Sebuah kota selayaknya berkembang setahap demi setahap. Sebelum menjadi kota mandiri, kawasan itu biasanya akan berkembang menjadi kota dormitory terlebih dulu. Ini ditandai dengan sebagian besar warganya hanya tinggal di situ untuk “tidur” lalu mencari nafkah di kota besar di dekatnya.

Seiring waktu, jumlah penduduk kota dormitory ini kian membesar diimbangi pembangun sejumlah fa­si­litas. Warganya pun telah berubah menjadi komunitas tersendiri, tetapi mata pencahariannya masih tergantung pada kota besar di dekatnya. Inilah yang disebut kota satelit. Kota baru ini akan terus berkembang secara infrastruktur dan fasilitas sehingga kelak warganya tidak perlu lagi bergantung pada kota besar untuk bekerja.

President Director Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata.

Hal itu diungkapkan oleh President Director Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata, Selasa (12/11/2019), saat menggambarkan perkembangan kota baru terpadu Citra Maja Raya, Lebak, Banten, saat ini.

Sejak diresmikan pada 2017, kata Budiarsa, Citra Maja Raya telah berhasil membukukan penjualan lebih dari 16 ribu unit. “Hal ini tentu akan semakin mengubah wajah kawasan Maja secara umum. Apalagi, pembangunan fasilitas di Citra Maja Raya terus berlangsung. Contohnya, dua sekolah yang tahun depan rencananya sudah beroperasi, fasilitas hiburan dan rekreasi keluarga seperti bioskop dan waterpark.”

Sekarang, Citra Maja Raya sedang menuju menjadi kota yang lebih modern lagi. Ke depan, warganya bisa bekerja, mengenyam pendidikan, hingga memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tanpa perlu keluar dari Citra Maja Raya.

“Progresnya memang terasa sangat pesat. Ini tak lepas dari dukungan pemerintah yang mem­bangun berbagai prasarana, seperti infrastruktur jalan provinsi, jalur rel ganda, kereta api Commuter Line, dan modernisasi Stasiun Maja,” ujarnya.

Budiarsa melanjutkan, Citra Maja Raya juga mengedepankan transit oriented development (TOD). Selain sejalan dengan program pemerintah, TOD dinilai sebagai salah satu solusi kota layak huni. TOD merupakan konsep pengembangan suatu wilayah yang berorientasi pada simpul transportasi yang lebih mengedepankan perpindahan antar­moda transportasi dengan berjalan kaki atau upaya yang tidak menggunakan kendaraan bermotor.

Hal itu dimungkinkan karena preferensi mobilitas masyarakat sudah mulai bergeser dari kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum. Singkatnya, warga Citra Maja Raya akan banyak mengandalkan kereta rel listrik (KRL). “Dengan menghadirkan hunian dengan konsep TOD ini, tentu akan lebih memudahkan masyarakat untuk melakukan mobilitas yang makin produktif,” lanjut Budiarsa.

Untuk itu, Budiarsa mengaku bahwa saat ini Citra Maja Raya telah menyiapkan sebidang lahan yang nantinya akan dibangun stasiun baru. “Kami sudah bicara dengan pihak Kemenhub dan PT KAI. Sekarang, istilahnya sedang tahap studi kelayakan.”

Dengan menerapkan pem­bangunan berkonsep TOD, imbuh Budiarsa, ada beragam manfaat yang kelak akan dinikmati warga Citra Maja Raya. Pertama, warga relatif bisa menghindari kemacetan.

Sebab, konsep TOD memberikan akses langsung untuk mendapatkan transportasi umum. Kedua, TOD bisa meredam tingkat pencemaran udara. Alasannya, dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, polusi udara juga bisa ditekan. Ketiga, warga bisa menghemat pengeluaran karena tempat tinggalnya semakin mudah menjangkau transportasi umum.

Secara lokasi, Citra Maja Raya memang strategis. Hanya berjarak 500 meter dengan KRL Maja yang memiliki rel double track, serta telah terintegrasi dengan seluruh jaringan KRL Jabodetabek yang secara bertahap akan terkoneksi dengan moda transportasi massal lainnya, seperti MRT dan LRT.

Citra Maja Raya juga telah menyediakan fasilitas shuttle bus dalam kawasan hingga menuju Stasiun KRL Maja guna mempermudah aksesibilitas penghuni Citra Maja Raya yang akan bepergian dari dan ke Jakarta.

Dua sekolah baru

Setelah sebelumnya meresmikan operasional Sport Center EcoClub, Citra Maja Raya kini tengah menunggu dibukanya Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School. Kedua sekolah berkualitas unggul ini akan akan memberi lebih banyak pilihan bagi warga Citra Maja Raya dan sekitarnya terhadap akses pendidikan.

Sekolah dan fasilitas pendidikan berkualitas mampu mengangkat citra kawasan hunian suatu wilayah. Institusi pendidikan kenamaan biasa­nya akan membuat suatu kawasan lebih dikenal masyarakat secara luas.

MoU signing ceremony Sekolah Muslim Cendekia Islamic School
dan Sekolah Mutiara Bangsa dengan Citra Maja Raya.

Fasilitas pendidikan juga berperan penting untuk menciptakan kawasan permukiman yang beretika dan beradab. Hal ini karena masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung, merasakan atmosfer positif pendidikan dibandingkan dengan kawasan yang belum memiliki fasilitas pendidikan yang memadai.

Citra Maja Raya juga sudah menyediakan berbagai fasilitas pen­dukung, mulai dari klinik, convenience store, ATM, rumah makan, hingga eco club sport center yang dilengkapi dengan kolam renang infinity, gym, aerobik, dan lapangan bulu tangkis.

Ciputra Group juga akan membangun sarana ibadah, pasar modern, water world water park—sudah berjalan pembangunannya, hingga Eco Plaza—pusat komersial dan gaya hidup di Citra Maja Raya yang akan dilengkapi supermarket, restoran, dan sarana hiburan keluarga Funworld, serta Bioskop CGV.

Optimistis

Ke depan, Budiarsa tetap optimistis daya beli konsumen terhadap properti, khususnya di Citra Maja Raya, tetap kuat. Hal ini karena segmen konsumen rumah di kelas harga Rp 180 juta hingga Rp 500 juta adalah “market riil”.

“Konsumen di kelas harga tersebut membeli rumah memang untuk ditinggali sebagai rumah pertama, dan segmen ini jumlahnya masih sangat besar. Sekarang, banyak warga Maja yang bekerja di Jakarta. Naik KRL cuma sekitar 1 jam perjalanan. Ini bisa lebih cepat dibanding tinggal di Jakarta kemudian terjebak macet saat pergi kerja. Maja juga sudah banyak diketahui menjadi satu dari sepuluh pengembangan kota baru publik yang dicanangkan pemerintah melalui RPJMN 2015–2019,” terang Budiarsa.

Menurut Budiarsa, dengan lahan seluas 2.600 hektar, Citra Maja Raya lebih leluasa untuk merencanakan desain pengembangan kawasan ke depannya. “Marketing gallery kami bisa menjadi salah satu indikator ketertarikan calon konsumen terhadap Citra Maja Raya. Ada ribuan calon konsumen yang antre untuk membeli rumah di sana,” tandasnya.

Informasi lebih lan­jut hubungi telepon bebas pulsa 08001552888 atau www.citramaja.com

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

Leave a Response