“Tiada cinta yang lebih tulus dibandingkan cinta akan makanan,” demikian penulis Irlandia George Bernard Shaw pernah berujar. Ya, mencecap makanan yang lezat selalu membangkitkan kegembiraan bagi siapa saja yang menikmatinya. Begitu gembiranya seperti halnya orang yang sedang dilanda cinta.
Uniknya lagi, tak hanya membuat bahagia, dari sebuah hidangan yang tersaji kita bisa mengenal lebih dekat budaya sebuah bangsa. Maka, kredo yang mengatakan makanan merupakan bagian dari identitas bangsa, menjadi hal yang niscaya terjadi saat ini.
Keberagaman rasa makanan lokal dan internasional, kini bisa dengan mudah Anda nikmati. Apalagi sekarang, kuliner telah berubah menjadi industri gaya hidup dan bagian dari perkembangan industri kreatif yang mengedepankan nilai-nilai kreativitas, estetika, tradisi, dan budaya.
Sebagai salah satu langkah konkret memperkenalkan keberagaman rasa kuliner dunia, Plaza Indonesia berkomitmen menjadi salah satu destinasi kuliner terbaik. Mulai dari cita rasa tradisional yang memperkenalkan kuliner sebagai bagian dari budaya hingga sajian menu-menu modern.
Salah satu komitmennya diwujudkan melalui program Flavors of The World yang berlangsung sepanjang November 2017. Program tersebut melibatkan puluhan F&B outlet Plaza Indonesia untuk menyuguhkan menu-menu spesialnya dan berpartisipasi aktif dalam menjalankan beragam agenda program.
Food destination
General Manager Marketing PT Plaza Indonesia Realty Tbk Zamri Mamat menjelaskan, sebagai bagian dari subsektor industri kreatif, kuliner merupakan industri yang memiliki kontribusi besar bagi perkembangan ekonomi khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
“Sebagai pusat ritel terdepan di Indonesia, Plaza Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan potensi tersebut. Melalui program Flavors of The World, kami berpartisipasi dalam mempromosikan keberagaman kuliner dunia, memberikan pengalaman bagi konsumen akan cita rasa, serta meningkatkan nilai produk,” tutur Zamri.
Melanjutkan penjelasan Zamri, Marketing Communication, PR & Digital Senior Manager PT Plaza Indonesia Realty Tbk Astri Abyanti Permatasuri turut menerangkan, “Lewat program Flavours of The World, kami ingin mengangkat semua keunggulan F&B outlet dan mengajak mereka untuk berinovasi mempertahankan pelanggan dan mendapat konsumen baru. Di sisi lain, program ini juga membantu meredefinisikan bahwa Plaza Indonesia merupakan food destination yang dicari masyarakat urban, dengan keberagaman rasa yang ditawarkan oleh seluruh F&B outlet di sini.”
Pembukaan rangkaian acara Flavors of The World telah diadakan pada Jumat (3/11). Bersamaan dengan seremoni pembukaan, di hari itu diadakan pula kegiatan food testing dan food display berisi 50 menu khusus, serta photo competition. Rangkaian acara diadakan khusus untuk para anggota Plaza Indonesia Privilege Card, media, dan food blogger.
Sore itu, Function Hall Plaza Indonesia yang menjadi tempat food testing dan food display diramaikan oleh pengunjung antusias untuk mencicipi makanan dan minuman spesial persembahan dari 33 F&B outlet.
Seperti halnya yang dirasakan kakak beradik Angel Susinto (29) dan Agnes Susinto (24). “Acara food testing ini seru karena kami bisa mencoba aneka rasa dari kuliner dunia. Makanan yang saya jagokan adalah fried fish dengan sambal jimbaran dari Seribu Rasa,” ucap Angel.
Sementara itu, saat food testing, Agnes justru lebih memilih menu spesial Samwon Garden sebagai favoritnya. Menu yang terdiri atas bulgogi, japchae, dan mushroom cream croquet dinilai sangan enak bagi sang adik.
Bagi penikmat kuliner Indonesia, ajang food testing bisa menjadi cara seru untuk bisa mencicipi aneka menu spesial dari Nusantara. Rosma Suhardi (35) mengungkapkan antusiasmenya, “Saat sesi icip-icip, saya langsung jatuh hati dengan sop buntut dari Immigrant. Rasanya segar banget. Acara ini tentu amat berguna untuk menemukan tempat makanan favorit baru di Plaza Indonesia, tentunya yang menyajikan hidangan Indonesia yang lezat.”
Senada dengan Rosma, Agnes Jennifer (30) beranggapan, food testing menjadi cara positif yang dilakukan Plaza Indonesia. “Ini menjadi sebuah bukti jika Plaza Indonesia sangat care dengan customer-nya. Saya amat terbantu karena mendapat kesempatan lebih mengenal lagi beragam F&B yang ada,” ujar Agnes.
Di antara banyak motivasi bagi orang untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan, hang out dengan teman sekaligus bertualang kuliner menjadi salah satu agenda favorit, seperti yang dilakoni Vina Yulita (24).
Vina mengungkapkan, “Plaza Indonesia masih menjadi mal favorit, karena tempatnya yang nyaman, bersih, dan ambience yang elegan. Di sini, referensi makanan pun lengkap. Jadi, saya sudah tahu tujuan tempat makan, sesuai dengan kebutuhanku saat itu. Misal lagi ingin makan sushi, saya pasti memilih Sushi Tei. Sedangkan kalau mau hang out berlama-lama, Cork&Screw menjadi opsi.”
Tak dimungkiri, keberagaman tempat makan menjadi daya tarik mal. Hal itu diakui Monica Suteja (27) yang menganggap tempat makan di Plaza Indonesia itu beraneka ragam. “Saya senang mencoba aneka makanan di sini. Plaza Indonesia sudah seperti second home saya, karena lingkungannya pun nyaman. Aneka varian makanan dari Jepang, Korea, western, chinese food, dan Indonesia tersedia. Sejauh ini, untuk tempat makan favorit bersama keluarga, saya memilih Eight Treasures dan Taste Paradise,” pungkasnya. [AJG]
Foto-foto Iklan Kompas/E. Siagian
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 8 November 2017