Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia beserta Excellent Community of Management (XCM) kembali berhasil mengadakan rangkaian kegiatan Inspiration for Management Planning and Action (IMPACT) yang merupakan kegiatan rutin tahunan. IMPACT pada 2024 ini telah memasuki tahun ke-5. Terdapat perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana IMPACT 2024 kini hadir dengan 3 rangkaian acara yang berfokus pada topik ritel di antaranya: (1) National Retail Business Case Analysis Competition yaitu kompetisi nasional yang diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, Creative Video Competition “Memorable Experience With Alfamart: Shop Smart, Double The Fun at Alfamart” yaitu kompetisi video kreatif yang diikuti oleh berbagai SMA/K/sederajat di Jabodetabek yang disponsori oleh PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, dan International Seminar.
Dalam era digital yang terus berkembang, industri ritel di Indonesia dan di banyak negara lain menghadapi tantangan baru dalam menanggapi kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Dengan pergeseran preferensi konsumen ke platform digital, strategi personalisasi menjadi kunci untuk mempertahankan daya saing. Pelaku bisnis ritel perlu memahami secara mendalam kebutuhan dan preferensi konsumen, serta beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen agar dapat tetap relevan dan mengikuti tren pasar yang terus berkembang. Oleh karena itu, IMPACT 2024 hadir dengan tema “Retail Refined: Retail Personalization and Adapting to Consumer Changes” yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia dam bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya personalisasi dalam ritel dan bagaimana bisnis dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.
National Retail Business Case Analysis Competition
Dengan tema “Retail Refined: Retail Personalization and Adapting to Consumer Changes”, kompetisi ini berhasil dilaksanakan mulai dari pendaftaran yang dibuka pada 15 Januari 2024, pengumuman 10 besar pada 26 April 2024, hingga penentuan pemenang pada 30 April 2024. IMPACT 2024 berhasil menggandeng 92 tim dari 10 Perguruan Tinggi berbeda yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari 92 tim yang sudah mendaftar, selanjutnya diadakan seleksi tahap pertama dan didapatkan 10 tim yang lolos dalam babak final. Pada babak final ini, ke-10 tim yang lolos selanjutnya melakukan presentasi di hadapan 3 juri secara daring.
Adapun Perguruan Tinggi yang turut berkompetisi dalam National Retail Business Case Analysis Competition 2024 adalah Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Banten; President University, Cikarang, Jawa Barat; Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat; UPN Veteran Jakarta, Jakarta; Universitas Bina Nusantara, Tangerang, Banten; Universitas Tarumanagara, Jakarta; Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta; Universitas Padjadjaran Jawa Barat; Institut Teknologi Bandung, Bandung; Universitas Mercu Buana, Kota Jakarta Barat, Universitas Bunda Mulia, Jakarta dan Universitas Bunda Mulia, Tangerang, Banten.
Penilaian presentasi dan tanya jawab dilakukan oleh 3 Juri yaitu Dr Fahrul Riza selaku Sekretaris Program Studi Magister Manajemen Universitas Bunda Mulia, Jerry Yanto, SE selaku Co-Founder & CEO of PT Astha Dian Manunggal, dan Dr Siti Yasmina Zubaedah selaku Dosen Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia. Penyerahan Token of Appreciation kepada para Juri dilakukan oleh Tannia, SE, MM selaku Ketua Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia.
Setelah dilakukan penjurian, diperoleh pemenang kompetisi dalam National Retail Business Case Analysis Competition 2024 yaitu Juara 1 dimenangkan oleh Tim Duo Maut dari Institut Teknologi Bandung dengan perolehan skor 283,3, Juara 2 dimenangkan oleh Tim Chocobi dari Universitas Bunda Mulia dengan perolehan skor 269,4, dan Juara 3 dimenangkan oleh Tim Matil dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” dengan perolehan skor 267.
Harapan dari kompetisi ini adalah para peserta akan mendapatkan pengetahuan dalam kompetisi ini guna memecahkan masalah-masalah yang ada terkait dunia ritel sehingga teknologi ritel dapat berkembang menjadi lebih maju.
