Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia, Selasa (15/10/2019), Starbucks Indonesia melakukan pembangunan AquaTower dan memberikan edukasi mengenai pentingnya mencuci tangan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat dan komunitas. Pada kesempatan ini, kegiatan berlangsung di Desa Pasir Ampo, Kabupaten Tangerang.

Partner Starbucks Berbagi tentang Bahaya Kuman Penyakit jika Tidak Mencuci Tangan. (Foto-foto: dok Starbucks Indonesia)

“Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2019 tahun ini mengusung tema ‘Tangan yang Bersih untuk Kita Semua’.  Sebagai bagian dari masyarakat, Starbucks Indonesia menyadari pentingnya kebersihan dan sanitasi sejak dini. Oleh sebab itu, kami memberikan edukasi kepada siswa-siswi di SDN Pasir Ampo dan masyarakat sekitar. Bersama-sama dengan partner (karyawan Starbucks), kami sangat senang dapat memberikan fasilitas air bersih berupa pembangunan AquaTower agar warga di Desa Pasir Ampo dapat menggunakan air bersih untuk aktivitas sehari-hari. Ini merupakan AquaTower ke-12 yang kami bangun di mana sebelumnya pembangunan AquaTower telah dibangun di wilayah Tangerang, Bekasi, Medan, Bali, Lombok, dan Surabaya,” jelas PR & Communications Senior General Manager Starbucks Indonesia, Andrea Siahaan.

Aktivitas di Kelas Mengenai Pentingnya Mencuci Tangan

Selaras dengan visi Starbucks untuk selalu menginspirasi dan menjaga semangat kemanusiaan, Starbucks peduli untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kehidupan yang lebih baik. Andrea menambahkan, “Dengan membawa nilai human connection pada setiap kegiatan yang Starbucks lakukan, kami percaya bahwa kita dapat membawa perubahan melalui program berkelanjutan. Selama 8 tahun pertama kami bekerja sama dengan Planet Water Foundation, dampak bermakna telah dirasakan melalui penyediaan air bersih kepada lebih dari 11.000 orang dan sedikitnya 5.000 anak-anak teredukasi mengenai higienitas yang berfokus pada pentingnya cuci tangan dan terlindung dari kuman penyakit.”

AquaTower ke-12 yang Didirikan oleh Starbucks Indonesia bersama Planet Water.

Ishak Kasum, Program Manager Planet Water Foundation Indonesia, menambahkan, “Kami merasa senang untuk dapat kembali bekerja sama dengan Starbucks. Memahami pentingnya tangan yang bersih menjadi awal dari menjalankan hidup yang bersih dan sehat, sebuah cara yang efektif dan terjangkau untuk terhindar dari berbagai penyakit. Melalui kegiatan ini, kami harap dampak nyata dapat dirasakan oleh masyarakat di desa Pasir Ampo.”

Pendirian AquaTower di SDN Pasir Ampo

Desa Pasir Ampo merupakan salah satu area di wilayah kabupaten Tangerang yang diperhatikan karena berstatus “berisiko tinggi sanitasi”. Kurangnya informasi serta keterbatasan sumber air bersih menjadi penyebabnya. Melalui kegiatan ini, Starbucks Indonesia berharap dapat menjembatani kesenjangan ini dan meningkatkan kehidupan yang lebih sehat lewat pengadaan akses fasilitas air bersih di wilayah tersebut. Starbucks Indonesia berkomitmen untuk mendonasikan Rp 1.000 untuk setiap botol air mineral yang terjual di Starbucks untuk membangun AquaTower guna penyediaan akses air bersih. [*]

Leave a Response