Pada Rabu (14/10/2020), Kepala Dinas Koperasi dan Usaha kecil Provinsi Jawa Barat Drs Kusmana Hartadji MM beserta Ketua Asita Jawa Barat Budijanto Ardiansjah mengunjungi sudut kriya yang berada di area lobi Horison Ultima Hotel Bandung.

Kepala Dinas Koperasi dan usaha kecil Provinsi Jawa Barat Drs Kusmana Hartadji MM sangat mengapresiasi keberadaan sudut kriya yang menjual hasil karya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bandung dan Jawa barat.

“Tugas pemberdayaan UMKM tidak hanya tugas pemerintah, tetapi juga semua pihak, termasuk juga pengelola hotel. Hal ini dibuktikan dengan apa yang telah dilakukan oleh Horison Ultima Bandung yang menyediakan space untuk produk UMKM. Hal ini selain sebagai tempat promosi juga alternatif pemasaran bagi pelaku UMKM agar lebih dikenal, serta dibeli dan dipakai oleh para tamu hotel,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Asita Jawa Barat Budijanto Ardiansjah mengatakan, “Asita mendukung sudut kriya yang diinisiasi oleh Hotel Horison sebagai bentuk kepedulian terhadap UKM di Jawa Barat, diharapkan juga agar sudut kriya ini bisa menjadi tempat bagi wisatawan untuk berbelanja, terutama wisatawan yang menginap di Horison.”

Atik Damarjati selaku General Manager Horison Ultima Bandung mengatakan terbentuknya sudut kriya ini merupakan sinergi dari berbagai institusi. Horison menyediakan tempat serta pengelolaannya, Pertamina Region III membuat rak display, serta UMKM yang terlibat merupakan anggota dari Dekranasda. Telkom University saat ini sedang membantu proses penjualan secara daring.

Saat ini, ada 45 pengusaha kecil dan menengah yang terlibat di sudut kriya yang sebagian besar merupakan mitra binaan Pertamina. Produk yang dijual mulai dari kerajinan, fashion, cendera mata, dan kuliner. Harga produk kriya yang dijual di tempat itu berkisar Rp 12.500 hingga Rp 1 juta.

Selanjutnya Atik berharap, keberadaan sudut kriya ini akan mempermudah para tamu yang tinggal di Horison untuk mendapatkan oleh-oleh atau cendera mata khas Bandung sehingga para tamu akan mendapatkan kenangan yang indah tentang Bandung dan untuk selanjutnya dapat kembali dan kembali lagi sehingga pariwisata di Bandung akan semakin semarak.

Leave a Response