Pembangunan infrastruktur yang terus digenjot pemerintah, ditambah pemerataan pembangunan di berbagai daerah memberikan dampak positif pada banyak sektor, tanpa kecuali otomotif, khususnya kendaraan komersial/niaga. Selain infrastruktur, sektor lain yang kian memantapkan pertumbuhan kendaraan komersial adalah meningkatnya industri pertambangan dan perkebunan.

Hal tersebut seperti yang dikemukakan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menjelang pameran kendaraan komersial di Jakarta beberapa waktu lalu. ”Para APM kendaraan komersial telah melakukan berbagai inovasi untuk terus meningkatkan kualitas kendaraan. Semakin berkembangnya proyek-proyek infrastruktur, produktivitas logistik, distribusi, dan perdagangan di Indonesia, mendorong produsen kendaraan komersial memenuhi kebutuhan konsumen.”

Data Gaikindo mencatat, penjualan kendaraan komersial pada 2017 mencapai 235.310 unit. Angka ini meningkat 17 persen dari tahun sebelumnya berjumlah 200.729 unit. Dari empat jenis kendaraan niaga, kendaraan pikap sendiri meningkat sebesar 6,4 persen dari tahun sebelumnya. Mobil ini biasanya digunakan untuk kegiatan-kegiatan antar-jemput barang atau muatan.

Peluang yang semakin besar di sektor kendaraan niaga telah mendorong produsen dan APM untuk terus berinovasi dan memperkenalkan produk barunya. Isuzu, merek kendaraan niaga yang sudah tidak asing lagi di dunia logistik juga melancarkan jurus jitunya dengan meluncurkan Isuzu Traga.

Produk cab over medium pick up yang diperkenalkan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia ini menjadi solusi baru bagi para pebisnis yang membutuhkan kendaraan niaga yang andal dan hemat bahan bakar. Pikap yang dikembangkan di Tanah Air ini menggunakan mesin berkapasitas 2.500 cc diesel direct injection.

Dengan spesifikasi tersebut, Isuzu Traga tetap perkasa di medan jalan rata dan tanjakan, serta mudah berakselerasi di jalan berkelok dan menikung. Produk yang baru pertama kali diperkenalkan di dunia ini memiliki berat (gross vehicle weight/GVW) 2.950 kilogram dan  didukung sistem transmisi 5 percepatan sehingga kenyamanan berkendara semakin maksimal.

Kendaraan niaga dengan radius putar 4,5 meter tersebut juga memiliki kapasitas ruang pengangkut lebih luas di kelasnya. Menariknya lagi, Isuzu Traga merupakan satu-satunya pikap medium yang hadir dengan aplikasi open cargo dan boks langsung dari APM.

Dengan sederet keunggulan yang dimiliki, kendaraan ini sangat tepat untuk pengangkutan umum seperti mengangkut hasil perkebunan dan  material bangunan. Selain itu, maksimal bagi kebutuhan pengangkutan industri, jasa ekspedisi, katering, dan beragam jenis usaha lainnya.

President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia Ernando Demily menjelaskan, kehadiran Isuzu Traga menjadi salah satu bentuk Isuzu dalam menjawab kebutuhan masyarakat dan pebisnis. “Isuzu Traga adalah bagian dari komitmen kami, Isuzu Indonesia, untuk memperluas range produk dalam memenuhi kebutuhan customer di Indonesia.”

Isuzu Traga, lanjut Ernando, dirakit sepenuhnya di Indonesia, tepatnya di pabrik Isuzu di Karawang, Jawa Barat. “Besar harapan kami untuk membawa Isuzu Traga ke kancah yang lebih besar,” tegasnya.

Peluncuran Isuzu Traga untuk pertama kalinya di dunia (world premier) dilakukan di Indonesia bukanlah tanpa alasan. “Alasan mengapa world premier dilakukan di Indonesia karena marketnya menarik. Bicara kendaraan komersial, pasar di negara ini nomor 1 di ASEAN. Kita semua juga ingin Isuzu menjadi nomor 1 di Indonesia. Oleh karena itu kita terus berusaha menghadirkan produk sesuai kebutuhan market Indonesia,” ujar Ernando saat peluncuran Isuzu Traga di Jakarta, Senin (23/4).

