Urusan kuliner benar-benar dimudahkan sejak hadirnya layanan GoFood dari Gojek. Kemudahan memesan dan banyaknya pilihan menu menjadi keunggulan GoFood sebagai pemimpin pasar layanan daring pesan-antar makanan. Mempertegas kepemimpinannya dan sebagai pelopor, GoFood menghadirkan kembali Festival Promo Makan Minum Murah Menang Mobil-Motor-Mobile Phone (MaMiMuMeMo) 2.

GoFood yang hadir di Indonesia lebih dari empat tahun ini telah menguasai pasar pesan-antar ma­kanan Tanah Air, dengan mencatatkan 50 juta transaksi tiap bulan di Asia Tenggara. Data internal juga menunjukkan, pertumbuhan transaksi di platform GoFood meningkat 2,5 kali lipat di kuartal ketiga 2019 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Me­nurut Senior Marketing Manager GoFood Marsela Renata saat peluncuran Festival Promo MaMiMuMeMo 2 di Jakarta, Kamis (14/11/2019), peningkatan tersebut bukti GoFood telah diandalkan oleh jutaan masyarakat Indonesia.

Marsela menambahkan, kepercayaan yang diberikan konsumen terhadap GoFood merupakan kebanggaan pihaknya sehingga GoFood menjadi pemimpin pasar di layanan pesan-antar makanan di Indonesia dan Asia Tenggara. Hal itu ditunjukkan antara lain oleh riset Nielsen Singapura tentang “Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market” yang menyebutkan, 84 per­sen masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan meng­anggap GoFood menawarkan layanan pesan-antar makanan terbaik di Indonesia. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata industri sebesar 39 persen. Hal itu menunjukkan kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap inovasi dan inisiatif yang terus dihadirkan Gojek melalui GoFood dalam empat tahun terakhir.

“Dengan GoFood, konsumen kini dapat meng­akses rekomendasi lebih dari 12 juta pilih­an menu dari 500 ribu merchant kuliner yang tersedia dalam genggaman,” ujar Marsela. Yang lebih membanggakan, 96 persen di antara merchant tersebut adalah usaha mikro kecil dan mene­ngah (UMKM) sehingga layanan GoFood juga membantu meningkatkan ke­sejahteraan masyarakat.

Promosi lebih besar

Kepuasan pelanggan menjadi salah satu fokus utama GoFood, di samping ekspansi dan keberlanjutan bisnis melalui inovasi. Sebagai apresiasi atas loyalitas konsumen serta layanan prima dari mitra merchant dan driver, GoFood kembali menghadirkan Festival Promo MaMiMuMeMo 2. Sama seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, melalui Festival Promo MaMiMuMeMo 2 pelanggan GoFood bisa menikmati berbagai promosi dan hadiah yang lebih banyak.

Menurut Marsela, dibandingkan tahun lalu, Festival Promo MaMiMuMeMo 2 tahun ini digelar lebih besar dengan periode lebih panjang dan total hadiah lebih dari Rp 1 Milliar. Bila tahun lalu hanya digelar dalam satu bulan, tahun ini, Festival Promo MaMiMuMeMo 2 lebih panjang periodenya, dari 8 November 2019 hingga 12 Januari 2020 atau lebih dari 2 bulan. Peserta Festival MaMiMuMeMo 2 berkesempatan memenangkan hadiah utama lebih banyak berupa 4 unit mobil, 4 unit sepeda motor, dan 4 unit mobile phone.

FOTO-FOTO:GOFOOD & IKLAN KOMPAS/IWAN ANDRYANTO.

Demikian pula, tempat penyelenggaraan lebih luas, mencakup 16 kota yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Bali, Yogyakarta, Semarang, Solo, Makassar, Manado, Medan, Palembang, Padang, Lampung, Pekanbaru, dan Batam. Melibatkan lebih dari 20 ribu merchant, jumlah merchant yang berpartisipasi pada Festival Promo MaMiMuMeMo 2 meningkat 4 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Pengguna GoFood dapat lebih puas me­­nikmati aneka kuliner pilihan dengan beragam promosi. Ada Promo Harian diskon 40 persen yang dapat dinikmati setiap hari. Nantikan pula Promo Happy Hour berupa diskon 70 persen yang berlangsung setiap Senin pukul 13.00–16.00. Terdapat pula Promo Spesial hingga dua kali seminggu yang mengikutsertakan merchant UMKM. Puncak Festival Promo MaMiMuMeMo 2 hadir dua kali, yaitu pada 14 Desember 2019 dan 11 Januari 2020. Sementara itu, tersedia pula beragam voucher untuk pengguna baru dan pelanggan setia GoFood.

