Resmi dibuka untuk umum pada Jumat (25/10/2019) di kompleks M Bloc Space, _Oeang Resto, Bar & Roastery menjadi tempat berkumpulnya para insan kreatif muda ibu kota. Restoran ini dibangun di bekas gudang Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia, atau dikenal sebagai Perum Peruri. Sebuah BUMN yang dibangun pada 15 September 1971, ditugasi untuk mencetak uang rupiah. Gedung ini sudah tidak dipakai sejak 1994.

M Bloc Space sendiri adalah sebuah pusat kreatif yang berfokus pada seni dan kultur dengan ideologi eco-friendly, hasil revitalisasi gedung-gedung Peruri yang terletak di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Area ini begitu populer pada zamannya dan menjadi tempat ngeceng (pusat berkumpul) anak gaul Jakarta era ‘80-’90-an. Kental dengan nilai historis dan kearifan lokal, tak heran bila nama _Oeang diambil dari pengejaan lama kata uang dan konsep kolaborasi kreatif yang disampaikan melalui tanda baca underscore. Sebuah ajakan untuk mengisi ruang tersebut secara kolektif sebagai wadah kreasi dan ekspresi.

Beragam hidangan dan minuman serta racikan kopi lokal tersedia di sini. Sebut saja bola-bola goreng, nasi oedoek khas _Oeang, dan red hot spicy beef burger. Kopi _Oeang House Blend yang dipadu dengan cita rasa minuman tradisonal Indonesia yaitu cendol, sebagai minuman yang tak kalah unik bernama _Oeang Kopi Cendol. Dengan tema arsitektur tropical vintage, pengunjung akan dimanjakan suasana gedung Jakarta tempo doeloe, seni instalasi uang kuno, dan penghijauan yang unik sembari menikmati berbagai kreasi dari _Oeang.

Berbicara mengenai kopi, pendirian unit coffee bar dan roastery _Oeang tak lepas dari kontribusi Three Folks sebagai konsultan—sebuah brand coffee shop lokal yang berdiri sejak 2017—dan sekarang unit ini digawangi Consultant Roaster & Barista Nicole Pritchett. Nicole adalah gadis kelahiran Jepang, 12 Juni 1992, yang pernah bekerja di Café Facon Roaster Atelier (Jepang), beberapa coffee shop ternama di Australia, dan memegang sertifikasi SCA (Specialty Coffee Association) Green Grading Course.

“Bagi saya, pencapaian terbesar adalah bisa keliling dunia untuk menghampiri begitu banyak kafe di luar sana dan turun langsung ke komunitas petani kopi lokal. Saya berharap untuk terus bekerja sama dengan para petani lokal, membantu meningkatkan kualitas hidup, serta kesadaran akan keberlanjutan dalam industri kopi,” ujar Nicole.

(Foto-foto: dok _Oeang Resto, Bar & Roastery )

Dari segi kuliner, Head Chef Alfin Mahardhika juga bukan pemain baru. Pria kelahiran Jakarta, 16 Desember 1979, ini mempunyai banyak pengalaman di beberapa restoran dan hotel terkemuka di Indonesia, seperti Classified Restaurant, Hotel Intercontinental, Mandarin Oriental, dan Hotel Mulia. Ia juga pernah bekerja di restoran di Singapura selama 2 tahun. Pada 2005, Chef Alfin juga pernah membawa nama Indonesia ke Australia dengan mengikuti lomba Black Box Asia Pacific dan mendapatkan medali emas di pertandingan Salon Culinaire.

Dalam menjalankan bisnis, _Oeang berusaha mengedepankan nilai ramah lingkungan dengan tidak menggunakan segala bentuk plastik, serta berbagi sisa makanan yang masih layak ke orang-orang yang membutuhkan atau membuatnya menjadi kompos. Momentum ini adalah kesempatan luar biasa bagi tim untuk memperkenalkan dan mengembangkan brand _Oeang.

_Oeang Resto, Bar & Roastery beralamat di Jalan Panglima Polim Raya 37, Melawai, Jakarta. [*]

Leave a Response