Dalam upaya mendukung perkembangan wirausaha kreatif di Indonesia, sejak 2016 mal daring Blibli.com menyelenggarakan kompetisi Blibli.com Big Start Indonesia (BBSI). Untuk Season 4 yang berlangsung tahun ini, Blibli.com baru saja mengumumkan pemenang kompetisi bergengsi ini.

Pengumuman pemenang itu dilakukan pada acara malam penganugerahan BBSI Season 4 yang berlangsung di IDEAFest 2019, Sabtu (5/10/2019). Keenam pemenang dari kategori fashion, kuliner, kriya, serta kesehatan dan kecantikan itu mengalahkan 8.900 peserta dari seluruh Indonesia dan mendapatkan hadiah dengan nilai total Rp 1,3 miliar.

Amadeus Pribowo, pendiri Cahaya Naturals, menjadi pemenang pertama yang mendapatkan hadiah senilai Rp 500 juta. Cahaya Naturals bergerak di bidang produk perawatan kulit dengan bahan baku minyak alami yang sudah terbukti secara ilmiah. Bahan yang digunakan, contohnya minyak tamanu (nyamplung) yang diproduksi UMKM di Jawa Tengah dan butter tengkawang dari komunitas Dayak di Kalimantan Barat.

Pemenang kedua sampai keempat adalah Muhammad Nur Rijaldi (pendiri Mango Day) yang meraih Rp 300 juta, Elsana Bekti Nugroho (pendiri Arane) yang mendapatkan Rp 200 juta, dan Ilham Pinastiko (pendiri Pala Nusantara) dengan hadiah Rp 100 juta. Selain pemenang-pemenang utama, Vica Mardika Wong (pendiri Kemayu) memenangi kategori Favorite Winner dan dengan demikian mengantongi Rp 50 juta.

Tahun ini, Blibli.com memperkenalkan kategori baru, yaitu Editor’s Choice Award, yang penjuriannya dilakukan oleh para editor hingga editor in chief dari beberapa media. Pemenang kategori ini diraih Lidya Angelina Rinaldi, pendiri La Dame in Vanilla, yang mendapatkan hadiah senilai Rp 50 juta.

Dukung wirausaha kreatif

CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengatakan, “Blibli.com Big Start Indonesia adalah bentuk komitmen kami dalam mendorong perkembangan wirausaha kreatif yang menjadi mesin dari pertumbuhan industri kreatif. Para pemenang BBSI Season 4 mewakili pengusaha kreatif dengan produk paling inovatif yang didukung oleh strategi bisnis yang sangat tajam. Dengan demikian, mereka memiliki potensi besar untuk menjadi pemain yang kuat di pasar lokal serta merambah pasar internasional, yang kedua hal ini juga menjadi penilaian penting di BBSI 2019.”

BBSI Season 4 telah melalui berbagai fase hingga akhirnya memilih enam pemenang. Kompetisi yang sudah terlaksana sejak 2016 ini membuka pendaftaran selama Juni–Agustus 2019 dan mengumpulkan 8.900 pendaftar. BBSI Season 4 mengurasi para pendaftar pada bulan September menjadi Top 100, lalu dipilih lagi hingga Top 20.

Blibli.com bekerja sama dengan perwakilan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Catalyst Arts Indonesia, dan keempat juri dari setiap kategori untuk mencari para pemenang utama. Keempat juri itu adalah Masterchef Indonesia Rinrin Marinka (kuliner), Founder IKAT Indonesia Didiet Maulana (fashion), Co-Founder SASC Priscilla Pangemanan (kesehatan dan kecantikan), dan Founder Jakarta Vintage Luthfi Hasan (kriya).

Para peserta Top 20 mendapatkan pelatihan kewirausahaan selama sepekan dalam Mentorship Week dari para juri dan mitra BBSI Season 4. Para mitra BBSI Season 4 tahun ini adalah Kementerian Perindustrian, Universitas Prasetiya Mulya, BCA, Google, AXA, Kontrak Hukum, JNE, Co-Founder Inspigo Yoris Sebastian, dan Director of Coaching MAESTRO Consulting-Coaching-Communicating Handoko Wignjowargo.

Setelah kompetisi berakhir, semua pemenang dan pengusaha kreatif yang masuk ke Top 100 akan terus mendapatkan pelatihan serta pendampingan dari Blibli.com melalui Galeri Indonesia, kategori khusus untuk pengusaha kreatif dengan produk lokal. Dukungan ini merupakan komitmen jangka panjang Blibli.com untuk terus mendorong perkembangan usaha kreatif dan produk lokal Indonesia. [IKLAN/*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 8 Oktober 2019.

Leave a Response