Selebrasi ulang tahun kerap memiliki banyak makna. Tak sekadar merayakan bertambahnya usia, tetapi juga sekaligus menjadi ajang pembuktian keberhasilan maupun eksistensi.
Keberhasilan ini bisa direpresentasikan dalam berbagai rupa. Dalam dunia bisnis, hal tersebut diperlihatkan antara lain lewat pengembangan dan inovasi bisnis.
Tengok saja, misalnya ranah pusat perbelanjaan di Tanah Air berlomba-lomba untuk menyuguhkan kenyamanan dan kelengkapan berbelanja bagi setiap pelanggannya. Tujuannya tak lain adalah menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan, yang menjadi faktor pendorong kemajuan bisnis mal saat ini.
Oleh karena itu, pengelola mal diharapkan terus berupaya menciptakan beragam inovasi. Strategi inilah yang dijalankan Plaza Indonesia secara konsisten. Selama 28 tahun ini, Plaza Indonesia terus berinovasi memperkuat diri menjadi pusat ritel dan gaya hidup terbaik di Indonesia, destinasi utama pusat perbelanjaan premium dan high-end brands.
Hal itu diakui Junita Mogi (32). Ibu rumah tangga berparas manis ini mengatakan jika dari dulu dia menyukai puas berbelanja di Plaza Indonesia.
“Saya amat suka berbelanja di Plaza Indonesia. Bahkan, kegiatan itu sudah dilakukan sejak muda hingga sekarang saya berkeluarga. Alasannya, lokasi dekat, tempat bagus dan nyaman, serta toko-toko favorit semua ada di sini. Akhirnya, sering kali saya memilih kongko di sini juga sembari menunggu anak-anak saya bersekolah,” ujar Junita.
Senada dengan pendapat sahabatnya, Rina Sugiri (37) ikut melontarkan opini jika dia menyukai Plaza Indonesia karena kenyamanan dan kelengkapan tenant-nya.
Perempuan pengusaha itu menuturkan, “Karena ambience yang lebih eksklusif dan tak terlalu ramai, Plaza Indonesia selalu menjadi tempat favorit saya. Bahkan, karena sejak dulu aktivitas berbelanja banyak dihabiskan di sini, saya akhirnya memilih Plaza Indonesia sebagai salah satu tempat untuk membuka toko dan mengembangkan bisnis pakaian saya.”
Pengalaman berbelanja yang berbeda juga menjadi nilai lebih yang ditawarkan Plaza Indonesia. Seperti diungkapkan Eko Wibowo (39), salah seorang anggota Privilege Card Plaza Indonesia yang berprofesi sebagai pengacara.
“Jumlah tenant banyak dan variatif, dan suasana yang enak, adalah keunggulan Plaza Indonesia. Apalagi banyak brand eksklusif di sini yang semakin mewarnai shopping experience saya,” sebutnya.
Apresiasi perjalanan 28 tahun
General Manager Marketing PT Plaza Indonesia Realty Tbk Zamri Mamat menyampaikan, “Sebagai pionir pusat perbelanjaan premium di Indonesia, kami bangga dapat berkontribusi dan menjadi bagian dari perkembangan ritel dan gaya hidup di Indonesia. Perjalanan 28 tahun ini tentu tidak lepas dari dukungan seluruh stakeholder dan customer setia. Oleh karena itu, tahun ini, kami akan memberikan apresiasi kepada seluruh pengunjung dengan menyelenggarakan banyak program setiap harinya.”
Dalam rangka memeriahkan anniversary ke-28, sepanjang Maret 2018 Plaza Indonesia menggelar serangkaian program selebrasi dengan tema 28 & Fabulous. Perayaan ini diadakan di dalam area mal setiap lantai, seperti program belanja berhadiah, pagelaran musik, kolaborasi bersama komunitas dalam tema “Jakarta Street Beat”, hingga Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) Spring/Summer 2018 yang akan berlangsung pada 19–23 Maret 2018.
“28 & Fabuluos” menjadi tema perayaan anniversary tahun ini sebagai gambaran komitmen Plaza Indonesia sebagai one-stop-destination bagi masyarakat di Indonesia. Tak hanya memberikan pengalaman berbelanja dan gaya hidup, tetapi juga menghadirkan program-program inspiratif, edukatif, dan menghibur.
