Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, slogan yang ditonjolkan adalah “SDM Unggul Indonesia Maju”. Slogan ini memberi makna pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk kemajuan bangsa Indonesia. Pembangunan SDM hendaknya dimulai sejak usia dini, yang fase perkembangan anak dapat dibentuk menjadi karakter manusia yang berkualitas.

Askrindo sangat peduli dengan pembentukan karakter anak bangsa sejak usia dini. Kepedulian tersebut diwujudkan dalam bebe­rapa program kegiatan, mulai dari menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan, meningkatkan kom­petensi penga­jar, sampai dengan kegiatan untuk orang tua.

Dalam hal sarana dan prasarana pendidikan, Askrindo membantu menyedia­kan buku-buku dan alat permainan edukatif (APE) serta perangkat multimedia sebagai sarana untuk pembelajaran dan permainan bagi anak-anak usia dini. Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi pengajar, Askrindo bersama PAUD Institute mengadakan seminar dan pelatihan guru PAUD agar lebih meningkatkan kemampuan dan terus up to date dengan perkembangan terkini.

Untuk meningkatkan literasi, Askrindo melalui Mobil Pintar (MoPi) Askrindo dan Taman Bacaan melakukan kegiatan membaca, mendongeng, dan menonton film edukatif untuk anak-anak. Selain itu, ada kegiatan parenting kepada orangtua murid dan masyarakat yakni dengan berbagi pengetahuan mengenai pola asuh dan perlindungan anak, bersama para pengajar dari PAUD Institute.

Direktur Kepatuhan dan SDM Firman Berahima menya­takan bahwa Askrindo dengan program peduli pendidikannya, selain ingin membantu mencer­daskan bangsa sejak usia dini, juga memerhatikan masyarakat yang berada di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Sebagai contoh, Askrindo bekerja sama dengan PAUD Institute menye­diakan Mobil Pintar (MoPi) Askrindo di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur; Kabu­paten Merauke, Papua; dan Kabupaten Lombok Tengah, NTB; serta Taman Baca­an di Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Sebagai bentuk komitmen Askrindo dalam menyiapkan fondasi awal bagi pembangunan sumber daya manusia Indo­nesia, Askrindo telah menguat­kan PAUD dengan cara meningkatkan mutu dan kom­petensi gurunya melalui pelatihan dan seminar yang rutin diadakan setiap tahun, dan hingga saat ini sudah 2.600 orang lebih guru PAUD mendapatkan kesempatan pelatihan bersama PT Askrindo (Persero). Dalam waktu dekat akan diselenggarakan seminar nasional dan pelatihan guru PAUD di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dhanang Sasongko, Direktur PAUD Institute, menyatakan Askrindo sangat mendukung Pendidikan Anak Usia Dini dengan program MoPi Askrindo yang telah tersebar di 11 provinsi di seluruh Indonesia dan akan menambah di 3 provinsi hingga akhir tahun ini antara lain di daerah Sabang, NAD. Kerja sama yang telah terjalin sejak tahun 2016 ini diharapkan akan terus berlanjut hingga MoPi Askrindo dapat menemani belajar anak-anak Indonesia di pelosok pedesaan, membangun gerakan literasi membukakan jendela dunia, mempersembahkan ge­ne­rasi emas untuk satu abad Indonesia Merdeka.

Melalui Pendidikan Anak Usia Dini yang merata diharapkan muncul generasi Indonesia yang memiliki kemerdekaan dalam berpikir dan berimajinasi untuk membentuk kebudayaan pada masa depan dengan teknologi yang lebih maju, tetapi tetap manusiawi dan Askrindo akan terus berupaya untuk dapat mewujudkannya. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 29 Agustus 2019.

Tags : askrindo

Leave a Response