Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran melantik dan mengambil Sumpah Janji Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, dan Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (30/11/2021).

Pergerakan gerbong pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kantor Gubernuran tersebut merupakan pelantikan pertama periode kepemimpinan Sugianto Sabran- Edy Pratowo, sejak dilantik 25 Mei 2021 lalu.

Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H Nuryakin dalam laporannya mengatakan, mekanisme pelantikan tersebut sudah melalui prosedur dan ketentuan yang berlaku, di antaranya persetujuan Kemendagri dan Komisi ASN, serta Baperjakat. Lebih lanjut Nuryakin menyebutkan, pelantikan dan rotasi pejabat dalam sebuah organisasi merupakan hal yang lumrah, dengan tujuan penyegaran dan pengembangan karier serta kompetensi.

pemprov kalteng

Para pejabat yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng Nomor 188.44/446/2021 Tanggal 30 November 2021 adalah sebagai berikut.

  1. Herson B Aden sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik
  2. Suhaemi sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia
  3. Muhammad Katma F Dirun sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat
  4. Leonard S Ampung sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan
  5. Hj Sunarti sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan merangkap Kepala Dinas TPHP
  6. Hamka sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup
  7. H Kaspinoor sebagai Kepala Bappedalitbang
  8. Lisda Arriyana sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah merangkap Plt Karo Umum
  9. Falery Tuwan sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran
  10. Saring sebagai Inspektur merangkap Plt Karo Hukum
  11. Ermal Subhan sebagai JFT Inspektur Tambang Ahli Madya pada Dinas ESDM
  12. Rivianus Syahril Tarigan sebagai JFT Pengawas Ketenagakerjaan Ahli Madya pada Dinas Nakertrans
  13. Yuren S Bahat sebagai JFT Perencana Ahli Madya pada Bappedalitbang
  14. Guntur Talajan sebagai JFT Pustakawan Ahli Madya pada Dinas Perpustakaan dan Arsip
  15. Ida Suharti Ningsih sebagai JFT Widyaiswara Ahli Madya pada BPSDM
  16. Brian Indrawan sebagai JFT Analis Kebijakan Ahli Muda pada Sekretariat DPRD
  17. Rihana sebagai JFT Penyuluh Pertanian Ahli Muda pada Dinas TPHP
  18. Anang Dirjo sebagai Sekretaris pada Badan Pendapatan Daerah merangkap Plt Kepala Badan
  19. Erlin Hardi sebagai Kepala Bidang pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, merangkap Plt Kadis
  20. Adiah Chandra Sari sebagai Kepala Bidang Kesenian, Tradisi dan Warisan Budaya pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, merangkap Plt Kepala Dinas
  21. Hj Mahumudah sebagai Kepala Bidang Distribusi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan
  22. Noor Halim sebagai Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, merangkap Plt Kepala Dinas
  23. Farid Wajdi sebagai Sekretaris pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, merangkap Plt Kepala Dinas
  24. Abraham Otnil sebagai Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  25. Aryawan sebagai Kepala Bidang Kelembagaan, Perkembangan Desa dan Pelayanan Sosial Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, merangkap Plt Kepala Dinas
  26. Murjani sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
  27. Rojikinnor sebagai Kepala Bidang kompetensi Teknis Umum dan Fungsional pada BPSDM
  28. Imakulata sebagai Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial pada BPSDM
  29. HA Syaifudi sebagai Kepala Bidang SMK pada Dinas Pendidikan, merangkap Plt Kepala Dinas
  30. Eka Aprilianty sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan
  31. Hana Pertiwi sebagai Kepala UPTD Pelayanan Teknologi, Informasi dan Komunikasi Pendidikan BTKIP pada Dinas Pendidikan
  32. Sutoyo sebagai Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu, merangkap Plt Kepala Dinas
  33. Ahmad Fahruka sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pelayanan Dasar pada Biro Kesejahteraan Rakyat, merangkap Plt Kepala Biro
  34. Ahmad Toyib sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan
  35. Lilis Suriani sebagai Kepala Bagian Tata Laksana pada Biro organisasi, merangkap Plt Kepala Biro
  36. Johni Sonder sebagai Kepala Bagian Protokol pada Biro Administrasi Pimpinan, merangkap Plt Kepala Biro
  37. Sawun sebagai Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga
  38. Iswahono sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga, merangkap Plt Kepala Dinas
  39. Daldin sebagai Kepala Bidang Aset dan Akuntansi Daerah pada Badan Keuangan dan Aset Daerah
  40. Atitis Anggraeni sebagai Kepala Bidang Anggaran Daerah pada Badan Keuangan dan Aset Daerah
  41. Yuyun Wahyudi sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Keuangan pada Sekretariat DPRD
  42. Hamdan sebagai Kepala Bagian Persidangan Perundang-undangan dan Kehumasan pada Sekretariat DPRD
  43. Tuty Sulistiowati sebagai Kepala Bidang Persandian pada Diskominfosantik
  44. Bintarno sebagai Kepala Bagian Bantuan Hukum pada Biro Hukum
  45. Diwung sebagai Kepala Badan Penghubung Prov Kalteng di Jakarta

pemprov kaltengSementara itu, Gubernur Kalteng juga menunjuk Pelaksana Tugas lainnya yakni Vent Christway sebagai Plt Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral; Linae Victoria Aden sebagai Plt Kepala Dinas P3A, Pengendalian Penduduk dan KB; Agus Siswadi sebagai Plt Kepala Dinas Kominfosantik; Yulindra Dedy sebagai Plt Kepala Dinas Perhubungan; H Sri Suwanto sebagai Plt Kepala Dinas Perkebunan; Luqman Alhakim sebagai Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip; Akhmad Husain sebagai Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; Riza Syahputra sebagai Plt Direktur Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei; Said Salim sebagai Plt Kepala Biro Ekonomi; Andi Arsyad sebagai Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalteng mengharapkan agar pejabat yang baru dilantik mampu membuat terobosan dan inovasi sesuai dengan tugas dan fungsi (tusi) jabatan yang diamanahkan.

“Membangun Kalteng, diperlukan pejabat yang mampu menciptakan inovasi dan terobosan besar dan luar biasa, tidak cukup dengan langkah yang biasa-biasa saja. Pejabat yang baru dilantik, akan dievaluasi 6 bulan ke depan, apakah mampu atau tidak,” tegas Sugianto.

Selanjutnya, Sugianto mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang diberikan dalam membantu Gubernur dan Wakil Gubernur untuk mewujudkan Kalteng Makin Berkah yang Bermartabat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dan sejumlah pejabat Pemprov Kalteng. [*]