Selain dipasarkan di Tanah Air, kendaraan komersial ini juga akan diekspor ke sejumlah negara berkembang yang memiliki karakter serupa dengan Indonesia. “Di dunia masih banyak negara yang memiliki tipikal sama dengan Indonesia. Kita berencana mengekspor kendaraan ini ke negara-negara tersebut,” papar Director Marketing and Aftersales CV PT Isuzu Astra Motor Indonesia Takuji Kani.

Terkait konsep yang diusung Isuzu Traga, GM Pemasaran IAMI Edy Jusuf Oekasah menjelaskan, kendaraan ini hadir dengan 4 konsep utama.

“Pertama, baknya besar. Kita tahu kepadatan lalu lintas membuat efisiensi kendaraan menjadi turun sehingga kita perlu bak besar, perlu angkutan lebih efisien. Kedua, mengenai ketangguhan. Ini kita ciptakan untuk ketenangan bisnis sehingga Anda tidak perlu memikirkan kendaraan tetapi cukup fokus pada bisnis. Ketiga tentang bahan bakar. Kita tahu cost untuk bahan bakar sangat tinggi dalam transportasi sehingga keiritan bahan bakar harus dimiliki kendaraan komersial. Dan, terakhir adalah kabin modern. Ini untuk memenuhi keinginan generasi milenial, jadi desainnya harus mengikuti zaman.”

Keunggulan

Isuzu Traga memiliki sederet keistimewaan yang akan membuat para pengusaha memiliki untung lebih banyak. Salah satu keunggulannya, kendaraan ini memiliki bak terluas di kelasnya; panjang 2.810 milimeter dan lebar 1.620 milimeter, serta ruang kargo 4,6 meter persegi. Dengan ruang tersebut, mobil ini mampu membawa sekitar 60 galon air dalam sekali angkut atau 12 galon lebih banyak dari mobil sekelasnya.

Mobil yang diidam-idamnya para pengusaha ini merupakan kendaraan yang tangguh dan hemat bahan bakar karena menggunakan mesin 4JA1-L, 2.500 cc yang melegenda––terbukti bertenaga besar, bandel, dan irit bahan bakar. Performanya lebih unggul dibandingkan kompetitornya karena memiliki torsi maksimum 19.5 kgm dan tenaga sebesar 80 ps.

Keunggulan lainnya adalah kabin yang menarik, yaitu memiliki desain kabin yang modern dan nyaman untuk dibawa berkendara jarak jauh dan dekat. Hal tersebut didapat karena selain memiliki kabin luas dan jarak pandang yang luas pula, Isuzu Traga dilengkapi dengan blower, sistem audio, serta digital dan analog cluster.

Dengan turning radius (radius putar) minimal 4,5 meter, Isuzu Traga lebih mudah bermanuver di jalan sempit. Sementara itu, terkait keamanan, mobil ini memiliki kemampuan pengereman lebih baik, serta didukung dengan penggunaan ban radial untuk umur ban lebih panjang.

Istimewanya lagi, Isuzu Traga menggunakan 68 persen komponen common use dengan produk Isuzu lainnya sehingga terjamin ketersediaan suku cadang, serta memiliki harga yang terjangkau.

Isuzu Traga merupakan salah satu bukti bahwa Isuzu Indonesia terus berinovasi dan memperluas jangkauan produknya sesuai kebutuhan konsumen. Isuzu Indonesia juga terus memperkuat jaringan layanan purnajual untuk memudahkan pelanggan. Berkat segala upaya tersebut, tidaklah berlebihan apabila Isuzu Indonesia dikatakan semakin siap dan tangguh menghadapi tantangan di depan. [IKLAN/*/BYU]