MERESPONS kebijakan pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penyebaran korona atau Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan laman guruberbagi.kemdikbud.go.id pada 31 Maret 2020. Di laman ini, para guru dan pegiat pendidikan dari jenjang PAUD sampai SMA/SMK serta sekolah luar biasa (SLB) dapat mengunggah dan mengunduh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan sistem belajar daring.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Supriano pun mengajak para guru bergotong royong membagikan RPP serta pengalaman baiknya di laman guruberbagi.kemdikbud.go.id. Rancangan RPP bisa menjadi bekal atau inspirasi guru lain untuk mengajar dengan cara menyenangkan.

Diterangkan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Praptono, para tenaga pendidikan, seperti guru, kepala sekolah, organisasi penggerak pendidikan, dan relawan bisa berpartisipasi membagikan RPP rancangan mereka. “Saat ini, sudah ada lebih dari 300 RPP yang diunggah dan lebih dari 8.000 yang diunduh.”

Selain melalui platform pembelajaran daring, pembelajaran dapat pula dilakukan lewat media sosial atau aplikasi pesan. Viza Suhanna, Kepala SMPN 1 Krueng Sabee, Aceh Jaya, mengatakan, sekarang, para guru menyampaikan materi dan tugas lewat Facebook Messenger ke kelompok siswa. “Di dalam kelompok itu, siswa dengan ponsel akan menyampaikan isi pesannya ke siswa lain yang tidak memiliki ponsel.”

Gerakan-gerakan tanggap dan inovatif dalam dunia pendidikan seperti Guru Berbagi amat diperlukan dalam kondisi saat ini. Dengan inisiatif ini, guru kian berdaya dan pendidikan pun kian berkualitas.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 8 April 2020.

Leave a Response