AdvertorialLembaga

UNOPS Mengirimkan Lebih dari 4 Juta Dollar AS Peralatan Medis untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia

Pandemi Covid-19 masih jauh dari selesai di Tanah Air. Bahkan, pada 3 Desember 2020, jumlah kasus baru harian nasional mencatatkan rekor sebanyak 8.369 kasus. Total akumulasi kasus dari awal Maret sampai saat ini tercatat telah melewati 557.877 kasus. Dari jumlah tersebut, 462.553 atau sebanyak 82,9 persen sembuh dan 17.355 atau sebanyak 3,1 persen meninggal dunia.

Masyarakat perlu menyesuai­kan diri dengan keadaan normal baru sembari menanti kesiapan vaksin dan jadwal vaksinasi. Masyarakat juga diharapkan tidak melalaikan protokol kesehatan dan tetap disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun. Sementara itu, ketersediaan peralatan medis dan obat-obatan untuk penderita Covid-19 terus diupayakan, bukan hanya oleh pemerintah tetapi juga melalui dukungan berbagai pihak, di antaranya UNOPS, lembaga PBB yang memiliki spesialisasi di bidang infrastruktur dan pengadaan.

Dengan bantuan dana dari Pemerintah Jepang, UNOPS mendukung Kementerian Kesehatan Indonesia melalui pengadaan peralatan medis dan obat-obatan. Bantuan kemanusiaan ini bertujuan memperkuat kualitas, efisiensi, dan kapasitas sistem kesehatan di Indonesia, baik di tingkat pusat maupun provinsi, serta menyelamatkan nyawa penderita Covid-19. Sampai dengan 13 Desember 2020, Indonesia tercatat memiliki jumlah kasus tertinggi di Asia Tenggara (611.631), yang menempati urutan pertama di Asia dan ke-17 di dunia.

Melalui layanan pengadaan yang cepat dan efektif meski dalam situasi yang kompleks, UNOPS mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan akses ke layanan kesehatan yang berkualitas selama pandemi Covid-19. Untuk proyek ini, UNOPS bertanggung jawab atas koordinasi dan penyediaan layanan logistik.

Penasihat Ekonomi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Kazuhiko Shimizu mengatakan, “Pandemi Covid-19 telah menjadi ancaman multidimensi dalam kehidupan ma­nusia. Atas dasar tersebut, Pemerintah Jepang menghargai kolaborasi global untuk melawan krisis ini dan menjalin kerja sama dengan UNOPS guna mengendalikan dan mencegah penyebaran penyakit yang didasarkan pada konsep keamanan manusia.”

Pengadaan tahap pertama

Sebagai hasil dari kerja sama ini, pengadaan tahap pertama berupa obat-obatan dan peralatan medis telah diserahkan kepada Kementerian Kesehatan untuk penanganan kasus terduga penderita Covid-19 atau pasien rawat inap yang telah dikonfirmasi positif.

Country Manager UNOPS di Indonesia Jolanda Jonkhart mengatakan, “Pengadaan peralatan medis dan obat-obatan ini akan mendukung sistem layanan kesehatan di Indonesia untuk secara efektif menanggulangi dan membatasi penularan Covid-19, serta memberikan bantuan dan perawatan segera bagi orang-orang yang terpapar.”

UNOPS mendukung respons kesehatan di seluruh dunia dan membantu negara-negara untuk mengatasi masalah sosial-ekonomi, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang terkait mitigasi Covid-19.
Bantuan ini adalah bagian dari program regional Covid-19 dengan nilai total lebih dari 29 juta dollar, AS yang dilaksanakan UNOPS di Kamboja, Laos, Indonesia, Myanmar, Afghanistan, Pakistan, Sri Lanka, dan Yerusalem. Program ini bertujuan mencegah dan mengobati kasus Covid-19 secara efektif dan tepat waktu serta memperkuat sistem kesehatan nasional. [*]

Tags : UNOPS