PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menggelar kegiatan Hari Pelanggan Nasional Maybank Indonesia, Jumat (30/8/2024). Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang diperingati setiap 4 September di seluruh wilayah Indonesia.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwan bersama Direktur Operasional Widya Permana, Direktur Perbankan Syariah Romy Buchari, serta Direktur Informasi dan Teknologi Bambang Irawan mengunjungi kantor-kantor cabang yang telah ditentukan untuk menyapa langsung nasabah yang sedang berkunjung ke kantor cabang tersebut serta memberikan apresiasi kepada nasabah loyal yang diundang secara khusus.

Kegiatan bertajuk “Building a Brighter Future Together” ini merupakan perwujudan dari komitmen Maybank Indonesia untuk selalu menjadikan nasabah sebagai fokus dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Kegiatan yang dilangsungkan pada Hari Pelanggan Nasional Maybank Indonesia meliputi kegiatan customer engagement oleh direksi, pemberian voucher sebagai apresiasi kepada nasabah, hingga talkshow beragam tema.

Kemeriahan Hari Pelanggan Nasional Maybank Indonesia juga dilengkapi dengan kreativitas karyawan mengenakan busana kerja dengan dresscode serta dekorasi kantor tematik berlaku di seluruh jaringan kantor cabang, termasuk Contact Center Maybank Indonesia.

Steffano mengatakan, perayaan Hari Pelanggan Nasional Maybank Indonesia menjadi momentum penting untuk menyatakan komitmen Maybank Indonesia dalam pemberian layanan prima serta penghargaan atas loyalitas nasabah.

Konsisten

“Kami secara konsisten dan berkesinambungan membangun budaya customer centric guna memperkuat kualitas layanan serta terus mendorong pengembangan bisnis kami untuk menjadi one stop service yang end to end. Ini juga merupakan perwujudan dari misi Humanising Financial Services yang kami usung pada identitas Maybank Indonesia,” ujar Steffano.

Customer centricity juga merupakan fokus dari penerapan strategi Maybank Group M25+ yang dijalankan oleh Maybank Indonesia. Hal ini bertujuan memperkuat diferensiasi Maybank Indonesia yang ditempuh melalui lima strategi utama.

Strategi ini juga diharapkan dapat mendorong kapasitas maupun kapabilitas Maybank Indonesia untuk pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan. Salah satu strategi utama dalam meningkatkan customer experience di kantor cabang Maybank Indonesia adalah memperkenalkan fungsi Concierge untuk membantu mengarahkan nasabah dalam bertransaksi serta mempercepat waktu layanan.

Maybank Indonesia HPN 2024
FOTO: DOK. MAYBANK INDONESIA

Menurut Steffano, penyelenggaraan Hari Pelanggan Nasional Maybank Indonesia menjadi sarana untuk mengapresiasi, baik nasabah eksisting maupun nasabah baru, terutama kepada nasabah loyal dengan memberikan customer experience yang terbaik.

“Penyelenggaraan Hari Pelanggan Nasional Maybank Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah Maybank Indonesia dalam bertransaksi, sehingga mampu membangun word of mouth yang positif dan mendorong ketertarikan calon nasabah untuk menjadi nasabah Bank,” jelas Steffano.

Sebelum Hari Pelanggan Nasional Maybank Indonesia digelar, Maybank Indonesia telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan Road to National Customer Day, di antaranya melalui talkshow Women’s International Day yang memberikan edukasi tentang solusi Maybank Shariah Wealth Management, MySWM, termasuk kegiatan yang melibatkan nasabah dalam momen perayaan Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, dan Imlek.

Pada 4-5 September 2024, Maybank Indonesia secara khusus akan membagikan voucher belanja kepada nasabah melalui kantor-kantor cabang yang telah ditetapkan dan juga melalui Contact Center.

Voucher tersebut diberikan kepada nasabah yang pada hari tersebut melakukan pembukaan Maybank Tabungan U atau U iB, Maybank Kartu Kredit, atau melakukan aktivasi M2U ID App (mobile banking)/M2U ID Web (internet banking), atau mem-follow akun IG Maybank Indonesia, guna mengikuti informasi-informasi dan promosi terkini.

Maybank Indonesia juga melakukan rangkaian kegiatan apresiasi kepada nasabah Premier dan nasabah Corporate. Juga menggelar program promo, yakni 3rd U Anniversary Maybank Tabungan U atau U iB, Welcome Bonus Rp1 juta Maybank TREATS Cash di Maybank White Card dan Cashback dari transaksi Maybank QR Pay di M2U ID App dengan minimum 4x transaksi dan akumulasi sejumlah nominal tertentu per minggu.

Masih dalam rangkaian Hari Pelanggan Nasional Maybank Indonesia tersebut, Maybank Indonesia juga akan menggelar talkshow edukasi seputar keuangan syariah, keberlanjutan (sustainability), dan teknologi digital.

Peringatan HPN juga diramaikan dengan program untuk karyawan Bank yaitu Martabak for Maybankers melibatkan jajaran direksi melakukan sharing session sebagai bagian dari upaya meningkatkan employee engagement. [*]