Pada Kamis (6/2/2020), SD Tarakanita Gading Serpong menyelenggarakan festival budaya bertema “Budaya Tionghoa”. Pemilihan tema tersebut didasarkan karena sebagian besar siswa merupakan WNI keturunan Tionghoa. Diharapkan dengan adanya Festival Budaya Tionghoa ini, para siswa semakin bisa menghargai dan mencintai keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

Foto-foto: dok. SD Tarakanita Gading Serpong.

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan tersebut, para siswa terlibat mulai dari persiapan sampai akhir acara. Persiapan dimulai dengan pembuatan lampion yang menjadi salah satu ciri khas budaya Tionghoa. Para siswa juga terlibat untuk mempersiapkan acara kegiatan festival budaya dengan berlatih menari dengan tema seni Tionghoa.

Acara festival budaya dibuka dengan pemukulan alat musik oleh Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Wilayah Tangerang Suster Thereseta Emi Suwastini CB. Dilanjutkan dengan tarian dari seluruh siswa, dimulai dari tari lampion, tari saputangan, tari pita, tari kipas, tari payung, tari tongkat Kungfu, tari gong xi fa cai, hingga tari caping. Setelah tarian, para siswa menyaksikan penampilan barongsai dilanjutkan pemberian angpau kepada para pemain barongsai.

Kegiatan festival budaya ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba, yaitu lomba fashion show, mewarnai, lomba karaoke lagu Mandarin, dan lomba dance dengan tema budaya Tionghoa. Acara ditutup dengan tarian kolosal dari seluruh siswa. [*]

Leave a Response