Creative Video Competition
Kompetisi ini berhasil dilaksanakan dari 15 Desember 2023 (pendaftaran) hingga penentuan pemenang pada 30 April 2024. IMPACT 2024 berhasil mendapatkan 7 karya video terbaik dalam kompetisi ini.
Adapun SMA/K/sederajat yang turut berkompetisi dalam Creative Video Competition 2024 adalah SMAK Kristen Tunas Bangsa Cikarang, Cikarang, Jawa Barat
Dari 7 karya video terbaik, selanjutnya diadakan penilaian konten yang menghasilkan Juara 1 dan Juara Favorit. Penilaian konten dilakukan oleh Bapak Elkunny Dovir Siratan, SPar, MM selaku Ketua Divisi Kompetisi IMPACT 2024.
Setelah dilakukan penjurian, diperoleh pemenang kompetisi dalam Creative Video Competition 2024 yaitu Juara Umum dimenangkan oleh Glory Kristy Widjojo dari SMAK Kristen Tunas Bangsa Cikarang dan Juara Favorit dimenangkan oleh Derleen Libertion dari SMAK Kristen Tunas Bangsa Cikarang.
Harapan dari kompetisi ini adalah para peserta tetap semangat dalam mengimplementasikan strategi personalisasi dalam konteks ritel, mulai dari penggunaan teknologi canggih hingga pembuatan konten yang menarik.
International Seminar
Seminar bertaraf Internasional ini dihadiri oleh kurang lebih 939 peserta yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi dari dalam dan luar negeri serta diikuti juga oleh siswa/i SMA/K/sederajat dari wilayah Jabodetabek. Seminar ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Universitas Bunda Mulia yang dilanjutkan dengan penampilan Tari Wonderland dari UKM Tari Tradisional (TarTra).
Kemudian acara dibuka dengan Opening Speech oleh Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA, PhD selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bunda Mulia.
Sesi seminar pada IMPACT 2024 ini dipandu oleh Dr Christian Haposan Pangaribuan BSc, MBA selaku moderator dan menghadirkan narasumber dari dalam negeri dan luar negeri yang sangat berkompeten yaitu Anggara Hans Prawira selaku CEO of PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan Brian Walker selaku Founder and CEO of Retail Doctor Group.
Pemaparan materi dari kedua narasumber sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran kepada para peserta mengenai sebuah bisnis ritel. Selain itu, materi yang disampaikan juga dapat diaplikasikan atau diterapkan oleh para pebisnis atau penggiat ritel yang dapat membantu bisnisnya untuk berkembang dengan konten-konten yang menarik. Seminar ini membahas mengenai strategi personalisasi dalam konteks ritel, mulai dari penggunaan teknologi canggih hingga pembuatan konten yang menarik sehingga para pelaku bisnis ritel di Indonesia dapat terus berkembang, mengikuti tren, dan memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi konsumen modern. Antusias dari peserta terlihat dari banyaknya peserta yang ingin bertanya langsung kepada kedua narasumber.
Setelah momen yang paling ditunggu-tunggu dalam Seminar IMPACT 2024 ini adalah pengumuman pemenang National Retail Business Case Analysis Competition dan Creative Video Competition.
Seminar ini dapat terlaksana dengan baik juga berkat sponsor dan media partner yang bersedia untuk bekerja sama menyukseskan acara IMPACT 2024 yaitu Bengbeng dan Alfamart. Salah satu sponsor ini juga menyiapkan hadiah yang sangat menarik berupa produk kepada seluruh peserta kompetisi, pemenang lomba, penanya terbaik dan pemenang doorprize.
Acara ditutup dengan penampilan solo dari UKM Voice of UBM (VOU), yaitu Fabianca Margaretha Adeleida Daming, mahasiswa aktif Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol dengan membawakan sebuah lagu dengan vokal yang memukau.
Demikianlah rangkaian acara IMPACT 2024 “Retail Refined: Retail Personalization and Adapting to Consumer Changes”! Dengan diadakannya IMPACT 2024, kiranya kegiatan ini dapat bermanfaat sesuai dengan namanya “IMPACT” yaitu memberikan dampak dengan memberikan inspirasi kepada para peserta. Sekian and See You in IMPACT 2025!