Pengembangan ekosistem digital kini menjadi cara yang strategis untuk meningkatkan kualitas layanan perusahaan. PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) memperkenalkan pembaruan Allianz Discover, aplikasi digital yang memudahkan nasabah memilih jenis perlindungan yang paling sesuai.
Allianz Discover adalah aplikasi penjualan digital (digital sales app) untuk tenaga pemasar asuransi jiwa yang memungkinkan nasabah secara interaktif menentukan perlindungan sesuai kebutuhan. Digital sales app ini telah mengalami pengembangan sejak pertama kali diluncurkan pada 2015 sehingga tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengajukan surat permohonan asuransi jiwa secara daring (online), tetapi kini lebih mengutamakan customer journey.
Allianz Discover juga membantu tenaga pemasar Allianz mempersingkat proses penjualan. Kini Allianz Discover bisa digunakan oleh tenaga pemasar bersama dengan nasabah untuk mendapatkan pengalaman membeli asuransi tanpa hambatan.
Permasalahan
Sebelumnya ada dua permasalahan umum yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia yang menjadi nasabah asuransi, yaitu masih banyak nasabah membeli asuransi, tapi tidak mengetahui dan tidak mengerti secara detail produk yang mereka miliki, apakah sesuai atau tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Di samping itu, banyak juga nasabah membeli asuransi tapi tidak memahami dengan jelas apakah asuransi yang sudah mereka beli itu mencukupi kebutuhan mereka nantinya. Allianz Discover hadir memberikan solusi atas kedua permasalahan tersebut.
Dengan menggunakan Allianz Discover, baik tenaga pemasar dan nasabah bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di dalamnya untuk membantu menentukan jenis perlindungan apa yang paling sesuai. Allianz Discover menyediakan informasi kebutuhan finansial dan risiko, sehingga tenaga pemasar dapat mengajak nasabah untuk menentukan perlindungan asuransi sesuai yang dibutuhkan.
“Kami senantiasa berupaya untuk menyederhanakan proses penjualan dan membuat asuransi mudah dipahami bagi nasabah. Allianz Discover memberikan pengalaman membeli asuransi secara digital dan tanpa hambatan, baik untuk nasabah maupun tenaga pemasar. Termasuk di dalamnya penjelasan dan ilustrasi secara transparan mengenai risiko dan kebutuhan perlindungan asuransi. Allianz Discover akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan interaktif,” kata Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.
Hasil riset
Berdasarkan riset Accenture mengenai “Segmentasi Nasabah di Pasar Penting Asia”, dalam membeli produk asuransi calon konsumen yang termasuk di dalam segmen milenial, kelas menengah dan usia di atas 50 tahun melakukan riset produk, baik secara online dan offline. Ternyata sebanyak 46-57 persen calon konsumen memilih untuk membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan secara offline. Artinya, nasabah masih memilih untuk mendapatkan penjelasan secara langsung dari tenaga penjual.
Berangkat dari hasil riset inilah Allianz Discover lahir dan diharapkan akan memberi kemudahan bagi nasabah, di mana aplikasi ini merupakan gabungan dari solusi digital dan interaksi langsung antara tenaga pemasar dan nasabah, untuk memahami dan menentukan sendiri jenis perlindungan asuransi sesuai kebutuhan sebelum membeli produk.
Pengembangan aplikasi penjualan digital Allianz Discover ini selaras dengan strategi transformasi digital yang dilakukan perusahaan di ranah pelayanan, terutama pada titik pertemuan antara nasabah dan tenaga pemasar. Dengan menyediakan pelayanan peralatan pendukung, khususnya yang berbasis digital, Allianz memudahkan tenaga pemasar dalam melayani nasabah secara optimal sejak awal.
“Allianz menyadari di era digital ini, kebutuhan nasabah semakin dinamis dan serba cepat. Nasabah membutuhkan informasi perlindungan asuransi sebanyak dan secepat mungkin, tanpa menghilangkan relasi antar manusia karena tenaga pemasar kami akan dengan senang hati memberikan penjelasan dan membantu nasabah memahami perlindungan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya,” kata Ginawati Djuandi, Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia. [*]
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Februari 2019.