Lantas, bagaimana cara mengikuti Festival Promo MaMiMuMeMo 2 ? Mudah sekali, peng­guna GoFood cukup melakukan pembelian melalui layanan GoFood pada aplikasi Gojek. Nomor pesanan dari transaksi GoFood akan men­jadi bukti keikutsertaan dalam program un­dian. Pengguna juga akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi Gojek mengenai ke­ikutsertaan. Pengundian hadiah dilakukan setiap dua minggu sekali dan dapat disaksikan masyarakat melalui tayangan di RCTI. Sementara itu, pengundian hadiah utama akan dilakukan setelah periode promosi berakhir.

“Lewat periode promosi yang lebih panjang, konsumen bisa mengumpulkan kesempatan sebanyak-banyaknya dengan mengorder GoFood sebelum diundi pada akhir periode program,” ujar Marsela.

Dukung pelaku kuliner UMKM

Sukses GoFood sebagai pemimpin pasar di layanan daring pesan-antar makanan tak hanya berarti bagi Gojek, tetapi juga amat dirasakan oleh mitra merchant dan driver. Untuk mempertahankan posisi sebagai pionir dan yang terbesar, GoFood memiliki tiga fokus strategi jangka panjang: kepuasan pelanggan, ekspansi bisnis, dan keberlanjutan bisnis melalui inovasi. Menurut Marsela, Festival Promo MaMiMuMeMo 2 merupakan salah satu inisiatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Semua inisiatif dirancang berdasarkan kebutuhan masyarakat berdasarkan temuan atau data yang dikumpulkan Gojek. Terobosan lain, misalnya Cloud Kitchen, dapur yang disediakan bagi merchant untuk memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi belum memiliki merchant dalam radius yang dekat.

Melalui Festival Promo MaMiMuMeMo 2, GoFood juga berupaya mendukung para pelaku kuliner Tanah Air untuk meningkatkan skala bisnis dan memperluas akses pasar. Para mitra merchant GoFood kini dipermudah untuk ikut serta dalam Festival Promo MaMiMuMeMo 2, yaitu hanya dengan mengklik banner rekomendasi promosi dan memilih menu yang akan diikutsertakan dalam promosi lewat aplikasi GoBiz.

“Animo masyarakat yang luar biasa terhadap Festival Promo MaMiMuMeMo tahun lalu berhasil meningkatkan rata-rata pendapatan mitra merchant hingga 2,5 kali lipat. Dampak positif itu membawa gelombang baru merchant yang ikut serta pada Festival Promo MaMiMuMeMo tahun ini yang meningkat empat kali lipat sehingga memberikan pilihan kuliner dengan promosi yang lebih banyak bagi konsumen,” ujar Marsela.

Festival Promo MaMiMuMeMo 2 juga menghadirkan inovasi, yaitu diskon Happy Hour sebesar 70 persen. Marsela menuturkan, baru tiga hari diluncurkan sejak 8 November 2019, Promo Happy Hour mampu mendorong transaksi merchant tumbuh sekitar 50 persen. Hal itu diamini oleh mitra merchant yang hadir dalam peluncuran Festival Promo MaMiMuMeMo 2.

Seperti diutarakan Nia dari restoran Raja Bebek dan Ayam, dengan mengikuti Festival Promo MaMiMuMeMo jumlah order yang diterima bisa meningkat tiga kali lipat dan omzet meningkat sekitar empat kali lipat. Tak heran pihaknya sudah menantikan hadirnya Festival Promo MaMiMuMeMo 2. “Saya sudah menunggu-nunggu hadirnya MaMiMuMeMo 2 dan benar saja meskipun promosi baru berlangsung selama seminggu, sudah banyak pesanan yang datang dari pelanggan lewat aplikasi GoFood,” ujar Nia.

Bukan hanya merchant, mitra driver GoFood juga turut merasakan peningkatan order yang berarti pula meningkatnya penghasilan. Seperti dituturkan Kitri, mitra perempuan driver Gojek, karena sering mengambil order GoFood, ia dapat mengetahui kapan order meningkat dan menu apa saja yang menjadi favorit. “Hadirnya Festival Promo MaMiMuMeMo 2 sudah pasti membuat order meningkat. Yang perlu saya lakukan hanya standby pada waktu yang tepat, biasanya pada waktu menjelang makan siang, dekat restoran-restoran yang menunya favorit. Dengan cara itu, saya bisa mengambil lebih banyak order,” tutur Kitri.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera pesan menu makanan dan minuman favorit Anda melalui GoFood. Puaskan hasrat kuliner dengan memesan lebih banyak menggunakan berbagai promosi dan perbesar peluang untuk mendapatkan hadiah utama Festival Promo MaMiMuMeMo 2.

Leave a Response