Acara tahunan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan tingkat Nasional (LKS-SMK) XXVIII tahun 2019 kembali digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 7–13 Juli 2019. Dari 32 bidang lomba, Marketing Online menjadi bidang kategori terbaru yang menjadi ajang bergengsi bagi jurusan penjualan. Bidang ini mempunyai keunikan lomba, baik dari sisi cara penilaian dan output yang dihasilkan.

Selain Marketing Online, ajang bidang lomba yang lain yaitu Autobody Repair, Automobile Technology, Industrial Control, Mobile Robotics, Plastic Die Engineering, Prototype Modelling, Welding, CNC Milling, CNC Turning, Electrical Installations, Bricklaying, Joinery, Plumbing and Heating, Cabinetmaking, Mechatronics, Electronics, Wall and Floor Tilling, Landscaping and Gardening, Graphic Design Technology, Fashion Technology, Hairdressing, Beauty Therapy, Marketing Online, Metrology, Tractor Engine Assembly, dan Motorcycle Repair and Maintenance.

CEO Derap Dynamis Dedy Budiman MPd yang merupakan salah satu penggagas lomba Marketing Online menjelaskan, bidang lomba ini menjadi unik dibanding lomba yang lain. Sebagian besar lomba menonjolkan hasil praktiknya, tetapi lomba ini menggali soft skill masing-masing peserta berupa percaya diri, mindset positif, keberanian, semangat, strategi inovatif, dan mental pantang menyerah.

Selain itu, Dedy menambahkan, penyaringan lomba Marketing Online juga terbilang unik karena dilakukan dengan cara daring (online) dan sistem gugur. Peserta masuk dalam grup daring bersama juri sejak Maret 2019 sejumlah 48 orang dan diberikan tugas yang dilaporkan daring dan tantangan yang menguji mental sehingga menghasilkan 10 finalis.

Para juri yang menilai sejak Maret yaitu Dedy Budiman Mpd (CEO Derap Dynamis dan founder Komunitas Sales Indonesia/Komisi), Sekar Tyas Nareswari SE (Head of Operations ACE Hartono Mall Jogja dan Ketua Komisi Jogja), Wira Utama Jati ST MM  (dosen Manajemen Universitas Tarumanegara dan konsultan marketing), Yusak Kristian Solaeman (Direktur PT Astra Otoparts dibantu Nugroho, Dept Head Astra Otoshop.com), serta Ahmad Madani (Jakarta Sales Academy dan Agmari – Asosiasi Guru Marketing Indonesia).

Para pemenang

Sekar menjelaskan, cakupan penilaian juri berupa prospek pelanggan yang meliputi strategi promosi via daring dan luring serta prospek yang datang ke tempat pameran, presentasi produk yaitu cara mempresentasikan produk dan menangani keberatan pelanggan, serta hasil penjualan dan kepuasan pelanggan berupa testimoni pelanggan.

“Lomba Marketing Online ini makin powerfull karena semua peserta final dapat hadiah uang pembinaan dari Astra Otoshop.com yang merupakan sponsor program ini yang ternyata juga mendapatkan Anugerah Stand Terbaik kategori Sponsor (Juara 1 diraih Astra Otoshop, Juara 2 Loreal, Juara 3 Hilo). Tak lupa juga dengan istilah di balik siswa yang sukses ada guru yang berdedikasi tinggi di belakangnya. Dan, Pak Nugroho dari Astra Otoshop berikan uang apresiasi untuk guru pengampu terbaik yang jatuh pada DKI Jakarta,” pungkas Sekar.

Adapun urutan pemenangnya sebagai berikut.

Juara 1
Edeline Fortuna dari SMK Kristen Imanuel Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat

Juara 2
Siti Maesyaroh dari SMKN 23 Pademangan, Provinsi DKI Jakarta

Juara 3
Sarah dari SMKN 12 Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten

Juara 4
Lukas Setiawan dari SMK Mitra Bhakti Lampung Timur, Provinsi Lampung

Juara 5
Lentera Umrotul Fadhila dari SMKN 2 Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Juara 6
Muhamad Muhlis dari SMK 1 Pelita Ciampea, Bogor, Provinsi Jawa Barat

Juara 7
Muti Nur Yulianti dari SMKN 1 Depok, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Juara 8
Steven Candra Setiawan dari SMKN 1 Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau

Juara 9
Ahmad Tadjudin dari SMKN 1 Kayu Agung, Provinsi Sumatera Selatan

Juara 10
Herru Ferdianto Saputra dari SMKN 2 Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.