Merayakan setahun kehadirannya di Indonesia pada awal Februari ini, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memasarkan sport utility vehicle (SUV) crossover Mazda paling mewah, yaitu All-New Mazda CX-9. Ini adalah generasi kedua Mazda CX-9 yang tampil dengan desain KODO – Soul of Motion. Hasilnya adalah All-New Mazda CX-9 yang makin keren dan gagah. Teknologi SKYACTIV: mesin, transmisi, bodi, dan sasis memenuhi SUV crossover ini.

“Kami menyadari, masyarakat Indonesia semakin cerdas. Selalu tertarik pada produk baru yang inovatif. Oleh karena itu, kami menghadirkan All-New Mazda CX-9 yang kini tampil makin atraktif dan inovatif,” jelas Executive Chairman Eurokars Group, Karsono Kwee saat peluncuran All-New Mazda CX-9 minggu lalu.

Ditambahkannya, PT EMI berusaha menghadirkan berbagai model Mazda untuk konsumen Indonesia. “Reputasi dan nama Mazda pernah mendapat tempat di hati konsumen Indonesia karena terbukti handal. Tahun ini (2018), kami ingin meningkatkan penjualan Mazda di Indonesia. Untuk itu, kepuasan layanan pelanggan, sejak dari pembelian sampai ke purnajual terus diperbaiki,” lanjut Karsono.

All-New Mazda CX-9 adalah SUV crossover untuk keluarga modern. Hal itu diwujudkan dengan interior untuk 7-penumpang. Penampilan eksteriornya juga makin gaya. Salah satu ciri barunya adalah lampu utama depan LED, dibuat bulat. Desain yang sama juga diterapkan pada lampu kombinasi belakang. Sosok All-New Mazda CX-9 makin atletis dan kekar dengan roda aluminium berdiameter 20 inci bersama ban 225/50.

Interior

Rancangan dasbor, setir, konsol tengah, door trim, dan jok sangat imajimatif. Pengemudi dan penumpang yang masuk ke kabin akan merasakan sesuatu yang baru dan istimewa. Lega! Rancangan dan penempatan sistem kontrol di kokpit memberi pengalaman baru bagi pengemudi. Semua sistem kontrol dapat dijangkau dengan mudah.

Penumpang depan dan belakang merasakan sangat nyaman berkat ruang ruang kaki yang lega dan lapisan kulit jok yang enak diduduki. Untuk memudahkan penumpang kursi paling belakang masuk, khususnya anak-anak, Mazda membuat mekanisme yang gampang dioperasikan untuk memiringkan jok tengah. Kemewahan lain di interior adalah audio. Mazda memasang sistem audio Bose dengan amplifier 294 watt plus 12 speaker (termasuk subwofer) untuk mereproduksi dan mendistribusikan suara secara merata ke seluruh kabin.

Foto – foto : Iklan Kompas/ Adi Yuwono dan dokumen Mazda.

Untuk memudahkan kerja pengemudi, tersedia Active Driving Display (ADD). Dengan teknologi ini, informasi kecepatan, arah mobil, dan sebagainya ditayangkan di kaca depan, posisinya sejajar dengan mata pengemudi saat melihat ke depan.

Karena aktivitas sebagian besar orang yang menggunakan mobil tidak bisa lepas dari ponsel pintar, Mazda menyediakan 4 port USB, dibagi untuk pengemudi dan penumpang depan dan belakang. Sementara itu, MZD Connect memungkinkan pengemudi tetap bisa memanfaatkan ponsel (hands free) sembari tetap mengemudi. Fungsi lain, memainkan musik, mengaktifkan radio, dan sistem infotainment lainnya. Layar MZD Connect  8 inci juga bisa digunakan peta navigasi dengan resolusi tinggi.

Stop & go otomatis

Lalu lintas yang semakin macet, (kini sudah menjalar ke luar kota saat liburan) membuat pengemudi sering stres. Pasalnya, pengemudi tetap harus mengatur kecepatan (menekan pedal gas) dan rem sesuai dengan pergerakan mobil di depannya. Untuk meringankan kerja pengemudi, tidak harus sering mengatur pedal gas dan rem, Mazda melengkapi All-New Mazda CX-9 dengan Mazda Radar Cruise Control (MRCC). Sistem bekerja mengatur gerakan stop & go mobil secara otomatis. Kemungkinan menabrak mobil yang berada di depan saat berjalan pelan bisa dicegah.

Fasilitas lain yang juga sangat membantu, khususnya saat terjebak kemacetan berat, termasuk ramai dengan penjalan kaki adalah Smart City Brake Support (SMCBS). Dengan teknologi ini, gerak maju dan mundur tanpa disadari bisa dicegah, khususnya bila ada mobil lain di depan atau di belakang.

No turbo lag

All-New Mazda CX-9 kini dipasangi dengan mesin bensin SKYACTIV, 2,5 liter, 4-silinder, DOHC, 16-katup dengan teknologi  injeksi langsung plus turbocharger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 170 kW (231PS) @5.000rpm. Hebatnya lagi, torsi yang sangat besar, yaitu 420 Nm diperoleh pada putaran rendah, mulai @2.000 rpm. Dengan torsi sebesar itu, pengemudi dapat mengendalikan All-New Mazda CX-9 dengan mudah saat merayap di tanjakan yang macet dengan muatan penuh. Sedikit menekan pedal gas (2.000 rpm), torsi besar sudah diperoleh. Turbocharger pada mesin ini bekerja dengan sistem Dynamic Pressure Turbo. Hasilnya, masalah tradisional turbocharger turbo lag tak ada lagi.

Mesin diintegrasikan dengan G-Vectoring Control (GVC). Melalui perintah peranti lunak (software) pada komputer, ketika setir diputar untuk berbelok, torsi dari mesin untuk sementara waktu dikurangi. Tujuannya, bobot mobil pindah ke roda depan yang mencengkeram lebih kuat. Ketika setir lurus, torsi yang dihasilkan mesin kembali normal. Hasilnya, inersia atau perpindahan bobot penumpang tidak terjadi secara secara mendadak. Penumpang merasa lebih nyaman ketika mobil direm dan berakselerasi mendadak serta membelok dengan cepat.

Harga kompetitif

Untuk membantu kerja pengemudi mengendalikan mobil, disediakan kamera mundur dan sensor parkir, teknologi rem yang bisa mengaktifkan rem pada situasi darurat. Teknologi canggih keselamatan yang disertakan adalah Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Driver Attention Alert (DAA), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), dan Antilock Brake System (ABS).

Dengan obral fitur canggih tersebut, PT EMI membanderol All-New Mazda CX-9 Rp 798.800.000 (on the road di Jakarta sebagai mobil pertama). Harga yang sangat kompetitif di kelasnya. [Zulkifli BJ]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 7 Februari 2018