Wabah Covid-19 yang melanda lebih dari 200 negara tak hanya mengancam kesehatan masyarakat. Pandemi yang kini telah menjangkiti lebih dari 1,2 juta jiwa di dunia ini juga membawa implikasi ekonomi luas sehingga menuntut pemerintah dan pihak-pihak terkait harus cepat mengambil tindakan tepat agar roda perekonomian tetap berputar.

Pandemi yang terus merenggut korban jiwa ini menggugah Hino mengambil langkah-lang­kah drastis demi membantu pe­merintah untuk menekan angka korban jiwa dan mencegah penyebaran lebih lanjut.

Dalam masa tanggap darurat, produsen kendaraan komersial ternama di dunia ini tetap berkomitmen menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen setia, dengan tidak mengurangi aspek keselamatan dan keamanan dari ancaman Covid-19. Hino memiliki komitmen untuk terus memberikan yang terbaik untuk pelanggan dalam kondisi sulit sekalipun. Seperti yang disampaikan Presiden Direktur HMSI Masato Uchida dalam suratnya yang ditujukan kepada seluruh konsumen Hino Indonesia.

“Lebih dari 37 tahun, Hino Indonesia berkomitmen menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen setia kami. Komitmen yang sama mendorong kami untuk terus memberikan yang terbaik untuk Anda dalam kondisi sulit sekalipun. Seiring Covid-19 yang telah dinyatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi global, kami Hino Indonesia telah mengambil berbagai langkah pencegahan,” ujar Uchida.

Langkah pencegahan yang dimaksud terutama kesehatan dan keselamatan bagi karyawan, konsumen, dan masyarakat. Karena hal ini sangat penting bagi masyarakat dan roda perekonomian.

Saat ini, lanjut Uchida, semua bisnis operasional Hino Indonesia (termasuk dealer) tidak terdampak. Tidak ada halangan dari Hino untuk terus memberikan pelayanan Total Support guna memastikan kepuasan konsumen.

“Kami pun terus memantau perkem­bangan situasi dan melakukan penyesuaian agar layanan kepada konsumen tetap dapat diberikan. Kami tidak berharap adanya disrupsi dari pelayanan yang dapat kami berikan untuk Anda yang dikarenakan virus Covid-19 ini,” tegas Uchida.

Minimalkan penyebaran virus

Untuk meminimalkan penyebaran virus, semua perjalanan dinas ke negara/wilayah terdampak sudah dihentikan. Karyawan telah bekerja dari rumah secara bergantian (shifting). Namun, karyawan di bagian esensial tetap bekerja di lokasi operasional dalam jumlah minimal, khususnya purnajual/servis dan ketersediaan suku cadang kendaraan. Di dalam workshop servis, setiap kendaraan konsumen yang baru masuk akan dibersihkan dengan disinfektan pada bagian handle pintu dan semua permukaan dalam kabin.

Secara internal, produsen truk “Si Kepala Hijau” juga melakukan pembersihan area kantor dengan disinfektan, air purifier, pengecekan panas tubuh, penyediaan hand sanitizer, dan masker. Social distancing juga telah diterapkan di lokasi operasional untuk semua karyawan. Dokter jaga dan suplemen/vitamin juga telah diupayakan untuk menunjang kesehatan karyawan.

Sebagaimana kita ketahui, truk dan bus Hino saat ini turut juga menjadi kendaraan yang diandalkan untuk angkutan logistik, bahan makanan, bahan bakar, prasarana kesehatan, alat-alat medis dan obat-obatan, hingga angkutan petugas kesehatan dari penginapan ke fasilitas kesehatan.

Bahkan, truk pemadam turut menjadi difungsikan sebagai kendaraan penyemprot disinfektan fasilitas publik secara masif. Kendaraan-kendaraan tersebut harus terus beroperasi dengan baik. Oleh karena itu, Hino terus berkomitmen untuk memastikan truk dan bus tersebut dalam kondisi prima.

“Kami sangat menghargai dukungan Anda selama ini. Oleh karena itu, kami pun akan selalu ada untuk membantu apa pun kebutuhan Anda. Apabila ada hal lainnya yang perlu ditanyakan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Semoga kita dapat melalui masa sulit ini bersama dengan baik dan lancar. Jaga selalu kesehatan Anda,” pungkas Uchida. [*]


Program Layanan Hino Hadapi Wabah Covid-19

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) berkomitmen menjamin layanan purnajual di tengah pandemi virus korona. Layanan purnajual adalah sesuatu yang dibutuhkan dan tak bisa ditunda. Karena itu, perlu adanya peningkatan pelayanan di tengah kondisi sulit seperti saat ini akibat wabah Covid-19.

Untuk turut membantu kelancaran bisnis konsumen, Hino menghadirkan banyak program layanan (service program). Hino menawarkan servis kendaraan yang terjangkau untuk membantu kelangsungan dan kemudahan bisnis bagi pelanggan setia Hino.

Program tersebut antara lain, Service Campaign untuk servis berkala kelipatan 10.000 kilometer kendaraan Hino. Dalam program ini, diberikan ekstra diskon hingga 37 persen untuk baterai HMSI Original Part (HOP), gratis pengecekan, gratis filter oli, gratis jasa servis ganti oli, dan yang terpenting adalah gratis layanan Home Service.

foto-foto: dok. HINO.

Pembersihan disinfektan pada handle pintu dan semua permukaan dalam kabin juga dilakukan untuk membantu kendaraan bebas virus korona. Promo Service Campaign ini berlaku hingga Juni 2020.

Hino juga memberikan program Servis Hemat Mobil Terawat, di mana untuk perbaikan dan overhaul terdapat diskon hingga 45 persen untuk suku cadang dan diskon 20 persen untuk jasa servis. Selain itu diberikan juga gratis oli setiap overhaul, seperti oli mesin, oli transmisi, dan oli differential. Selain itu, khusus bagi suku cadang overhaul, diskon mencapai 50 persen. Khusus periode ini semua ongkos kirim gratis. Promo Servis Hemat Mobil Terawat ini berlaku hingga Juni 2020.

Potongan harga

Selain promosi servis berkala, Hino memberikan promosi potongan harga untuk strainer kit menjadi hanya Rp 900.000 dari harga Rp 1.700.000, dan promosi pemasangan hanya menjadi Rp 100.000. Strainer kit berfungsi untuk memperpanjang filter kendaraan guna memberikan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar B30 sehingga operasional bisnis konsumen menjadi lebih efisien. Strainer Kit Campaign ini berlaku hingga Juli 2020.

Senior Executive Officer After Sales Service HMSI Irwan Supriyono berharap program ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin agar kendaraan dapat tetap digunakan secara optimal. “Program tersebut bisa dimanfaatkan customer Hino di seluruh Indonesia terutama di situasi sulit seperti saat ini akibat Covid-19. Karena prinsip kami Total Support untuk memberikan maksimal waktu bekerja kendaraan dan minimum operational cost.” Untuk program ini, syarat dan ketentuan berlaku. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 8 April 2020.

Tags : featuredhino

Leave a Response