Gaya HidupTeknologi

Cintai Keluarga, Cintai Bumi dengan Beralih ke Digital

Karin Zulkarnaen – Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia mensosialisasikan kampanye Cintai Keluarga Cintai Bumi di Kidzania, Jakarta.

Walaupun sudah menggunakan perangkat digital, kita tetap tidak bisa melepaskan diri dari kertas. Sayangnya, ketergantungan akan kertas menimbulkan masalah lingkungan yang efeknya bisa berimbas negatif pada anak dan keluarga kita.

Secara tidak sadar, kita telah menghasilkan 17.000 ton sampah kertas per harinya di Indonesia. Sampah ini bergabung dengan sampah-sampah lain yang belum terolah oleh bumi. Tidak hanya itu, konsumsi kertas kita menyumbang efek buruk bagi kelestarian hutan. Tercatat, dunia kehilangan 1.732,5 hektar hutan setiap jamnya karena pohonnya ditebang untuk bahan baku kertas.

Inilah yang dilakukan oleh Allianz Indonesia. Menyambut Hari Pelanggan Nasional (4 September) dan World Clean Up Day (21 September), Allianz Indonesia mengajak masyarakat untuk ikut serta merawat lingkungan untuk keberlangsungan kehidupan manusia melalui program Cintai Keluarga, Cintai Bumi. Salah satu caranya adalah dengan berkomitmen menanam satu pohon untuk setiap ePolicy yang diterbitkan.

ePolicy adalah polis asuransi berbentuk digital yang bisa disimpan di dalam dokumen elektronik nasabah. Jadi, kita tidak perlu lagi menyimpan kertas atau memenuhi tong sampah dengan kertas.

Tahukah Anda bahwa satu polis asuransi terdiri dari minimal 26 lembar kertas. Sementara itu, untuk menghasilkan 8.333 lembar kertas HVS, 1 pohon harus ditebang. Inilah salah satu bentuk nyata Allianz untuk melindungi nasabah dan keluarga, serta lingkungan, tidak hanya menghadirkan produk proteksi jiwa.

Kegiatan parenting talkshow bersama Firesta Farizal (psikolog anak dan keluarga), Mona Ratuliu (public figure), Hadi Sukmono (Product Development Allianz Life Indonesia).(Foto-foto: Dok Allianz)

Dalam program ini, masyarakat berkesempatan juga mengikuti undian berhadiah untuk periode 1 Agustus – 30 September 2019. Caranya, cukup membeli polis asuransi hingga 30 September dengan layanan Allianz Discover melalui agen, nasabah akan mendapatkan 1 kupon undian. Nasabah mendapatkan 1 kupon tambahan jika memilih polis elektronik.

Akan ada 1 kupon tambahan lagi jika membeli asuransi kendaraan, rumah, perjalanan, kecelakaan diri, atau perlindungan usaha. Pengundian pemenang akan dilakukan pada 25 Oktober 2019. Hadiah yang tersedia, antara lain iPhone XS, Samsung S10, notebook Acer, dan voucer belanja.

Selain itu, masih ada kegiatan lainnya yang digelar, seperti customer event di Kidzania Jakarta pada 1 September 2019. Hadir 600 anak dan orangtua untuk mengikuti permainan keluarga, talkshow parenting, dan Allianz Smart Plan-board games Financial Planning.

Solusi digital menyeluruh

Komitmen ini tidak berhenti pada ePolicy saja. Allianz Indonesia pun menghadirkan ekosistem digital dalam kesehariannya. Inisiatif digital ini tidak hanya untuk mengurangi konsumsi kertas, tetapi juga menjawab beberapa kebutuhan nasabah, antara lain kemudahan dan keamanan nasabah serta keluarganya.

Inisiatif digital ini merupakan solusi bagi beberapa kebutuhan nasabah yang mendasar. Pertama, soal mencari kesesuaian produk asuransi untuk nasabah dan keluarganya sampai tepat sasaran dan menjawab kebutuhan nasabah. Bisa dibayangkan, berapa banyak kertas yang harus dicetak untuk memperlihatkan ilustrasi dari beberapa produk.

Dengan Allianz Discover, nasabah bisa melakukan konsultasi secara interaktif dengan tenaga pemasar untuk menentukan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan. Di situ, Anda bisa melihat ilustrasinya hingga mengajukan aplikasi langsung untuk pengajuan perlindungan jiwa dan kesehatan.

Sementara itu, Allianz juga menyediakan AZnet Portal untuk kebutuhan produk kendaraan, usaha kecil, dan properti. Semua ini dihadirkan untuk konsumen yang menginginkan kenyamanan dan kemudahan dalam berasuransi.

Kegiatan Allianz Smart Plan – Board Games Financial Planning di Kidzania ,Jakarta. Bertujuan untuk mengajak para peserta belajar mengenai perencanaan keuangan dengan cara menyenangkan.

Lebih lanjut, persetujuan per­lindungan asuransi yang kadang membutuhkan waktu lama dan membuat nasabah tidak sabar untuk mengetahui hasilnya. Dengan expert underwriting system (EUS), proses seleksi risiko dilakukan dengan transparan dan sesuai standar sehingga calon nasabah akan memperoleh keputusan dalam hitungan menit saja.

Allianz Indonesia memahami ke­sibukan nasabah. Agar memu­dahkan dalam bertransaksi polis, pembayaran premi, maupun me­ngurus klaim ke­sehatan, Allianz menghadirkan Allianz eAZy Connect agar seluruh informasi polis dapat diakses melalui website dari mana pun kapan pun. Nasabah dapat melakukan transaksi dari rumah, mobil, tempat kerja, dan di manapun, tanpa perlu datang langsung ke kantor Allianz. Untuk aktifasi dan transaksi di Allianz eAZy Connect, nasabah juga akan mendapatkan kupon undian.

Sedangkan untuk mempermudah pembayaran premi, Allianz eAZy Payment memberikan kemudahan itu. Nasabah bisa membayar premi di mana saja dan kapan saja. Caranya pun beragam, antara lain dengan debit atau kredit dari bank apa pun yang berjaringan Visa, Master, JCB, dan Amex. Bahkan, sekarang, pembayaran bisa dilakukan dengan BCA Klik Pay dan Go-Pay.

Untuk semua transaksi pembayaran premi, nasabah juga mendapat­kan point reward berupa Allianz Smart Point. Poin ini bisa ditukarkan langsung dengan berbagai rewards seperti voucer belanja, voucer nonton, voucer makan, dan beragam voucer lainnya, sesuai keinginan nasabah. Saat ini, benefit ini juga tersedia untuk calon nasabah yang ingin menikmatinya, sebelum menentukan pi­lihan Asuransi yang tepat. Allianz Smart Point dapat diunduh di Google Play dan App Store.

Bersama Allianz, ayo, gunakan layanan digital untuk ikut melestarikan bumi dan melindungi keluarga kita. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi website www.allianz.co.id/CintaiKeluargaCintaiBumi.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 4 September 2019.

Leave a Response