Pada 13 September 2018, YAI telah menyelenggarakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini menjadi salah satu langkah penting dalam menyiapkan mahasiswa yang bertanggung jawab dan mengembangkan potensi mereka secara komprehensif dan utuh yang didasarkan pada kemampuan serta keunikan masing-masing mahasiswa.

Kegiatan pengenalan kehidupan kampus YAI tahun ini mengusung tema “Pengenalan Kehidupan Kampus LPT YAI yang Dibingkai Nilai-Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika” pada Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman tentang esensi kehidupan mahasiswa dalam konteks budaya dan berbangsa yang diiringi dengan Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila.

Selain itu, pada kegiatan tersebut terdapat sosialisasi mengenai pencegahan dan bahaya penggunaan narkoba. Serta, penyampaian materi dari Polri mengenai wawasan kebangsaan berbasis nilai-nilai Pancasila bagi mahasiswa baru dalam memasuki perguruan tinggi. Tidak hanya mengenalkan mahasiswa baru ke dalam lingkungan kampus, Kampus YAI akan terus meningkatkan kualitas pendidikan agar membentuk mahasiswa yang cerdas dan berbudi pekerti luhur sehingga nantinya dapat bersaing di dunia kerja.

Foto-foto: dokumen YAI

Kegiatan pengenalan kampus menjadi salah satu agenda penting yang dhimbau oleh pemerintah sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 253/B/SE/VIII/2016 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menghimbau agar kegiatan pengenalan kampus diisi dengan materi wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penganggulangan dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam radikalisme dengan metode tepat. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbhkan keakraban di antara mahasiswa agar terjadi transfer informasi tentang pengembangan penalaran dan kreativitas mahasiswa, serta organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus.

Rektor Universitas Persada Indonesia YAI Prof Dr Ir H Yudi Julius MBA menyampaikan,Kampus adalah suatu wadah untuk pengembangan dan aktualisasi potensi intelektual. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa, tidak saja nantinya dilahirkan sebagai individu yang memiliki kompetensi akademik dan keahlian di bidang masing-masing dengan kemampuan kreatifitas dan inovasi yang tinggi, tapi juga lebih dari itu memiliki kompetensi lainnya yang sifatnya nonakademik.”

Tentang YAI

YAI sudah berkiprah di dunia pendidikan selama 45 tahun. Kampus ini terdiri atas Universitas Persada Indonesia YAI, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI, dan Akademi Akuntansi YAI. Universitas Persada Indonesia YAI yang dikenal dengan UPI YAI saat ini diusianya yang ke-33 tahun memiliki 20 program studi. Tujuh di antaranya memiliki peringkat Akreditasi A dan selebihnya Berperingkat B.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI yang dikenal dengan STIE YAI saat ini berusia sama 33 tahun dan hampir seluruh Program Studi D-III dan S-1 memiliki Peringkat Akreditasi A. Akademi Akuntansi YAI yang dikenal dengan AA YAI sudah berdiri sejak 40 tahun juga memiliki program studi yang Terakreditasi A. Saat ini, LPT YAI juga telah memiliki international class di bidang Akuntansi S-1 dan memiliki lulusan kelas internasional pertama pada wisuda tahun akademik 2015/2016 yang lalu.

Guna meningkatkan mutu akademik dalam proses belajar mengajar di lingkungan UPI YAI, maka hingga kini telah terjalin kerja sama antara UPI YAI dengan universitas luar negeri dan dalam negeri, instansi pemerintah, asosiasi profesi serta lembaga sertifikasi profesi baik luar negeri seperti CPA Australia maupun dalam negeri, seperti LSK TIK untuk Bidang Infromatika dan Komunikasi.

Kerja sama tersebut juga memberikan wahana bagi civitas akademika UPI YAI untuk melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, diharapkan peningkatan profesionalisme dan kompetensi mahasiswa UPI YAI dapat diraih. [*/ACH]

Tags : yai

Leave a Response