Merepresentasikan kehidupan modern masa kini dengan memperkenalkan tren yang relevan terhadap kebutuhan gaya hidup, program “28 & Fabulous” akan memberikan kemeriahan sebulan penuh bagi seluruh pengunjung. Setiap harinya selama Maret 2018, perayaan ini akan diisi dengan program-program dan pengalaman berbeda.
Rangkaian program
Diawali Anniversary Surprise pada 3 Maret 2018, Plaza Indonesia menggelar diskon 28 persen di lebih dari 200 toko serta F&B outlets. Bagi anggota Plaza Indonesia Privilege Card akan mendapatkan triple points dengan memakai kartu kredit dan debit Bank BRI. Acara Anniversary Surprise juga akan dimeriahkan penampilan spesial Kahitna di La Moda, Level 1, Plaza Indonesia.
Uniknya, dalam program ini, Plaza Indonesia bekerja sama dengan tenant untuk menggelar program dan games yang unik, salah satunya 28th Anniversary Hunt. Para pengunjung dapat berbelanja di 5 toko favorit untuk mendapatkan stempel dengan total pembelanjaan minimal Rp 2,8 juta. Program ini berlaku untuk seluruh pelanggan dan berkesempatan memenangkan 28 jewelry vouchers masing-masing senilai Rp 5 juta.
Plaza Indonesia juga memberikan free cupcakes bagi 280 pengunjung pertama yang lahir pada Maret. Kegiatan Anniversary Surprise dilengkapi pula dengan menghadirkan instant photo print serta Teddy Bear dalam edisi terbatas, yang berada di Main Atrium Plaza Indonesia, Level 1.
Spesialnya lagi, bekerja sama dengan Maserati–Eurokars, Plaza Indonesia kembali menggelar shopping reward: Fabulous 28 Lucky Draw berhadiah Maserati Levante SUV. Program ini dimulai pada 1 Maret 2018- 31 Januari 2019 dan akan diundi pada Februari 2019.
Sekadar catatan, tahun lalu, dalam rangka memperingati HUT-nya yang ke-27, Plaza Indonesia mengadakan program belanja berhadiah Roaring 27 Grand Draw Maserati. Puncak program yang dapat diikuti oleh seluruh customer Plaza Indonesia mulai pada tanggal 11 Maret 2017 hingga 31 Desember 2017 ini adalah dilakukannya pengundian pada Rabu (21/2). Pemenang program tersebut mendapatkan 1 unit Maserati Quattroporte dari Plaza Indonesia dan Maseratti Eurokars.
Sebagai wujud komitmen dan konsistensi Plaza Indonesia mendukung perkembangan industri mode dan memajukan sektor ritel fashion, Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) Spring/Summer 2018 kembali digelar. Memasuki tahun ke-11, PIFW diadakan pada 19–23 Maret 2018 di The Warehouse, Level 5, dan akan mempersembahkan special curated show bertema “Kain”.
Senior Manager Event & Promotions, and Creative Services PT Plaza Indonesia Realty Tbk, Ria Juwita, menyampaikan, PIFW 2018 akan menggandeng 22 desainer yang terdiri atas label Indonesia dan internasional, serta dihelat kompetisi perancang muda yang digelar Harper’s Bazaar Indonesia yang akan memilih pemenang sebagai wakil Indonesia di ajang Asia.
”PIFW 2018 bertujuan mendukung kemajuan industri mode dan memperkenalkan koleksi dengan berbagai mood yang dapat menggambarkan kehidupan modern masyarakat Indonesia,” ujar Ria.
Tak ayal lagi, kepuasan dan loyalitas pelanggan menjadi kunci kesuksesan bisnis, termasuk ranah ritel dan pusat belanja, seperti Plaza Indonesia. Kepuasan itulah yang disampaikan Agnes Jennifer (31) pengunjung setia pusat perbelanjaan itu.
“Hingga saat ini, saya merasa Plaza Indonesia benar-benar care dengan customer-nya. Secara rutin, diadakan banyak event, seperti cooking class untuk anggota Privilege Card seperti saya, maupun program umum seperti sale dalam rangkaian ulang tahun Plaza Indonesia. Pendekatannya yang bagus dan beragam acara yang memanjakan customer, menjadi keunggulan Plaza Indonesia,” tukas Agnes. [IKLAN/AJG]
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 1 Maret 2018