PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) sukses menggelar Maybank Marathon Bali 2019 di Kabupaten Gianyar dan Klungkung, Bali, Minggu (8/9/2019). Lomba lari berskala internasional yang digelar untuk kedelapan kalinya ini ditetapkan oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) menjadi ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Salah satu peserta lomba lari kursi roda 5K saat menyentuh garis finis pada Maybank Marathon Bali 2019 di Bali, Minggu (8/9/2019). Sebanyak 60 penyandang disabilitas turut ambil bagian pada lomba lari berskala internasional ini. Lomba lari kategori khusus bagi pengguna kursi roda ini menjadi bentuk dukungan Maybank Indonesia dalam mempromosikan hak penyandang disabilitas. (FOTO-FOTO: CALVIN DAMASEMIL & IKLAN KOMPAS/B ADI YUWONO)

Lomba lari yang diikuti oleh peserta dari 50 negara ini mengambil titik start dan finis di Bali Safari Marine Park, Gianyar, Bali, dan memperebutkan total hadiah lebih dari Rp 2,3 miliar. Total hadiah tersebut meningkat 9,8 persen dari tahun sebe­lumnya sebesar Rp 2,1 miliar. Jumlah peserta yang turut ambil bagian pada ajang bergengsi ini lebih dari 11.600 pelari atau meningkat 10 persen diban­dingkan tahun lalu.

Robi Syianturi saat menyentuh garis finis Maybank Marathon Bali 2019. Pelari yang masuk ke dalam kategori Half Marathon National Male ini menempati posisi pertama dengan torehan waktu 1:12:03, dan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 27.500.000.

Tak kalah menarik, selain dirangkai dengan sederet kegiatan CSR, seminar, hiburan menarik, serta sajian kuliner, Maybank menghadirkan mobil BMW i3s sebagai kendaraan listrik murni yang digunakan menjadi lead car pada kategori Marathon. Ini menjadi salah satu komitmen Maybank Indonesia bersama BMW untuk memberikan kenyamanan kepada atlet elite maraton dalam mencapai prestasi terbaik, sekaligus turut ambil bagian dalam gerakan peduli lingkungan.

Tari-tarian dan kesenian tradisional yang ditampilkan oleh sejumlah komunitas dan penyandang disabilitas turut memberikan warna tersendiri pada hari pengambilan paket lomba (race pack collection), di Taman Bhagawan, Benoa, Bali, Sabtu (7/9). Pada Maybank Marathon 2019, Maybank Indonesia kembali melanjutkan kepedulian bagi pemberdayaan penyandang disabilitas dengan memberikan micro financing kepada Pusat Pemberdayaan Penyandang Disabilitas (Puspadi) Bali.

Pada kategori Marathon Open Male, Kirui Simon Kiprugut (Kenya) keluar sebagai juara I dengan torehan waktu 02:18:34. Untuk kategori Marathon Open Female, Chemutai Immaculate (Uganda) berhasil men­jadi yang tercepat dengan catatan waktu 02:42:08. Keduanya menerima hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp 200 juta yang diberikan secara simbolis oleh Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria.

Agus Prayogo berhasil menjuarai Maybank Marathon Bali 2019 kategori Marathon National Male dengan catatan waktu 2:36:09. Posisi kedua dan ketiga diraih oleh Welman D Pasaribu dan Mursalim yang menempuh garis finis dengan torehan waktu 2:36:44 dan 2:37:57.

Sementara itu, untuk kategori Marathon National Male dimenang­kan oleh Agus Prayogo dengan mencetak waktu 2:36:09. Elvina Naibaho yang berhasil mencatatkan waktu 2:56:08 keluar sebagai juara kategori Marathon National Female. Kedua pelari tersebut mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 125 juta. [BYU]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 15 September 2019.

Leave a Response