Demi meningkatkan pelayanan terhadap pasien kanker, khususnya pasien kanker payudara, Mitra Keluarga Bekasi Timur dan komunitas Srikandi Indonesia menandatangani MoU kerja sama di Auditorium Mitra Keluarga Bekasi Timur pada Sabtu, 19 Oktober lalu, bertepatan dengan peringatan Hari Kanker Payudara Sedunia.
Srikandi Indonesia adalah komunitas penyintas dan keluarga pasien kanker payudara yang memiliki misi untuk memberikan dukungan dan edukasi kepada penyintas kanker payudara serta keluarganya.
Dengan penandatanganan MoU ini, Mitra Keluarga Bekasi Timur dan Srikandi Indonesia bersepakat dalam beberapa hal berikut:
- Potongan harga pengobatan di Mitra Keluarga Bekasi Timur pada anggota komunitas Srikandi Indonesia
- Kerja sama dalam penyelenggaraan seminar dan gathering untuk masyarakat umum
- Komunitas Srikandi Indonesia dapat mengunjungi pasien kanker yang dirawat di Mitra Keluarga Bekasi Timur untuk memberikan edukasi, dukungan moral, dan motivasi
Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Departemen Onkologi dan Radioterapi Mitra Keluarga Bekasi Timur, Deasy Jacob, serta Ketua Srikandi Indonesia, dr Woro Moerdiastuti, MM
Kesepakatan ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pasien kanker saat berobat di Mitra Keluarga Bekasi Timur. Komunitas Srikandi Indonesia dapat menjadi mitra bagi Tim Navigasi Pasien Kanker Mitra Keluarga Bekasi Timur dalam melayani pasien kanker selama pengobatan.
Setelah penandatanganan MoU, acara pun dilanjutkan dengan Seminar Kesehatan bertema “Langkah Bersama, Kuatkan Harapan Menemani Perjalanan Penyintas Kanker” dan soft launching buku “Q&A Srikandi Indonesia”.
Dalam seminar ini, Mitra Keluarga memperkenalkan layanan Tim Napak dan cara mendapatkan pelayanannya selama berobat di Mitra Keluarga.
Anggota Srikandi Indonesia yang hadir pun antusias untuk mengenal layanan ini.
Perkenalkan layanan navigasi pasien kanker (Napak)
Navigasi Pasien Kanker (Napak) adalah sebuah tim yang bertugas mendampingi, mengarahkan, dan mengedukasi penyintas serta keluarga penyintas kanker selama menjalani pengobatan.
Tim ini terdiri dari tenaga medis rumah sakit, yaitu dokter, radiografer, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang dilatih untuk melayani pasien kanker dan keluarganya.
Mitra Keluarga Bekasi Timur adalah salah satu fasilitas kesehatan di Indonesia yang memiliki Tim Napak yang telah terlatih dan memiliki sertifikat resmi.
Ketua Tim Napak Mitra Keluarga Bekasi Timur, dr Rikky Irawan Tulus Purba, mengatakan, Napak adalah solusi dari masalah pasien kanker yang kerap kebingungan dalam menjalani pengobatan. Kebingungan inilah yang pada akhirnya membuat pasien tidak mengalami kemajuan dalam pengobatan, padahal pasien harus aktif menjalani pengobatan.
Bahkan, kata dr Rikky, tidak jarang pasien merasa “dilempar ke sana-sini” dan berpikir buruk terlebih dulu sebelum berobat.
“Tidak semua pasien tahu (prosedur pengobatan), yang ada pasien malah mundur. Terkadang, saya juga sering mendapatkan pasien yang baru dapat diagnosis, ketika pertama kali tahu (kanker), blank dulu. Dia pun bingung mau tanya apa ke dokternya. Ketika sudah pulang ke rumah, baru kepikiran, ‘kenapa tidak tanya ini dan itu’,” ujar dr Rikky.
Napak diibaratkan sistem navigasi pada peta yang dapat mengarahkan pasien dan keluarganya pada jalur yang harus ditempuh selama pengobatan.
