Berkendara bisa memantik perasaan bangga. Apalagi kalau kendaraan yang digunakan punya performa prima dan desainnya pun penuh gaya. Termasuk bagi pengendara sepeda motor, apparel keren berikut alat-alat keselamatan yang dikenakan tentu akan lebih mampu menyedot perhatian jika tunggangannya pun kece.
Dalam beberapa kurun waktu terakhir, sepeda motor matik kelas menengah banyak mewarnai ruas-ruas jalan. Tongkrongan bongsor dan gagah, serta posisi duduk relaks atau bisa selonjoran menjadi salah satu alasan sepeda motor jenis ini begitu diminati. Tidak hanya di Tanah Air, tapi juga di luar negeri.
Setidaknya hal tersebut yang dirasakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (YIMM), yang namanya melambung lantaran salah satu produknya, NMax mendapat respons yang positif hingga ke mancanegara.
Sekadar catatan, Indonesia menjadi basis produksi untuk pasar dunia bagi beberapa model sepeda motor Yamaha, NMax salah satunya. Sejak diluncurkan pada Februari 2015 di Sirkuit Sentul, Bogor, sepeda motor yang masuk dalam seri Max (jajaran maksi-skuter sporty dari Yamaha) ini punya banyak keunggulan yang terus dikembangkan. Yang terbaru adalah NMax 155 ABS.
Pembaruan
Nmax 155 ABS yang baru diperkenalkan beberapa waktu lalu masih membawa “DNA” para pendahulunya. Termasuk soal posisi duduk yang mampu memberikan pilihan kepada pengendara, active riding position dan cruiser riding position. ini adalah hal yang jarang ditemui di skutik lain.
Active riding position adalah gaya berkendara dengan menempatkan kaki pada bagian belakang pijakan kaki. Posisi ini memungkinkan pengendara bisa bermanuver, mengubah arah sepeda motor dengan cepat.
Sementara itu, seperti namanya, cruiser riding position adalah posisi kaki yang dimungkinkan selonjor karena dek pijakan kaki yang luas. Posisi ini cocok saat perjalanan jauh (cruising) karena pengendara jadi tidak cepat lelah.
Pembaruan paling kentara pada seri NMax terbaru ini adalah warna, yaitu NMax 155 ABS ditawarkan dengan empat varian warna yaitu matte black, blue, matte grey, dan white. Warna emas pada velg Nmax 155 ABS warna matte black dan matte grey jadi bagian paling mencolok.
Tampilan baru tersebut jadi semakin mentereng dengan desain jok yang terlihat lebih mewah berkat paduan dua tekstur kombinasi dengan emboss logo NMax, yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat tampilan sepeda motor menjadi lebih berkelas.
Masih soal tampilan, speedometer NMax 155 ABS mengusung desain yang lebih stylish, modern, dan terlihat mewah karena pengaplikasian Inverted LCD Digital Speedometer. Dengan lampu dasar berwarna biru gelap, pengendara akan lebih mudah membaca informasi pada panel tersebut.
Kemudian, seperti namanya, NMax 155 ABS menggunakan mesin berkapasitas 155 cc dengan sokongan Blue Core Technology. Asal tahu saja, teknologi inilah yang membuat proses pembakaran jadi lebih sempurna sehingga mampu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar tanpa mengesampingkan tenaga dan keandalan. Ada pula Variable Valve Actuation (VVA) yang bisa menjaga tenaga dan torsi maksimum pada setiap putaran mesin.
Hal lain yang patut mendapat perhatian adalah suspensi. Pada suspensi belakang, Yamaha menggunakan sub tank dan jarak ulir per yang lebih lebar. Ini membuat NMax 155 jadi lebih nyaman dikendarai, terutama pada jalan yang tidak rata.
Yamaha tidak alpa menaruh perhatian pada sisi kenyamanan dan keamanan. Oleh karena itu, pada seri ini, pabrikan berlogo garpu tala tersebut menggunakan velg dan ban tubeless tapak lebar yang membuat sepeda motor lebih stabil saat bermanuver.
Sementara itu, untuk sistem pengereman, NMax 155 ABS mengadopsi sistem anti-lock braking system (ABS), yang pada dasarnya berfungsi untuk menghindari roda terkunci (blocking) saat terjadi pengereman mendadak atau biasa disebut panic braking.
Jika roda sampai terkunci, tentu dapat terjadi slip yang susah dikendalikan dan sangat berbahaya. Oleh karena itu ABS memungkinkan kendaraan berada pada “jejaknya” dengan cara rem–lepas–rem– dan seterusnya dalam satuan milisecond sehingga pengemudi masih bisa mengendalikan kendaraan ke arah yang aman
Sistem pengereman tersebut didukung jadi lebih maksimal dengan sistem pengereman ganda dan cengkeraman cakram yang kuat dan kokoh.
Terakhir, melengkapi semua fitur andalan tersebut, secara keseluruhan, Yamaha mengusung konsep Maximum Comfort dengan mengombinasikan bodi besar dan compact scooter sehingga nyaman dan tetap mudah dikendarai. [IKLAN/ASP]
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 20 Maret 2018