Saat ini, semakin banyak pencinta wisata memasukkan daerah-daerah di Indonesia ke dalam bucket list mereka. Keindahan alam Indonesia yang semakin tersorot memberikan pilihan baru untuk berlibur, baik sendiri maupun bersama keluarga.

Kini, bukan hanya Bali yang masuk ke dalam jejeran “tempat yang wajib dikunjungi” di Indonesia, semenjak 2016 pemerintah telah gencar mempromosikan 10 wisata yang disebut sebagai “Bali Baru”. Tempat-tempat itu, antara lain Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Gunung Bromo (Jawa Timur), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

Santika Indonesia Hotels and Resorts pun tidak ketinggalan untuk mendukung pemerintah mempromosikan Indonesia dengan menyediakan akomodasi terbaik dengan pelayanan khas Indonesia. General Manager Corporate Business Development & Marketing Communication Department L Sudarsana mengatakan, Santika Indonesia Hotels & Resorts terus memperluas persebaran unit hotel mereka, terutama di 10 Destinasi “Bali Baru” ini.

“Kami telah membuka Hotel Santika Premiere Beach Resorts di Belitung. Untuk destinasi Gunung Bromo, para pengunjung dapat menginap di unit kami di Malang atau Surabaya. Ada Kampi Hotel–Surabaya yang instagenic, cocok bagi pada traveller muda yang senang berfoto untuk Instagram mereka. Yang ingin ke Borobudur, ada 3 unit Amaris Hotel dan 1 Hotel Santika Premiere di Yogyakarta. Yang ingin ke Pulau Komodo dapat transit di Amaris Hotel Kupang dan untuk Mandalika–Lombok, kami mempunyai Hotel Santika Lombok dan akan segera dibuka salah satu boutique villa, The Kayana Beach–Lombok,” ujar Sudarsana.

Foto-foto: Shutterstock.com

Selain di destinasi yang menjadi sorotan tersebut, Santika Indonesia Hotels & Resorts telah memiliki properti di lebih dari 40 kota di Indonesia. Beberapa berada di kota-kota yang sangat eksotis untuk dikunjungi, seperti Hotel Santika Luwuk di Luwuk–Sulawesi, Amaris Hotel Gorontalo bagi yang ingin berlibur ke Pulau Cinta, ada Hotel Santika Premiere Ambon dan Amaris Hotel Ambon, dan pilihan hotel mulai dari Amaris Hotel berbintang dua, Hotel Santika berbintang empat, The Anvaya Beach Resort–Bali hingga The Samaya dan The Kayana sebagai boutique villa di pulau Dewata Bali.

“Proyek kami selanjutnya yaitu Amaris Hotel Manado, Amaris Hotel Sorong, Hotel Santika Lampung, Hotel Santika Bukit Tinggi dan masih banyak lagi,” terang Sudarsana.

Santika Indonesia Hotels and Resorts sejauh ini telah mengelola 111 unit hotel dengan 7 brand utama, yaitu The Anvaya Beach Resorts sebagai hotel berbintang 5 berjumlah 1 unit, Hotel Santika Premiere sebagai hotel berbintang 4 dengan total 13 unit, Hotel Santika sebagai hotel berbintang 3 dengan total 29 unit.

Selanjutnya, Kampi Hotel sebagai instagenic hotel berbintang 3 berjumlah 1 unit, Amaris Hotel sebagai smart hotel dengan total 64 unit, The Samaya berjumlah 2 unit, dan The Kayana berjumlah 1 unit sebagai boutique villas.

Setiap hotel menawarkan keunikan ter­sendiri dengan memancarkan kearifan lokal, memberikan standar pelayanan khas Indonesia, fasilitas yang memadai, dan lingkungan yang menenangkan.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 4 Juni 2019.

Leave a Response