Dunia fotografi sudah sangat maju dan diminati berbagai kalangan. Kehadiran media sosial juga kian mendorong hampir setiap orang untuk mengabadikan setiap momen. Siapa pun kini bisa menjadi pelancong dan mendokumentasikan segala peristiwa dengan atau tanpa dibekali kamera canggih sekalipun.

Hotel Olympic Renotel yang terletak di Kawasan Industri Sentul, menggelar acara menarik seputar fotografi pada Minggu (27/10/2019), pukul 09.00–17.00. Kali ini, Hotel Olympic Renotel Sentul berkolaborasi bersama fotografer profesional Charles Widjaja yang dikenal sebagai “Sony Alpha Guru” dan salah satu toko kamera di kawasan Cideng, Jakarta, yaitu DOSS Camera & Gadget.

Dengan mengangkat tema “Business & Leisure Under One Roof”, workshop kali ini diikuti lebih dari 50 peserta. Acara ini membawa kita lebih jauh pada hakikat dan pemaknaan fotografi, khususnya potrait photography. Dalam fotografi, fotografer tidak cukup hanya memiliki penguasaan terhadap teknis kamera, tetapi juga butuh keterampilan melakukan pengamatan. Foto yang berhasil, tak semata dilihat dari sisi estetika, komposisi yang bagus, atau keberhasilan menangkap momen, tetapi juga sukses menangkap “jiwa atau rasa”.

Charles menjelaskan tentang elemen dan teknik fotografi yang harus dimengerti dalam genre potrait photography. Ia juga menampilkan beberapa contoh hasil jepretannya dalam mencari momen, baik yang bertema portrait maupun landscape. Ini bertujuan untuk menunjukkan kepada peserta bahwa lingkungan sekitar bisa dijadikan sebagai obyek karya yang menarik dan mengandung makna tersendiri, baik bagi yang memotret maupun penikmat foto.

Hal-hal kecil pun bisa menjadi karya yang berkesan bila diambil pada momen yang tepat. “Keterbatasan alat (gear) maupun biaya tidak menjadi halangan bagi kita terus berkreasi dalam menciptakan foto maupun jepretan yang mengesankan,” kata Charles.

Charles Widjaja juga menunjukkan live demo agar peserta melihat secara langsung proses pengambilan gambar dari materi yang sudah disampaikan pada sesi sebelumnya. Inti dari fotografi adalah bagaimana kita menghasilkan foto yang memiliki makna atau cerita menarik, didukung dengan komposisi dan sudut yang rapi dan tak kalah menarik.

Workshop fotografi ini ditutup dengan penjelasan dan aturan untuk kompetisi foto pada acara kali ini. Tak lupa juga sesi foto bersama semua peserta dengan Charles Widjaja, manajemen Hotel Olympic Renotel, dan para sponsor yaitu DOSS Camera & Gadget, Bara Bara Indonesia, KEE.ID, Bogor Potrait Society, dan Pansy Tan Make Up Artist.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih 8 jam ini diharapkan bisa memberikan penyegaran bagi para peserta. Charles sendiri berharap setelah workshop fotografi ini selesai dan dengan diadakannya kompetisi foto, peserta dapat menumbuhkan jiwa kompetitif yang tinggi, kreativitas, dan semangat memotret dalam menghasilkan foto menakjubkan.

Untuk informasi mengenai Hotel Olympic Renotel, kunjungi situs web Hotel Olympic Renotel di www.topotels.com/olympicrenotel atau hubungi (021) 2921 2900 dan e-mail reservations@olympicrenotel.com. [*]

Leave a Response