Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 menjadi salah satu ajang pembuktian terhadap produk-produk lokal maupun internasional dalam mengiringi perkembangan otomotif. Pada pameran yang digelar pada 25 April-5 Mei 2019 ini, pengunjung dapat melihat kendaraan-kendaraan baru, termasuk produk lokal yang siap bersaing dengan produk negara lain.
Pameran yang dihelat di JIExpo Kemayoran, Jakarta, ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi pelaku industri dalam negeri untuk unjuk gigi dan bersaing di pasar internasional, baik untuk roda dua maupun empat. Dengan meningkatnya produk-produk lokal, industri otomotif nasional dapat semakin cerah dan tentunya berdampak pada meningkatnya perekonomian bangsa.
Dalam keterangan tertulisnya, Komisaris Independen PT Dyandra Media Internasional Tbk Bambang Trisulo, sebagai pihak penyelenggara, optimistis pameran ini dapat memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan otomotif nasional. “Selain bergengsi, Telkomsel IIMS 2019 bisa menjadi jembatan bagi para pelaku industri lain untuk lebih berkembang di dalam negeri maupun mancanegara,” imbuhnya.
Sama seperti tahun sebelumnya, pameran berskala internasional ini mengusung tagline “Your Infinite Automotive Experience” guna memberikan pengalaman lebih kepada masyarakat. “Perpaduan antara puluhan merek internasional dan produk lokal menjadi sebuah titik akumulasi untuk lebih menampilkan produk Indonesia ke hadapan dunia,” ujar Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh.
Merek
Pameran tahunan kali ini diikuti oleh 36 merek kendaraan roda empat dan dua, di antaranya mobil-mobil premium, seperti Audi, BMW, Jeep, Mercedes-Benz, MINI, dan Volkswagen. Merek lainnya adalah Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling.
Penggemar roda dua juga akan disuguhkan produk-produk ternama seperti Aprilia, Benelli, BMW Motorrad, Gesits, Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Lambretta, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, dan Vespa. Kehadiran kendaraan roda dua tersebut tentu memberikan sensasi tersendiri bagi mereka yang gemar bertualang menggunakan sepeda motor atau sekadar meningkatkan gengsi dengan tunggangan premium.
Selain terpajang mobil-mobil dan sepeda motor dengan beragam varian dan warna, pameran ini juga dijadikan ajang peluncuran mobil baru, bahkan ada yang berstatus world premiere. Tak kalah menarik, ajang ini juga menjadi sarana bagi dunia pendidikan di Tanah Air, di antaranya melalui lomba dan kreasi membuat mobil balap. Beragam edukasi tentang modifikasi juga ikut mewarnai kegiatan generasi muda pada pameran kali ini.
Truk berukuran sangat besar, yakni Caterpillar 777E akan menjadi ikon pada pameran tahun ini. Selain dipajang, kendaraan ini nantinya turut berinteraksi dengan pengunjung melalui beragam kompetisi. Sepeda motor listrik buatan dalam negeri, Gesits, dan skuter asal Italia, Lambretta, disebut-sebut bakal menjadi magnet tersendiri.
Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki, Nissan, dan merek-merek lainnya akan meluncurkan produk barunya yang siap mengaspal di Tanah Air. Mitsubishi, merek mobil berlogo tiga berlian juga menampilkan produk barunya di segmen MPV, yakni Xpander edisi spesial yang merupakan penyegaran dari versi sebelumnya.
Penggunaan jok kulit pada interiornya, serta beberapa ubahan pada bagian eksterior menjadi pembeda dengan varian lainnya. Tampilannya yang kian sporty, serta jumlah unit yang terbatas diharapkan semakin memikat calon konsumen di Tanah Air. Penasaran? Kunjungi IIMS 2019 yang mulai dibuka hari ini hingga sepuluh hari ke depan! [BYU]
Perhatikan Hal Ini saat Membeli Mobil di Pameran
Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 merupakan pameran otomotif yang ditunggu-tunggu masyarakat luas. Pameran yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, ini menjadi tempat untuk berburu mobil baru. Bila Anda juga ingin membeli mobil idaman pada ajang ini, perhatikan hal-hal berikut agar mendapatkan nilai lebih.
Tentukan anggaran
Sebelum datang ke pameran dan membanding-bandingkan mobil baru, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mematok anggaran. Tentukan dana maksimum yang hendak dikeluarkan untuk membeli mobil baru sehingga tidak mengganggu finansial Anda dan keluarga.
Kunjungi tiap booth
Dengan mengunjungi setiap booth peserta pameran, kita dapat mengetahui lebih jauh tentang produk dan promosi-promosi menarik. Mintalah penjelasan sedetail mungkin kepada tenaga SPG atau penjaga booth mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk yang dijual.
Kumpulkan brosur
Brosur atau lembaran berupa informasi produk dan harga menjadi bahan penting untuk menimbang-nimbang, merek atau varian mobil mana yang cocok, baik dari sisi harga maupun fungsi. Untuk itu, kumpulkan semua brosur yang ada di setiap booth.
Hadirkan alternatif
Setelah menentukan merek dan varian mobil yang hendak dibeli, tak ada salahnya Anda menghadirkan alternatif lainnya sebagai pembanding. Hal ini agar Anda lebih yakin dengan mobil yang Anda pilih.
Test drive
Uji kendara (test drive) menjadi hal wajib bagi yang hendak membeli mobil baru. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk menjajal semua fitur yang ada pada mobil idaman Anda. Pilihlah waktu yang tepat agar lebih leluasa merasakan sensasi berada di balik setir ataupun di bangku penumpang.
Transaksi
Pastikan Anda mendapatkan simulasi pembayaran, terlebih yang membeli dengan cara kredit. Uang muka (DP), potongan harga, cicilan, serta tenor dan tanggal jatuh tempo juga harus diperhatikan. Pastikan pula lembaga pembiayaan yang Anda pilih tepercaya dan memuaskan.
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 25 April 2019.