Pengguna sosial media yang semakin meningkat memperlihatkan perubahan luar biasa dalam segi wisata. Kini, berwisata bukan lagi menjadi “barang mewah”, makin tingginya jumlah wisatawan membuat banyak biro perjalanan, maskapai penerbangan, dan hotel berlomba menghadirkan beragam promo wisata dengan destinasi yang unik dan harga kompetitif.

Beragam promo wisata yang lebih menarik pun lebih banyak ditemukan di acara-acara pameran perjalanan atau travel fair. Di travel fair, pengunjung bisa mendapatkan harga perjalanan ke destinasi wisata impian dengan lebih terjangkau. Salah satunya bisa ditemukan di acara travel fair terbesar di Indonesia, Astindo Travel Fair. Astindo Travel Fair 2018 akan berlangsung pada 2–4 Maret. Travel fair ini akan diselenggarakan di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Beragam promo dan destinasi wisata

Ketua Astindo Elly Hutabarat menyampaikan bahwa sejak penyelenggaraan Astindo Travel Fair pertama kali pada 2011, industri pariwisata telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Di antaranya destinasi yang semakin beragam, obyek pariwisata dan sarana pendukungnya, serta pertumbuhan hotel dan resor, airlines, dan cruise line yang mampu menarik pengunjung datang ke Astindo Travel Fair.

“Bersama-sama dengan mitra kerja dan stakeholder, kami secara berkelanjutan menyelenggarakan Astindo Travel Fair dan berkomitmen agar travel fair ini dapat menjadi ajang pameran wisata yang terdepan dan terlengkap di Indonesia. Hal ini diharapkan mampu menjadi referensi terbaik bagi masyarakat di Indonesia dalam merencanakan perjalanan wisata, baik domestik maupun internasional,” jelas Elly.

Selain itu, lanjut dia, momen ini mampu mengakomodasi kebutuhan pelaku industri pariwisata dan semakin banyak menampilkan destinasi wisata internasional dan domestik serta mendukung kemajuan industri pariwisata di Indonesia karena Indonesia memiliki aset pariwisata yang sangat potensial.  Ia mengaku bangga bahwa Astindo Travel Fair tahun telah memasuki tahun penyelenggaraannya yang ke-8.

Ketua Panitia Astindo Travel Fair 2018 Rudiana menambahkan, lahan pameran Astindo Travel Fair 2018 di  Assembly Hall, JCC, akan diisi oleh 150 booth yang terdiri atas pelaku industri pariwisata dan pendukungnya serta badan promosi pariwisata internasional dan domestik yang merupakan peserta pameran Astindo Travel Fair 2018.

“Tahun ini kami menargetkan jumlah pengunjung Astindo Travel Fair di Jakarta sebanyak 150.000 orang selama tiga hari penyelenggaraannya, dengan transaksi penjualan (sales volume) sekitar Rp 200 miliar atau naik sekitar 24 persen dibanding tahun lalu. Nilai transaksi ini diperoleh dari penjualan tiket (ticket issued) rute internasional dan domestik serta paket-paket wisata,” papar Rudiana.

Rudiana menambahkan, selama Astindo Travel Fair berlangsung sejumlah badan promosi pariwisata (NTO) internasional dan domestik akan hadir untuk mempromosikan dan memberikan informasi terbaru tentang destinasi pariwisatanya kepada seluruh pengunjung, di antaranya India,  Korea,  Sri Lanka,  Peru, Dubai, Macao, Sarawak, Jepang, Thailand, Turki, Taiwan, serta Badan Promosi Pariwisata Daerah. Tak hanya itu, mereka juga akan menambah semarak perhelatan ajang ini dengan menyajikan pertunjukan seni dan budaya.

Pengunjung juga dapat membeli paket liburan, paket khusus, dan tiket penerbangan dengan harga promosi sesuai dengan destinasi pilihan masing-masing. Selain itu, mendapat referensi liburan hemat.

“Ada 16 maskapai ternama akan hadir di pameran ini untuk memberikan penawaran harga tiket dengan destinasi populer mancanegara dan domestik, yakni All Nippon Airlines (ANA), Cathay Pacific, China Airlines, EVA Air, Etihad Airways, Ethiopian Airways, Garuda Indonesia, Korean Air, Oman Air, Qantas Airways, Qatar Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Sriwijaya Air, Thai Airways International, dan Turkish Airlines,” terang Rudiana.

Penyelenggaraan Astindo Travel Fair 2018 didukung oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, anggota Astindo serta industri pendukung lainnya, di antaranya BCA sebagai bank partner yang akan memberi penawaran menarik bagi pemegang kartu kredit BCA berupa cash back,  cicilan BCA 0 persen, dan 2 kali KrisFlyer miles.

Pendukung lainnya adalah Sompo Insurance sebagai insurance partner yang menawarkan asuransi perjalananan gratis bagi pengunjung yang membeli tiket pesawat untuk perjalanan internasional dan domestik selama pameran berlangsung. Astindo Travel Fair 2018 juga didukung oleh sejumlah media nasional dan Pacto Convex sebagai event organizer. Informasi lebih lanjut kunjungi www.astindofair.com. [IKLAN/*/ACH]

Foto-foto : dokumen Shutterstock.com

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 27 Februari 2018