Bulan suci Ramadhan selalu jadi momen untuk segala kebaikan, baik yang menyangkut diri sendiri maupun relasi dengan sesama. Bermacam aktivitas atau kegiatan positif yang dilakukan secara tak langsung tentu membentuk setiap individu jadi pribadi yang lebih sempurna, dan bahkan mungkin menginspirasi orang lain.

Hal-hal baik bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan secara sederhana. Misalnya, dengan senyum, yang membuat dunia pun akan ikut tersenyum. Ya, tersenyum adalah cara paling mudah untuk menularkan kebahagiaan kepada orang di sekitar.

Di sisi lain, senyum juga bisa mendatangkan hal positif bagi kesehatan. Beberapa studi, seperti yang dilakukan di Yale Scientific menyebutkan, tersenyum bisa membantu meredakan stres dan menyehatkan fisik seseorang.

Gaya “make-up”

Ada banyak kebaikan di balik kesederhanaan senyum. Hal inilah yang kemudian mendorong Wardah secara resmi menyambut bulan Ramadhan 2018 dengan memperkenalkan #SenyumKebaikan, sebuah tema besar yang menjadi inspirasi gaya make-up dan ragam aktivitas sosial Wardah selama bulan suci.

Brand Manager Wardah Cosmetics Shabrina Salsabila mengatakan, #SenyumKebaikan adalah sebuah gerakan yang mengajak banyak orang untuk berbuat kebaikan, teristimewa pada bulan Ramadhan.

Sekadar catatan, tema #SenyumKebaikan merupakan bagian dari kampanye #CantikDariHati Wardah, sebuah ajakan untuk berbagi inspirasi kebaikan pada lingkungan sekitar, yang telah Wardah jalankan di bulan Ramadhan selama tiga tahun terakhir.

“Senyum adalah sebuah aktivitas penuh makna yang mampu mengubah keadaan dan memotivasi banyak orang untuk berbuat kebaikan. Melalui kekuatan #SenyumKebaikan, kami berharap dapat menjadikan ibadah Ramadhan lebih indah,” kata Shabrina.

Dalam rangka menginspirasi lebih banyak orang untuk berbagi #SenyumKebaikan, Wardah membantu memberikan empat definisi senyuman, yaitu ketulusan, kelembutan, kebaikan, dan kedamaian. Masing-masing definisi ini menginspirasi Wardah untuk menjadikan #SenyumKebaikan sebagai tema besar gaya make-up Ramadan 2018 Wardah.

Adapun keempat gaya make-up tersebut, sebagaimana siaran pers yang diberikan, dibagi menjadi empat look. Pertama adalah Smile of Sincerity yang menonjolkan ketulusan perempuan melalui warna natural Lip Cream Berry Pretty dan Eyeshadow G. Melalui warna bibir pink yang meninggalkan kesan manis, look ini sangat cocok digunakan untuk perempuan yang ingin mendapatkan tampilan fresh, tetapi tetap sederhana.

wardah kompas weekend

Kedua adalah Smile of Blessings, yang menonjolkan kelembutan perempuan melalui Lip Cream Mauve On dan sentuhan warna kecokelatan EyeXpert Eyeshadow Nude Classic. Tampilan sederhana ini cocok bagi perempuan yang menginginkan tampilan fresh di mata dengan sentuhan warna tren 2018, yakni mauve di bibir.

Ketiga adalah Smile of Kindness yang menonjolkan kebaikan perempuan melalui warna Lip Cream Feeling Red dan sentuhan warna fresh dari EyeXpert Eyeshadow Nude Classic. Look make-up ini ditujukan bagi perempuan yang menyukai tampilan bold di bagian bibir, tetapi tetap natural di bagian mata. Look tersebut sangat cocok digunakan pada special event pada bulan Ramadhan.

Keempat yaitu Smile of Serenity yang menonjolkan kedamaian perempuan melalui warna Lip Cream See You Latte dan sentuhan warna smokey dari EyeXpert Eyeshadow Nude Passionate. Look make-up ini cocok untuk diaplikasikan oleh perempuan yang menyukai tampilan make-up bold seperti smokey eyes di bagian mata, tapi tetap lembut di bagian bibir.

Mewakili karakter dan highlight yang berbeda, keempat nuansa make-up ini memaksimalkan ragam warna produk Exclusive Matte Lip Cream untuk membantu perempuan agar lebih percaya diri dalam menebarkan senyuman.

