Borobudur Marathon 2019 powered by Bank Jateng akan segera digelar. Lomba lari yang diselenggarakan pada Minggu, 17 November 2019, di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, ini diharapkan tidak sekadar menjadi wisata olahraga, tetapi juga penggerak ekosistem sosial progresif.

Untuk itu, pada lomba lari hasil kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Bank Jateng dengan Harian Kompas ini dihadirkan Pawone Borobudur Marathon. Program ini merupakan wujud nyata sinergi dan harmoni antara pelari, masyarakat, dan semua pihak yang terlibat. Melalui program ini, Borobudur Marathon tidak hanya menjadi sebuah sport tourism destination, tetapi juga harus mampu menjadi penggerak ekosistem sosial yang progresif yang menyatukan semua orang yang terlibat terutama masyarakat lokal.

FOTO-FOTO DOK BAGIAN EVENT KOMPAS

Selain memberikan nilai tambah terhadap sektor sosial dan ekonomi, program ini juga diharapkan mampu menghadirkan pengalaman dan sensasi tersendiri bagi masyarakat luas maupun pelari yang turut serta pada ajang bertaraf internasional tersebut.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menegaskan, lomba lari Borobudur Marathon 2019 merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Jawa Tengah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Tahun ini merupakan tahun ketiga Bank Jateng bekerja sama dengan Harian Kompas menjadi sponsor Borobudur Marathon. Hal ini merupakan aksi nyata Bank Jateng untuk meningkatkan perekonomian Jawa Tengah.”

Tahun ini, lanjut Supriyatno, Bank Jateng bersama Borobudur Marathon membangun Pawone Borobudur Marathon yang merupakan program pengembangan UKM yang bertujuan membantu masyarakat dalam memaksimalkan potensi ekonomi lokal dan nilai jual produk lokal.

Tiga program besar

Pawone Borobudur Marathon 2019 dibagi menjadi tiga program besar, yaitu Mbangun Cerita, Mbangun Pasar, dan Mbangun Wisata. Mbangun Cerita merupakan wadah bertukar cerita antara warga masyarakat di sekitar Candi Borobudur dan penyelenggara Borobudur Marathon 2019. Program ini dimaksudkan agar pengalaman yang tercipta pada kegiatan ini dapat dirasakan secara utuh oleh semua orang yang terlibat di dalamnya.

Sementara itu, program Mbangun Pasar merupakan proses membangun “Pasar Har­moni”, sebuah pasar hasil karya warga lokal di sekitar Candi Borobudur yang me­nya­jikan makanan dan minuman khas Kabu­paten Magelang. Dan, Mbangun Wisata meru­pakan rangkaian program pelatihan dan pengembangan terhadap para pelaku pariwisata di kawasan Candi Borobudur yang memiliki misi membantu mengembangkan ekosistem pariwisata yang memiliki khazanah lokal dan berdaya saing internasional.

“Pasar Harmoni” yang baru pertama kali di­bentuk ini merupakan salah satu rangkaian sajian Pawone Borobudur Marathon 2019 sebagai ber­kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi lokal di sekitar kawasan Candi Borobudur. Pasar ini dibentuk melalui kolaborasi antara warga lokal, penyelenggara Borobudur Marathon, dan hotel-hotel di sekitar Candi Borobudur.

Warga lokal yang memiliki niat untuk mem­bangun usaha kuliner akan diseleksi, dipilih, dan dilatih oleh juru masak eksekutif yang berasal dari Grand Artos Hotel & Convention, Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center, Hotel Puri Asri, dan Villa Borobudur Resort.

Supriyatno optimistis, Pasar Harmoni mampu memberikan kontribusi besar, tidak hanya bagi penyelenggaraan Borobudur Marathon sebagai sport tourism destination yang berkelanjutan, tetapi juga kemaslahatan warga di sekitar Candi Borobudur.

Borobudur Marathon 2019 powered by Bank Jateng mengusung tema “Synergy and Harmony” dengan harapan mampu mengajak seluruh pihak yang terlibat, baik sponsor, penyelenggara, peserta, maupun masyarakat lokal, untuk bersinergi menciptakan keselarasan dalam meningkatkan nilai pariwisata dan ekonomi Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Magelang.

Ajang ini mendapat dukungan penuh dari Bank Jateng selaku sponsor utama, Generali Insurance selaku mitra asuransi resmi, Isoplus selaku mitra minuman isotonik, Nestle Pure Life selaku mitra air mineral, Lazada selaku mitra e-dagang, Airy Rooms selaku mitra akomodasi penginapan lokal, dan MIND ID sebagai co sponsor. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 4 November 2019.

Leave a Response