Berlokasi di Epiwalk, Kuningan, Jakarta, PT Eurokars Motor Indonesia  (EMI) menggelar Mazda Power Drive 2018 pada 20–21 Oktober 2018 lalu. Dalam acara ini, pengunjung bisa menguji berbagai model Mazda terbaru.

Saat itu, PT EMI menyiapkan 21 unit test drive untuk dicoba oleh media serta calon pelanggan, termasuk 2 model yang baru diperkenalkan, yaitu All New Mazda CX-9 dan All New Mazda MX-5.

CX-9

Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2009, Mazda CX-9 merupakan crossover SUV 3 baris berkapasitas 7 penumpang. All-New Mazda CX-9 menawarkan pengendalian yang hebat dan efisiensi bahan bakar.

Jantung pacu berbahan bakar bensin dengan tambahan tenaga turbo, Skyactiv-G 2,5 T menyuguhkan performa istimewa bahkan untuk berkendara sehari-hari. Interiornya memiliki desain yang nyaman dilihat dan disentuh, menjadikan mobil ini memberikan pengalaman berkendara yang premium dan istimewa, baik bagi pengemudi maupun penumpangnya.

Perubahan terbaru yang dimiliki All-New Mazda CX-9 kali terfokus pada suguhan kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya. Di baris depan, kini bangkunya telah dilengkapi dengan ventilasi yang memungkinkan pengendara dan penumpang mendapatkan suhu lebih nyaman selama berkendara. Selain itu, Mazda memberikan peningkatan pada NVH (noise vibration and harshness) sehingga memberikan pengendaraan yang semakin nyaman bagi para penumpangnya.

Di dalam kabinnya, Mazda menawarkan sistem konektivitas dan infotainment terbaru lansiran Bose dengan 12 speaker + sub-woofer yang terintegrasi dengan baik di dalam interiornya. Pada model terbarunya ini, sistem hiburan telah ditambahkan kemampuan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto agar bisa disambungkan dengan ponsel pintar atau gawai.

Mobil ini juga telah dirancang untuk memaksimalkan keselamatan setiap penumpang dengan teknologi i-Activsense, antara lain Adaptive LED Headlights, Blind Spot Monitoring, Rear Cross-Traffic Alert, dan Antilock Brake System.

Untuk pilihan warna, tersedia snowflake white pearl mica, machine grey mettalic, jet black mica, dan soul red crystal metallic. All New Mazda CX-9 dibanderol seharga Rp 818.800.000 (OTR Jabodetabek).

MX-5

Mesin 4 slinder Skyactiv-Go 2.0 yang dimiliki All New MX-5 kini memiliki tenaga lebih besar 13 PS menjadi 183 PS dan torsi puncak yang meningkat 5 Nm menjadi 205 Nm. Peningkatan ini didapat berkat putaran mesin maksimal menjadi 7.500 rpm (sebelumnya 6.800 rpm) yang membuat tenaga puncak 183 PS bisa didapat di 7.000 rpm. Sementara itu, puncak torsi 205 Nm kini justru dapat dicapai pada putaran mesin lebih rendah, yaitu 4.000 rpm dibandingkan sebelumnya 4.600 rpm.

Peningkatan kemampuan mesin ini antara lain didapat berkat penggunaan piston dan connecting rods yang lebih ringan, injeksi bahan bakar bertekenan lebih tinggi serta desain ulang saluran intake. Flywheel baru juga digunakan untuk memberikan respons mesin lebih cepat dan sistem saluran pembuangan baru juga sekaligus menghasilkan output suara mesin yang lebih sporty.

Dari penampilannya, memang tak tampak perubahan yang signifikan. Perubahan paling tampak adalah penggunaan velg desain baru berukuran 17 inci dengan balutan warna black glossy yang menjadikan tampilannya semakin sporty. Di bagian dalam, Mazda kini memberikan sistem kemudi teleskopik untuk pertama kalinya pada MX-5. Mazda juga memastikan ada pengurangan kebisingan akibat angin, setelan tempat duduk yang lebih mudah serta pintu yang lebih mudah dibuka.

All New MX-5 ini telah dirancang untuk memaksimalkan keselamatan pengendara dan penumpangnya dengan sistem keselamatan i-Activsense. Teknologi yang diusung MX-5 ini antara lain,  Adaptive LED Headlight, Blind Spot Monitoring, dan Rear Cross Traffic Alert. Untuk warna, tersedia snowflake white pearl mica, machine grey metallic, dan soul red crystal metallic. Mobil ini dibanderol seharga Rp 799.900.000 (OTR Jabodetabek). [*/INO]

Foto-foto: dokumen Mazda

Tags : Mazda

Leave a Response