Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjalin hubungan dengan mitra bisnis. PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari, yang mengusung moto “Tumbuh Bersama”, terus berusaha mengembangkan layanan bisnisnya dengan merangkul para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang merupakan pengguna tepung terigu Bogasari.

Bogasari terus mendekatkan diri dengan UKM dan menjadikan mereka sebagai UKM mitra binaan. Para UKM yang tergabung di dalam Bogasari Mitra Card (BMC) mendapatkan kesempatan untuk meraih ratusan hadiah atas loyalitas mereka menggunakan tepung terigu Bogasari sebagai bahan baku produknya. Hadiah tersebut dibagikan dalam acara Gelegar Hadiah BMC 2017 tahap 2 yang diadakan di sela-sela pelaksanaan Bogasari Expo 2017 pada Jumat (8/12) lalu di Atrium Jogja City Mall, Yogyakarta.

Dalam Gelegar Hadiah BMC 2017 ini, Bogasari menyiapkan ratusan hadiah, mulai dari 5 paket perjalanan wisata, 60 koin emas, 10 sepeda motor, 150 smartphone, 20 laptop, dan 190 handmixer. Menurut Beatrix Soedibyo, Manajer SME & BBC Development, Bogasari setiap tahun mengadakan dua kali undian Gelegar BMC bagi para UKM binaan Bogasari sebagai bentuk loyalitas mereka.

Pada tahap kedua ini, 5 UKM yang beruntung mendapatkan hadiah berupa paket wisata rohani atau umroh, yaitu Roti Ibu Narjas dari Jakarta Timur, Mie Aceh Jamil dari Medan, Martabak Ibu Siti dari Serang, Hakiki Bakery dari Kupang, dan Cahaya Nikmal dari Samarinda.

Manfaat

BMC adalah program kemitraan yang diluncurkan Bogasari pada 2002. Banyak manfaat yang didapat para UKM dengan menjadi anggota BMC, antara lain pelatihan di Bogasari Baking Center (BBC), marketing, manajemen usaha dan masih banyak lagi. Manfaat lainnya, rekomendasi kredit mikro dari dunia perbankan, hadiah langsung berupa uang tunai yang dibayarkan setiap periode, langganan gratis majalah bulanan Wacana Mitra yang berisikan beragam edukasi.

Khusus mengenai asuransi, setiap anggota BMC diikutsertakan dalam program perlindungan asuransi. Tiap perlindungan berbeda untuk setiap kategori, untuk UKM dengan kategori keanggotaan Platinum berhak atas jaminan asuransi kebakaran, kecelakaan diri, dan rawat inap. Untuk kategori Gold, sejak 15 April 2016, pemegang kartu ini sudah bisa memanfaatkan perlindungan yang sama dengan kategori platinum, yaitu kebakaran, kecelakaan diri, dan rawat inap. Sementara itu, UKM pemegang kartu BMC kategori Silver mendapatkan perlindungan kecelakaan diri dan kebakaran.

Dalam rangka meningkatkan potensi usaha para UKM, berbagai edukasi juga dilakukan Bogasari, termasuk dalam rangka menghadapi persaingan seiring dengan diberlakukannya Masyarakart Ekonomi Asean (MEA). Bahkan, kini Bogasari sudah mulai memanfaatkan teknologi internet untuk mempermudah akses UKM terhadap Bogasari, antara lain dengan mengakses situs web www.bogasari.com melalui komputer maupun telepon seluler.

Melalui teknologi yang sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat tersebut, para UKM semakin mudah dan praktis untuk melakukan pindai kupon, pengecekan point reward, dan penukaran poin BMC secara daring. Poin BMC ini menjadi dasar para UKM anggota BMC untuk diikutkan dalam Gelegar Hadiah BMC. Untuk mendaftar menjadi anggota BMC, cukup membuka situs web www.bogasari.com atau mengunduh aplikasi mobile di Play Store. [*]

Foto dokumen Bogasari.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 12 Desember 2017

Tags : Bogasari
Kompas Adv
Advertising division of Kompas Daily Newspaper, the largest national newspaper in Indonesia. All content are published in printed newspaper.

Leave a Response