Gempa bumi di Ambon, Maluku, dan sekitarnya pada akhir September lalu mengakibatkan kerusakan berat yang menyebabkan 41 orang meninggal dunia dan membuat 136.780 jiwa harus mengungsi di tenda-tenda darurat. PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) pada Kamis (21/11/2019) secara resmi menyalurkan bantuan kepada korban gempa bekerja sama dengan Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI).

Seremoni pemberian bantuan dilakukan di Kantor WVI Kota Ambon. Branch Manager APL Makassar Stanley Paays menyerahkan kepada Sekretaris PMI Kota Ambon dan Staf Dinas Perikanan Provinsi Thommy Bella dengan disaksikan Zonal Disaster Management Specialist for Sulawesi North Moluccas and Papua Lisa Hernawati sebagai perwakilan dari Yayasan WVI.

“Kami mewakili manajemen APL mengucapkan terima kasih kepada WVI yang sudah membantu penyaluran donasi kepada korban gempa bumi. Kami berharap bantuan ini dapat berguna bagi rehabilitasi jangka panjang korban gempa agar dapat siap beraktivitas kembali seperti sediakala. Selain berasal dari dana CSR perusahaan, bantuan ini merupakan partisipasi dan dukungan dari keluarga besar APL,” ungkap Stanley.

Bantuan yang diberikan oleh APL berupa pembangunan toilet di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah; kegiatan promosi edukasi kesehatan; serta pendistribusian obat-obatan dan vitamin yang disalurkan melalui PMI Kota Ambon. Jenis obat-obatan dan vitamin yang didistribusikan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah.

Pembangunan toilet serta promosi edukasi kesehatan ini juga penting dilakukan agar masyarakat memiliki pola hidup bersih di daerah pengungsian, seperti cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan tidak buang air sembarang. Adapun daerah pengungsian ini berada di lokasi yang jauh dari kota dan sangat membutuhkan toilet.

Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari Christophe Piganiol melalui siaran pers mengatakan, “Bantuan ini merupakan wujud nyata tujuan utama dari usaha kami di Indonesia, yakni membuat akses kesehatan menjadi lebih terakses. Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mendukung langkah pemerintah membangun kembali Kota Ambon dan sekitarnya pasca gempa bumi.”

Kesehatan merupakan bagian yang penting untuk membangun kembali produktivitas sebuah kota pasca terjadinya gempa bumi, yang umumnya diikuti dengan terjadi penularan penyakit. APL sebagai perusahaan penyedia jasa di bidang kesehatan di Indonesia merasa perlu untuk berperan lebih mendukung langkah pemerintah membangun kembali Kota Ambon, khususnya dukungan dalam bidang kesehatan. [*]

Leave a Response