Beberapa contoh layanan yang disediakan oleh Tim Napak di antaranya adalah sebagai berikut:
- Dukungan yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan pasien
- Chat WhatsApp untuk konsultasi seputar pengobatan, mengingatkan waktu pengobatan, dan koordinasi selama pengobatan
- Mencarikan solusi dari hambatan yang dialami pasien selama pengobatan. Contoh: mencarikan tempat tinggal sementara saat pengobatan jika rumah jauh, menjaga anak selama pengobatan, dan lain-lain
“Kami tidak hanya mengobati penyakit, tetapi juga memberikan pengalaman terbaik supaya pasien nyaman,” kata dr Rikky saat seminar.
Dengan sejumlah pelayanan tersebut, pasien kanker tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal dan cukup fokus pada pengobatannya.
Nantinya, bagi pasien yang membutuhkan layanan ini, dapat segera menghubungi WA Radioterapi Mitra Keluarga Bekasi Timur atau menginfokan kepada perawat yang sedang bertugas bahwa Anda atau kerabat membutuhkan pelayanan dari Tim Napak.
Selain itu, dr Rikky juga menggambarkan bahwa Tim Napak adalah sahabat penyintas kanker yang akan selalu mendampingi selama pemeriksaan dan pengobatan.
“Napak adalah sahabat yang menaruh kasih dalam setiap waktu dan menjadi saudara dalam kesukaran,” lanjut dr Rikky.
Soft Launching buku Q&A Srikandi Indonesia
Masih dalam rangka komitmen untuk memberikan dukungan pada penyintas kanker payudara, Srikandi Indonesia meluncurkan sebuah buku bertajuk “Q&A Srikandi Indonesia” yang ditulis dan disusun oleh dr Inez Nimpuno, MPS, MA.
Dalam menyusun buku ini, dr. Inez dan tim merangkum sejumlah pertanyaan di dalam grup WhatsApp Srikandi Indonesia yang diajukan penyintas kanker payudara dan keluarganya.
Kemudian, dr Inez menjawab pertanyaan itu satu per satu, lalu disusun menjadi sebuah buku. Dengan begitu, siapa pun yang membaca buku ini akan menambah pengetahuannya terkait kanker payudara.
Tujuan dari penulisan buku ini adalah agar dapat menjadi buku saku bagi penyintas kanker payudara dan keluarga dalam pemeriksaan lanjutan serta pengobatan.
Harapannya, para penyintas kanker payudara dapat menjalani serta menghadapi pengobatan secara baik. Selain itu, keluarga penyintas kanker payudara pun dapat memahami apa yang harus dilakukan sebagai pendamping selama pengobatan.
“Terima kasih kepada Srikandi Indonesia yang sudah mendukung, merencanakan, dan menggalang dana sehingga rencana saya sejak delapan tahun lalu untuk mendokumentasikan tanya-jawab ini bisa terwujud,” kata dr Inez dalam sebuah video testimoni yang ditampilkan setelah seminar.
Komitmen Mitra Keluarga
Sejak tahun 1989, Mitra Keluarga telah sukses membangun jaringan rumah sakit dengan komitmen untuk menjadikan rumah kedua bagi Sahabat MIKA.
Mitra Keluarga juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima dan dinamis dalam penanganan kesehatan di segala kalangan. Simbol “Life, Love, Laughter” menjadi misi Mitra Keluarga untuk selalu hadir menyehatkan keluarga secara utuh dan penuh cinta.
Saat ini, Mitra Keluarga telah memiliki 21 cabang rumah sakit yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Mitra Keluarga selalu berinovasi. Salah satu bentuk dari inovasi tersebut adalah dengan membuka layanan Oncology Center & Radiotherapy di Mitra Keluarga Bekasi Timur pada Februari 2023.
Kemudian, pada awal 2024, Mitra Keluarga kembali membuka Center of Oncology and Radiotherapy (CORE) di Mitra Keluarga Kenjeran, Jawa Timur.
Bagi Anda yang hendak berkonsultasi dengan dokter spesialis onkologi Mitra Keluarga, bisa buat Janji Temu secara online melalui website mitrakeluarga.com atau MIKA Aplikasi Mobile yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.
Dengan buat Janji Temu, Anda dapat mengatur jadwal konsultasi dan pantau antrean secara real time.
Jangan tunda lagi, yuk buat Janji Temu dengan dokter pilihan Anda di Mitra Keluarga Bekasi Timur!