Perubahan aktivitas dan gaya hidup menjadi serbadaring pascapandemi Covid-19 ternyata tak seluruhnya membawa dampak positif. Di balik kepraktisan dan kemudahan beraktivitas, kebiasaan tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada mata.

Masalah kesehatan pada mata umumnya diakibatkan kebiasaan menatap layar untuk menunjang beragam aktivitas yang lazim dilakukan secara daring (online). Contohnya, bekerja seharian di depan laptop, meeting virtual dengan klien, kegiatan belajar-mengajar secara daring, dan menonton film di platform streaming.

Jika dilakukan secara intens dan dalam waktu yang panjang, hal tersebut bisa menyebabkan otot mata mengalami kelelahan.

Selain itu, terlalu lama menatap layar gadget membuat fokus mata menjadi terlalu kuat. Ini dapat menyebabkan sumbu bola mata menjadi terlalu panjang ataupun lengkung permukaan kornea mata menjadi terlalu cekung.

Hal tersebut menyebabkan sinar cahaya hanya fokus pada titik di depan retina, bukan langsung pada permukaannya. Kondisi ini dikenal juga dengan miopia atau rabun jauh. Penderita rabun jauh sendiri membutuhkan kacamata minus untuk membantu penglihatan.

Perlu diketahui, kondisi rabun jauh tersebut tak hanya menimpa orang dewasa. Di tengah maraknya penggunaan gadget, anak-anak juga rentan mengalami miopia.

Bahkan, sebuah organisasi nonprofit nirlaba asal Australia, Brien Holden Vision Institute, memprediksi bahwa sekitar 17,2 persen anak-anak di Indonesia akan mengalami mata minus pada 2050.

Sayangnya, di tengah meningkatnya kebutuhan akan kacamata, belum semua orang mampu untuk membeli kacamata minus dengan kualitas baik. Salah satu alasannya adalah harga kacamata berkualitas yang cukup mahal.

Merespons hal itu, salah satu jenama kacamata lokal, Kacamata Blushing, berkomitmen untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan kacamata minus beragam model dan harga terjangkau.

Dengan biaya mulai dari Rp 100.000, masyarakat sudah bisa memiliki kacamata berkualitas dengan tampilan yang stylish.

“Kami berani bersaing dengan brand besar karena kualitas kami tidak kalah, tetapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau dan variasi pilihan yang sangat banyak,” ujar Owner Kacamata Blushing Sekar Arum dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.id, Jumat (26/5/2023).

Sekar Arum pun mengklaim bahwa berkat kualitas yang ditawarkan tersebut Kacamata Blushing mampu menjual hingga 400 kacamata selama pandemi.

Terus berkembang dan berinovasi

Untuk dapat membantu banyak orang dalam menjaga kesehatan mata, Kacamata Blushing pun terus berfokus pada riset serta inovasi dalam pengembangan produk. Salah satunya adalah menyediakan lensa yang bisa meredam silau yang ditujukan untuk para pengendara mobil dan sepeda motor.

Kacamata Blushing pun sedang mengembangkan fitur virtual try on pada situs webnya yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial Intelligence/AI) untuk memudahkan konsumen mencari kacamata yang cocok.

“Untuk situs web, kami sedang mempersiapkan fitur AI berupa virtual try on sehingga calon pembeli bisa langsung mencoba kacamata secara online dan mencocokkan dengan selera serta bentuk wajah mereka. Dengan demikian, bisa memudahkan mereka yang jauh dari toko offline Kacamata Blushing,” kata Sekar Arum.

Sekar Arum mengaku bahwa dirinya tengah melanjutkan pendidikan dengan mengambil jurusan refraksionis optisien di perguruan tinggi. Tujuannya, agar bisa memperdalam ilmu tentang kesehatan mata sehingga bisa lebih memahami kebutuhan konsumen.

Sementara dari sisi layanan, Kacamata Blushing juga memberikan pelatihan pada karyawannya untuk memberikan pelayanan terbaik. Dengan begitu, pembeli dapat menjadi pelanggan setia yang melakukan transaksi berkali-kali. Bahkan, mereka dapat turut merekomendasikan produk Kacamata Blushing ke orang-orang sekitarnya.

Berkat berbagai upaya tersebut, bisnis Kacamata Blushing kian berkembang dan telah memiliki dua cabang toko offline di Kota Bekasi dan Kota Bandung.

Untuk di Bekasi, toko offline Kacamata Blushing berlokasi di Ruko Rose Garden 3, Jalan Rose Garden 3 Nomor 20, Jaka Setia, Bekasi Selatan. Sementara di Bandung, toko Kacamata Blushing berada di Jalan Ambon Nomor 15, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan.

Selain itu, konsumen bisa melihat koleksi kacamata dan melakukan pemesanan secara daring lewat akun Instagram @kacamatablushing dan situs web https://kacamatablushing.com/. Kacamata Blushing pun tersedia di Shopee, Tokopedia, dan TikTok Shop.

Penulis : Anissa Dea Widiarini

Baca juga:

Tanly Hospitality Hadirkan 3 Hotel Baru di Bali