Harian Kompas dalam perjalanannya selalu melibatkan berbagai pihak untuk saling membantu capai tujuan bersama. Salah satu pihak yang kini bekerja sama dengan harian Kompas adalah PT Transportasi Jakarta atau lebih dikenal dengan Transjakarta. Sebagai salah satu penyedia jasa transportasi umum terbesar di Indonesia, Transjakarta memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas masyarakat.

Pada 4 Desember 2019, harian Kompas berkesempatan untuk mengadakan momen apresiasi salesman harian Kompas yang beroperasi di berbagai titik halte Transjakarta. Diadakan setiap dua bulan sekali, acara ini juga dijadikan ajang evaluasi bagi para penjual koran. Evaluasi ini dilakukan berdasarkan penilaian etos kerja para salesman dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

Tidak hanya itu, mereka juga dituntut untuk mengembangkan kemampuan berjualan mereka untuk meningkatkan penjualan produk serta melayani calon penumpang yang butuh informasi jurusan kedatangan dan keberangkatan jurusan tertentu.

Bertempat di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, acara berlangsung ramai namun tetap kondusif. Product Sales Executive Harian Kompas Laurentius Nirmono membawakan sejumlah materi antara lain evaluasi kinerja salesman, motivasi dan tips sukses menjadi salesman, lalu ditutup dengan momen apresiasi salesman terbaik bulan ini.

Salah satu poin penting yang disampaikan oleh Nirmono adalah terus menjaga kejujuran sebagai seorang salesman. Dengan kata lain, bagaimana menjaga kejujuran dalam konteks jual-beli, kejujuran seorang penjual terhadap perusahaan, hingga kejujuran penjual terhadap harga jual produk. Selain itu, aktif dan komunikatif menjadi poin penting untuk meningkatkan penjualan produk.

Pada akhir acara, seluruh peserta tengah bersiap-siap mendengarkan pengumuman salesman terbaik bulan ini. Adapun kriteria salesman berprestasi yang berhak mendapat apresiasi, yaitu berhasil menjual minimal 95 persen produk yang dibawa.

Penghargaan salesman terbaik pun diberikan kepada tiga orang, yaitu Arif (Halte Transjakarta Harmoni 1), Syarif (Halte Transjakarta Bank Indonesia), dan Renita (Halte Transjakarta Patra Kuningan).

Leave a Response