Wibowo (atletik).
Di samping itu, ditampilkan kolaborasi spesial desainer muda Indonesia yang menerjemahkan tema Spirit of Jakarta dalam koleksi khusus yang diperagakan 30 model. Para desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chambers Indonesia itu adalah Aldre, Eugene, dan Raegita Zorro dengan koreografer Wawan Soeharto. [*/AJG]
Semarak “One-Stop Event” Pasar Nusantara
Bulan Agustus identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI. Memasuki usia kemerdekaan ke-73, dipastikan kemeriahan peringatannya, akan terasa di seantero Nusantara, termasuk di pusat perbelanjaan Ibu Kota, seperti Pondak Indah Mall (PIM).
Mal bergengsi di Jakarta Selatan ini mempersembahkan Pasar Nusantara, sebuah one-stop event untuk seluruh pengunjung PIM yang berlangsung pada 9-19 Agustus 2018. Pasar Nusantara mencakup pertunjukan hiburan, festival kuliner, pameran produk Nusantara, serta parade busana Nusantara.
General Manager PIM Eka Dewanto menerangkan, “Kami menerima antusiasme luar biasa dengan diadakannya Pasar Nusantara tahun lalu. Tahun ini dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia, kami kembali memberikan one-stop event yang dapat dinikmati bersama keluarga dan teman. Pasar Nusantara adalah bukti begitu kaya dan beranekaragamnya makanan, seni, dan busana khas Indonesia.”
“Selain itu, tahun ini, bertempat di panggung Fashiontastic, kami menyadari potensi kreasi lokal yang begitu besar, di mana kami turut menyajikan karya-karya para desainer Indonesia seperti Priyo Oktaviano, Danny Satriadi, Norma Hauri, Defrico Audy, dan Never Too Old–Project sebagai bagian dari rangkaian acara yang ditujukan sebagai panggung bagi para online local brands pada era digital ini,” sambung Eka.
Cinta produk lokal
Merayakan ragam mi yang berada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, Pondok Indah Mall membawa tema Pesta Mie Nusantara yang menghadirkan lebih dari 20 jenis mi Nusantara. Selain itu, pengunjung dapat menikmati aneka jajanan pelengkap lainnya seperti aneka es, rujak, asinan, dan jajanan Tanah Air di pameran Pasar Jajan Nusantara yang terletak di Skywalk Utara lantai 2.
PIM juga menggelar Pameran Produk Nusantara berupa bazar pameran produk lokal dan galeri kain batik, serta kerajinan tangan Indonesia. Pameran ini berlokasi di PIM 1 & 2 lantai dasar, North Skywalk lantai 1, dan Atrium Street Gallery. [IKLAN/*/AJG]
Foto-foto : dokumen Pondok Indah Mall.
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Agustus 2018.