“Meski berbeda, keempat gaya ini menghadirkan tema natural dan kesederhanaan. Ini karena Ramadhan identik dengan kesederhanaan. Melalui nuansa warna natural, Wardah berharap perempuan dapat menonjolkan kecantikan alaminya, sambil menampilkan senyuman yang memancarkan keindahan hati pada bulan suci,” kata Shabrina.

Menyebarkan semangat

Tidak berhenti sampai di inspirasi gaya make-up, Wardah juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menyebarkan semangat #SenyumKebaikan melalui aktivasi digital Smile Movement.

Smile Movement adalah gerakan yang mengajak masyarakat untuk membagikan foto senyum kebaikan dengan mengunggah foto mereka saat tersenyum beserta penjelasan aktivitas kebaikan yang telah mereka lakukan di microsite Wardah.

Nantinya, laman tersebut akan menambahkan kalimat motivasi di foto, yang dapat diunduh dan dibagikan di akun media sosial masing-masing.

“Gerakan ini kami perkenalkan pada publik agar senyuman dapat menjadi sebuah aktivitas baik yang dijalankan setiap hari,” tambah Shabrina.

Sebagai bentuk apresiasi, masyarakat yang bersedia berbagi inspirasi senyum kebaikan dalam Smile Movement dan mengunggah foto mereka di media sosial akan mendapatkan voucer belanja produk Wardah.

“Harapan dari Smile Movement ini adalah banyak orang yang terinspirasi untuk berbuat baik. Memang akan ada movement-movement lain, tetapi harapannya dengan tersenyum kebaikan, Ramadhan jadi lebih indah,” pungkas Shabrina di Jakarta, Rabu (9/5). [ASP]

Senyum dan Sebuah Kesan

Meski sederhana, senyum punya kekuatan yang luar biasa. Maknanya pun berbeda pada masing-masing orang. Misalnya pada Dewi Sandra dan Inneke Koesherawati, yang keduanya adalah brand ambassador Wardah.

Bagi Dewi, senyum adalah sebuah kata dan perbuatan yang punya makna mendalam. Senyum yang dialamatkan pada seseorang, meski orang asing sekalipun, akan dibalas dengan senyuman.

“Senyum juga adalah ibadah yang mudah. Nilai pahalanya juga besar. Ini juga mudah effortless, dan bisa ‘sampai’ ke tujuan. Ini adalah sesuatu yang bermula dari diri sendiri dan bisa dilakukan,” kata Dewi.

Sementara itu, senyum—yang juga jadi kampanye Wardah lewat #SenyumKebaikan, mengingatkan Inneke akan pesan almarhumah ayahnya, yang acap mengatakan bahwa senyum adalah ibadah yang mudah dan murah.

“Senyum bisa membuat bahagia. Kalau mau melakukan sesuatu yang baik, awalilah dengan senyum, jadi ke sananya juga akan baik. Saya bersyukur Wardah bisa membuat tema ini,” kata Inneke.

Dijumpai di Jakarta pada Rabu (9/5), kedua brand ambassador Wardah tersebut mengamini kalau sebuah senyuman bisa menyalurkan dan menyebarkan energi positif  serta kebaikan ke lingkungan sekitar. Mereka juga bersyukur bisa bergabung ke dalam brand yang selalu berbagi kebaikan.

Bagi Dewi, banyak hal yang ia dapat bersama Wardah, terutama karena ia bisa melihat banyak hal dan berbagi hal positif ke banyak orang.

Hal serupa dialami Inneke, yang merasa sangat terkesan karena bersama Wardah beroleh kesempatan bisa menularkan semangat dan keceriaan pada anak-anak sekolah untuk giat belajar. “Wardah mengajak saya dan membuka mata saya.”

Ramadhan kali ini, lewat #SenyumKebaikan, Wardah mengajak semua orang untuk menebar kebaikan.

“Seperti yang tecermin dalam TVC Ramadan Wardah kali ini, yang menyampaikan bahwa ada kebaikan dalam setiap senyuman. Mulai dari senyum tulus yang penuh keikhlasan, senyum sabar yang menyemangati, hingga senyum hangat yang memaafkan. #SenyumKebaikan merupakan sebuah aktivitas yang sederhana, tetapi begitu mengena dan terkadang sulit dilakukan. Saya berharap #SenyumKebaikan dapat terus melekat pada diri saya dan masyarakat luas agar keseharian kita lebih berwarna,” ujar Dewi. [ASP]

Antonius Sulistyo Prabowo
Penikmat musik era 90-an. Kolektor diecast & kamera analog paruh waktu.

Leave a Response