Setelah melaksanakan rangkaian roadshow lima kota di Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya, dan Jakarta, The Big Start Indonesia Season 3 berhasil menarik ribuan peminat dan menyortirnya menjadi top 100, yang kini telah terpilih menjadi top 20.

The Big Start Indonesia merupakan reality show yang mencari pengusaha kreatif muda lokal pertama di Indonesia. Reality show yang menginjak tahun ketiga penyelenggaraannya merupakan bentuk upaya Blibli.com untuk mendukung kesiapan para pengusaha kreatif muda Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Dikatakan oleh Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto, kompetisi ini semakin ketat persaingannya setiap tahun. Sekarang, kompetisi ini sudah mencapai top 20 dan sudah mencapai proses karantina.

“Mereka akan mendapatkan berbagai tantangan untuk menguji keterampilan bisnis, kreativitas, dan kepemimpinannya. Di sinilah momen penting itu karena menjadi kesempatan bagi peserta untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya dari para mentor juga dari peserta lainnya,” ujar Kusumo.

Pergeseran industri kecil dan menengah ke era digital ini dibenarkan Direktur Jenderal Industri Kecil & Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih. Menurut Gati, pemerintah melihat potensi ini dan terus berkomitmen untuk mengembangkan industri kecil dan menengah di Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian dalam program Making Indonesia 4.0, dengan menetapkan 10 program prioritas.

“Kementerian Perindustrian menggagas program bertajuk e-smart IKM sebagai upaya pemerintah membangun sistem database industri kecil dan menengah yang diintegrasikan dengan marketplace. Melalui acara ini, kami berharap dapat mendorong para pelaku bisnis IKM untuk meluaskan pasarnya melalui teknologi digital dan perdagangan online,” ungkap Gati.

Lebih besar

Tahun ini, The Big Start Indonesia diadakan lebih besar dan spesial dibandingkan tahun sebelumnya dengan rangkaian roadshow lima kota di Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya, dan Jakarta; open market dan talkshow local heroes; serta total hadiah yang lebih besar yaitu Rp 1,1 miliar. Peserta top 20 juga berkesempatan mendapatkan banyak pengalaman dari deretan partner ternama yang siap membagikan ilmu terkait bisnis.

Inilah yang menjadi alasan JNE mendukung sebagai platinum partner. Menurut Presiden Direktur JNE Mohamad Feriadi, JNE dengan semangat tagline “Connecting Happiness” siap mendukung para pengusaha kreatif muda Indonesia untuk terus mengembangkan bisnis melalui platform digital.

Foto-foto: dokumen Blibli.com

“Berkolaborasi dengan Blibli.com di The Big Start Indonesia Season 3, JNE berharap para pelaku bisnis muda Indonesia bisa terus berkembang secara positif, maju, dan dapat bersaing,” ujar Mohamad.

The Big Start Indonesia terbagi menjadi empat kategori usaha, yaitu kuliner, kriya, fashion, dan kecantikan atau kesehatan. Para finalis berkesempatan mendapatkan mentoring dari deretan sosok ternama, yaitu Gwen Winarno – Pure Foods Company (mentor kuliner), Bagus Rochadiat dari Kekayuan (mentor kriya), Barli Asmara (mentor fashion), Kezia Toemion Founder ESQA cosmetics (mentor kecantikan dan kesehatan), serta host judges Aline Adita, Co-Founder Downtown Market dan pengusaha kuliner yang terlibat dalam proses kurasi 20 besar.

“Kami harap, terpilihnya top 20 ini menjadi bukti, UMKM Indonesia tidak kalah saing dan memiliki potensi sangat besar. Blibli.com berkomitmen untuk mendukung brand dan bisnis lokal untuk terus bertumbuh menjadi lebih besar lagi. Semoga ini bisa jadi motivasi bagi kita semua untuk terus berkarya dan bangga akan produk buatan lokal,” tu­­­­­­­­­tup Kusumo. The Big Start Indonesia Season 3 da­pat disaksikan di kanal Youtube Blibli.com. [IKLAN/*/VTO]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 25 September 2018.