Mazda3 adalah penerus legenda Mazda 323. Model yang paling banyak terjual dan pernah berjaya di arena reli pada dekade 1980-an, khususnya model hatchback. Berdasarkan prestasi masa lalu tersebut, Mazda Motor Corporation (MMC) sangat memperhatikan Mazda3. Model ini, seperti pendahulunya, juga ditawarkan dengan versi sport dengan label Mazda3 Speed dan hanya untuk hatchback.

Untuk pencinta Mazda di Tanah Air, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), sejak 20 Februari 2018 mulai memasarkan Mazda3 Speed secara resmi. Dibandingkan dengan versi standar, Mazda3 Speed dilengkapi beberapa komponen aerokits plus ornamen untuk interior yang membuat penampilan eksklusif dan atraktif.

Menurut Presiden Direktur PT EMI Roy Arman Arfandy, sesuai dengan penampilan, Mazda3 Speed menyasar konsumen atau pencinta Mazda yang berjiwa muda. “Ingin tampil atraktif setiap saat. Hal tersebut direfleksikan dengan sosok mobil yang dipakainya. Dulu, Mazda sudah punya image sebagai mobil sport di Indonesia,” bebernya. Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Mazda pernah memasarkan model 323 hatchback sport dengan nama Mazda Astina.

Foto-foto : Iklan Kompas/ Adi Yuwono.

Ditambahkan, pencinta Mazda yang akan membeli mobil baru, kini bisa mendapatkan model sporty siap pakai. Selain itu, tak perlu mengeluarkan biaya tambahan banyak dan menunggu lebih lama. “Kami mendatangkannya langsung dari Mazda Jepang. Kits yang dipasang pada varian ini merupakan produk Mazda Speed,” lanjutnya.

Aerokits (aksesori) Mazda Speed yang dipasang pada bodi Mazda3 yang dirancang dengan filosofi KODO—Soul of Motion—membuat penampilan hatchback ini bikin gereget; gagah dan seksi! Aerokits yang pasang antara lain skirt (depan, belakang, dan samping). Kendati kecil, skirt yang menghiasi bagian pinggir bawah mobil ini, khususnya di bemper depan dan belakang plus samping, berfungsi mencegah udara mengalir ke kolong mobil. Hasilnya, ketika melaju pada kecepatan tinggi, akan menghasilkan down force atau mobil tertekan ke permukaan jalan. Laju mobil makin mantap atau stabil.

Selain skirt, di wajah depan juga  dipasang signature illumination LED (kini menjadi ciri depan seluruh model Mazda) khusus untuk varian ini. Sosok hatchback ini makin keren dengan velg 18 inci berpenampilan “gunmetal” dan ban 215/R45. Lantas dikombinasikan dengan spion luar, belakangnya dihitamkan. Penampilan Mazda3 Speed makin gaya dengan black roof spoiler dan antena sirip hiu di di atap bagian belakang.

Interior mewah

Kemewahan interior berlapiskan kulit pada seluruh jok, setir, tongkat transmisi dan rem parkir, serta bergaya Eropa, menjadi eksklusif dengan pemasangan pedal-pedal (gas dan rem), plus foot rest (topangan kaki kiri) dari aluminium dengan ukuran besar dan ergonomis. Tambahan lainnya adalah lampu kabin double LED dan scuff plate plus LED (pelat di bibir bodi, di bawah pintu).

Fasilitas yang disediakan di interior adalah MZD Connect dengan layar sentuh7 inci untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup digital masa kini. Dengan teknologi khas Mazda ini, pengemudi bisa berkomunikasi di mana dan kapan saja, termasuk saat mengemudi (tanpa melanggar undang-undang lalu lintas) karena tidak harus memegang handset. Layar MZD Connect juga berfungsi menayangkan hasil liputan kamera belakang—ketika tongkat transmisi berada pada posisi “R” atau mundur—plus peta navigasi.

Mesin dan transmisi

Untuk memacu Mazda3 Speed, dipilihlah mesin SKYACTIV-G (bensin), 2.0 liter, dan injeksi langsung dengan perbandingan kompresi 14:1 (berarti mesin sangat efisien). Tenaga maksimum mesin, 163 PS @6.000 rpm dan torsi 210 Nm @4.000 rpm. Untuk meneruskan torsi yang dihasilkan mesin, digunakan transmisi Dual Clutch 6-percepatan dengan perpindahan gigi otomatis dan manual (tanpa pengoperasian kopling).

Untuk mengurangi polusi, Mazda3 Speed dipasangi i-ELOOP, sistem recovery energi khas Mazda yang menggunakan kapasitor double layer. Dengan kapasitor ini, jumlah energi yang bisa dipulihkan dari pengereman semakin besar. Pasalnya, kemampuan kapasitor menyimpan energi lebih besar cepat daripada baterai. Energi dari kapasitor dikirimkan ke baterai, selanjutnya dimanfaatkan untuk operasional AC, audio, penerangan dan sebagainya.

Teknologi mutakhir khas Mazda, yaitu G-Vectoring Control (GVC), juga disertakan pada mobil ini. Kemampuan bermanuver makin mantap saja.

Obral pengaman

Mazda3 Speed dipenuhi dengan berbagai sistem keselamatan dan keamanan canggih. Antara lain blind spot monitoring (BSM), rear cross-traffic alert (RCTA), adaptive front lighting system (AFS) atau lampu pintar, dan smart city brake support (mencegah tabrakan bila pengemudi tidak menginjak pedal rem saat antre, termasuk jika ada pejalan kaki melintas).

Fitur canggih lain, Mazda Radar Cruise Control (MRCC), lane-keep assist system (LAS), lane departure warning system (LDWS), dan driver attention alert (DAA) yang memperingatkan pengemudi bila sudah lelah agar istirahat dulu. Tak kalah penting, 6 airbag di depan, samping, dan di kaca pintu.

Dengan obral fitur canggih tersebut, EMI membanderol Mazda3 Speed Rp 442.800.000. Tersedia pilihan warna snowflake white pearl mica, jet black mica, machine grey metallic dan soul red crystal metallic. Untuk machine grey dan soul red crystal metallic dikenakan tambahan Rp 4 juta. [Zulkifli BJ]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 21 Februari 2018.