UMKM Expo (rt) Brilianpreneur 2023 yang digelar pada 7-10 Desember 2023 di Jakarta Convention Centre (JCC) berhasil mencatatkan nilai penjualan business matching senilai 81,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,26 triliun (kurs Rp 15.500 per dollar AS).
Event bertajuk “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-128 BRI yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (7/12/2023), dan resmi ditutup pada Minggu (10/12) oleh Direktur Utama BRI Sunarso.
Pada ajang ini, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi dan terdapat lima kategori UMKM Expo (rt) Brilianpreneur tahun ini yang dapat berpartisipasi, yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.
“Hingga hari minggu siang ini, jumlah pengunjung yang hadir secara on-site di JCC ada sebanyak lebih dari 18 ribu. Bukan hanya dari sisi jumlah pengunjung saja, melalui kegiatan ini, telah dilakukan sebanyak 243 business matching dan mencetak commitment deal senilai 81,3 juta dollar AS (dari target 80 juta dollar AS),” ungkap Sunarso.
Business matching tersebut, lanjut Sunarso, dilakukan oleh 86 buyers yang berasal dari 30 negara (dari target 80 buyers dari 25 negara), di antaranya dari Australia, Kanada, Taiwan, Australia, Singapura, Malaysia, dan Uni Emirat Arab bersama dengan 85 peserta UMKM.
Nilai kesepakatan melalui business matching tersebut terus bertambah dari tahun ke tahun penyelenggaraan event ini. Pada 2019 nilai business matching mencapai sebesar 33,5 juta dollar AS, naik pada 2020 menjadi 57,5 juta dollar AS dan pada 2021 kembali meningkat menjadi 72,1 juta dollar AS. Kemudian pada 2022 lalu nilainya menembus 76,7 juta dollar AS.
Sampai dengan hari ke-3 UMKM Expo (rt) Brilianpreneur, tercatat total nilai transaksi yang dilakukan mencapai Rp 8,7 miliar. Transaksi tersebut merupakan transaksi baik yang dilakukan oleh pengunjung Expo secara langsung melalui EDC dan QRIS maupun transaksi online yang dilakukan melalui e-commerce yang telah bekerja sama dengan BRI.
BRI sangat optimistis dapat mencapai target nilai transaksi sebesar Rp 20 miliar, didorong oleh program transaksi online e-commerce yang masih akan berlangsung sampai dengan 31 Desember 2023. Sementara itu, jumlah transaksi sampai dengan hari ke-3 sendiri tercatat sebanyak 46,3 ribu transaksi.
Sunarso mencontohkan success story salah satu peserta di UMKM Expo (rt) Brilianpreneur 2023, yaitu Arva Indonesia dengan usaha Keripik Tempe, yang pada Sabtu (9/12), telah melakukan signing ceremony dengan pihak buyer Tanivest dari Singapura dengan nilai 2 juta dollar Singapura untuk memenuhi kebutuhan 30 stores di Singapura.
Sunarso mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya acara tersebut. “Kami berharap dapat memberikan dampak positif dan meluas pada kemajuan, serta pengembangan kapasitas serta kualitas UMKM Indonesia”, pungkasnya.
Apresiasi
Inisiatif BRI untuk mendorong pelaku UMKM go global mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo. Presiden mengungkapkan, UMKM harus mampu menguasasi pasar lokal tetapi tidak melupakan pasar global.
“61 persen PDB nasional disumbang oleh UMKM dan 97 persen tenaga kerja di Indonesia diserap oleh UMKM. Oleh karenanya saya menghargai dan mengapresiasi event ini, karena produk yang ditampilkan dikurasi sangat baik. Kemasan dan branding serta yang paling penting BRI mempertemukan UMKM dengan para buyer,” ujar Presiden.
Menteri BUMN RI Erick Thohir mengapresiasi berbagai program yang telah diterapkan oleh BRI, termasuk program pemberdayaan seperti UMKM Expo (rt) Brilianpreneur 2023 yang telah terbukti sukses dalam memutar perekonomian secara keseluruhan.
“UMKM adalah prioritas pertumbuhan ekonomi nasional, dan BRI sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar diharapkan terus bergerak menciptakan ekosistem bagi pelaku UMKM dengan tujuan utama ekonomi tumbuh,” ujar Erick.
Apresiasi bagi BRI juga datang dari pelaku UMKM yang ikut serta dalam gelaran UMKM Expo (rt) Brilianpreneur 2023. Nugroho, pemilik UMKM Pancal Bike, menuturkan mengenai kesan-kesannya menjadi peserta Brilianpreneur.
Menurutnya, salah satu program unggulan pemberdayaan UMKM dari BRI tersebut mendorong pesertanya memperbanyak pengalaman dalam membuka pasar yang lebih luas dengan bertemu calon konsumen baru.
“Dengan mengikuti acara ini promosi kita bertambah. Produk-produk UMKM yang kualitasnya sangat baik ini jadi terangkat, lebih dikenal luas. Ini memperluas pasar,” ujar Nugroho yang mengaku sudah dua tahun berturut-turut mengikuti ajang Brilianpreneur.
Cathy Alexandra, pendiri Nicoles Natural, yang ikut serta dalam ajang ini juga memberikan kesan positif terkait event tersebut. Dia pun menilai dukungan dari BRI melalui ajang ini akan meningkatkan skala bisnisnya.
“Harapannya, kami bisa mengembangkan market. BRI kan fokus mendorong ekspor juga, jadi mungkin bisa mendatangkan banyak buyers dari luar negeri. Kami juga senang sekali kalau BRI bisa membantu support pengembangan pasar kami di Korea Selatan,” ungkap Cathy.
Ajang UMKM Expo (rt) Brilianpreneur diselenggarakan BRI sebagai sarana business matching antara UMKM Indonesia dengan konsumen luar negeri, sehingga diharapkan mampu menumbuhkembangkan pelaku UMKM go global dan meningkatkan ekspor nasional. [*]