AdvertorialGaya Hidup

Sambut “New Normal”, The Sultan Hotel & Residence Jakarta Terapkan Protokol Kesehatan

Foto-foto: dok. The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk memperpanjang status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan menetapkan Juni sebagai masa transisi untuk menghadapi new normal.

Sejumlah sekolah, restoran, kantor, mal, dan fasilitas umum lain mulai dibuka agar perekonomian negara tetap berjalan, tak terkecuali dengan bisnis hotel. Berkaitan dengan hal ini, The Sultan Hotel & Residence Jakarta juga mempersiapkan diri untuk menyambut fase new normal.

Director Sales & Marketing Kristanto Prasetiabudi memaparkan, The Sultan Hotel & Residence Jakarta telah menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan terkait pandemi saat ini.

Manajemen hotel juga telah memberikan pelatihan kepada seluruh staf The Sultan Hotel & Residence Jakarta terkait protokol kesehatan pada fase new normal, meliputi penggunaan alat pelindung diri (APD) saat bertugas seperti masker, sarung tangan, dan face shield.

Penerapan protokol kesehatan ini dimulai dari depan pintu masuk, yaitu petugas security melakukan pengecekan menyeluruh termasuk pengukuran suhu tubuh tamu menggunakan thermal gun, kewajiban penggunaan masker di area hotel dan residence, serta penyediaan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di area publik.

“Standar operasional prosedur (SOP) yang kami buat langsung diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. SOP tersebut mengatur banyak sekali protokol yang harus dijalankan, mulai dari penjemputan tamu, pembersihan kamar, meeting rooms, persiapan makanan, dan segala hal yang terkait dengan pelayanan,” ujar Kristanto.

Lay out restoran dan ruang meeting pun ditata sedemikian rupa dengan menerapkan konsep physical distancing sesuai anjuran pemerintah, tanpa mengurangi kenyamanan tamu,” lanjutnya.

“Setiap karyawan dan tamu yang masuk hotel diwajibkan untuk menggunakan masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer ataupun sabun cuci tangan, dan melakukan pengecekan suhu tubuh. Apabila suhu tubuh melebihi batas yang ditentukan, kami tidak mengizinkan karyawan ataupun tamu untuk memasuki area hotel. Hal ini kami lakukan demi keamanan bersama. Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, kami siap menyambut tamu untuk menginap dan menikmati fasilitas di Sultan Hotel & Residence,” jelasnya lagi.

This slideshow requires JavaScript.

 

Untuk saat ini, The Sultan Hotel berencana akan kembali beroperasi pada awal Juli. Namun, bagi tamu yang berencana menginap dalam waktu dekat, The Sultan Residence tetap buka dan siap melayani.

Dalam era new normal saat ini, The Sultan Hotel & Residence Jakarta sudah mengakomodasi dua acara pernikahan dengan konsep yang mengacu kepada penerapan protokol kesehatan. Dengan konfigurasi lay out mengikuti aturan physical distancing, hygiene & sanitation, serta penerapan mekanisme pelayanan dan persiapan makanan.

Food stalls disediakan untuk menggantikan buffet. Tamu tidak diperkenankan mengambil makanan secara langsung. Jarak antara food stalls dan tamu dibatasi rope stand dan staf hotel akan melayani pengambilan makanan. Alat makan tidak lagi disediakan di atas meja dan akan diberikan staf hotel pada saat pengambilan makanan. Pengaturan antrean diberlakukan untuk mencegah penumpukan tamu di satu area. [AYA]

Leave a Response