Dalam dunia otomotif, sejumlah tipe kendaraan identik dengan jiwa muda. Kendaraan yang stylish dan sporty menjadi daya tarik, terlebih bagi kawula muda. Tak hanya penampilan, nilai tambah kendaraan semakin tinggi jika kendaraan tersebut irit konsumsi bahan bakar, fitur lebih aman, dan nyaman.

Kendaraan juga sering dianggap sebagai cer­minan yang mampu mewakili karakter sang pengguna. Melihat feno­mena ini, produsen kendaraan tidak tinggal diam, tetapi terus berlomba untuk memenuhi permintaan masya­rakat. Upaya yang dilakukan di antaranya dengan membuat desain kendaraan yang memikat. Contohnya, city car dengan tampilan trendi dan dapat menjadi sorotan publik saat melaju di jalanan.

Foto-foto dokumen Daihatsu.

Dengan upaya tersebut, harapan konsumen akan kendaraan yang mampu mewakili jati diri dapat terwujud. Daihatsu menjadi salah satu produsen yang secara berkesinambungan melaku­kan inovasi dan penyempurnaan dari produk-produk yang diciptakan. Semua dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang kian beragam, sekali­gus meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sebab itulah mengawali tahun 2018, Daihatsu sebagai spesialis produsen mobil kompak langsung tancap gas dengan meluncurkan All New Sirion yang tampil lebih stylish dan kekinian. Mobil kompak yang bertabur fitur ini diluncurkan pada hari ini, Selasa (13/2) di Mall Gandaria City, Jakarta.

Sirion hadir perdana 11 tahun lalu, April 2007. Kendaraan ini sudah mengalami full model change pada Juli 2011 dan minor change pada Februari 2015. Sirion generasi ke-3 ini hadir dengan fitur keamanan dan kenyamanan yang lebih lengkap sehingga semakin cocok sebagai sahabat muda Indonesia.

Keunggulan

All New Sirion mengalami perubahan signifikan pada sisi eksterior dan interiornya sehingga mobil ini tampil lebih stylish, nyaman, dan aman.

Tampilan stylish pada All New Sirion tercipta dengan disematkannya lampu utama LED, 15 inci polished alloy wheel, serta LED rear combi lamp. Untuk dapur pacu, mobil dambaan kawula muda ini menggunakan mesin baru 1NR-VE 1.300 cc Dual VVT-i. Hasilnya, performa Sirion menjadi lebih bertenaga tetapi tetap irit bahan bakar.

All New Sirion dilengkapi dengan push start/stop button disertai immobilizer, dan AC digital yang memudahkan pengemudi atau penumpang dalam mengatur suhu kabin sesuai keinginan. Tak hanya itu, kehadiran head unit layar sentuh 2-DIN yang dilengkapi sederet fitur, serta audio & phone handsfree steering switch, semakin menambah kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara.

Fitur keselamatan juga menjadi perhatian bagi Daihatsu agar pengemudi dan penumpang tetap nyaman dan tenang saat bepergian. Untuk itulah All New Sirion juga dibekali beragam fitur keselamatan seperti anti-lock brake system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD), serta vehicle stability control (VSC) yang berfungsi untuk mencegah oversteer dan understeer.

Fitur keselamatan lainnya yang terdapat pada kendaraan tersebut adalah front & side airbag pada empat titik, Isofix, dan seat belt reminder pada pengemudi dan semua penumpang. Dengan sederet fitur keselamatan ter­se­but, keamanan berkendara menggunakan All New Sirion semakin meningkat.

Varian dan harga

Untuk menjawab selera masyarakat yang beragam, Daihatsu menghadirkan All New Sirion dengan lima pilihan warna baru, yaitu lava red, icy white, mystical purple, glittering silver, dan peppermint green. Dengan hadirnya warna baru tersebut, calon konsumen dapat semakin leluasa ketika ingin membeli mobil idamannya.

Selain menyuguhkan pilihan warna yang beragam, Sirion terbaru ini juga tersedia dalam dua pilihan jenis transmisi, yaitu manual (M/T) yang dijual Rp 182.500.000 dan otomatis (A/T) yang ditawarkan dengan harga Rp 193.500.000. Upaya-upaya tersebut menjadi salah satu cerminan bentuk keseriusan Daihatsu dalam memanjakan dan memberikan kepuasan bagi Sahabat Daihatsu, khususnya kaum muda.

Jadi, masyarakat, terlebih yang berjiwa muda dan memiliki mobilitas tinggi, dapat semakin nyaman dalam beraktivitas dengan produk yang ditawarkan tersebut. Pun yang memiliki jiwa sporty dan mengedepankan unsur gaya, All New Sirion dapat dijadikan cerminan gaya hidup kaum urban.

Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR berharap, produk baru ini mampu menjawab kebutuhan masya­rakat, khususnya jiwa muda, dalam menjalani aktivitasnya.

“Kami berharap dengan diluncurkannya All New Sirion ini, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan kendaraan city car yang cocok untuk menunjang berbagai aktivitas, terutama bagi mereka yang berjiwa muda dengan mobilitas tinggi di perkotaan.” [IKLAN/*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Februari 2018.