PT Uspace Asia Ventura (UnionSpace), penyedia office space terkemuka, resmi meluncurkan 7 cabang baru di 3 kota, yaitu Surabaya, Malang, dan Solo, pada 25 November 2024. Upaya ini merupakan langkah strategis mendukung pengembangan ekosistem UMKM dan profesional di Indonesia.
UnionSpace berkomitmen untuk memperluas jaringan dan mendukung pertumbuhan UMKM serta startup melalui fasilitas coworking, meeting room, virtual office, dan legal service berkualitas.
UnionSpace membuka dua lokasi berada di Surabaya, yaitu di kawasan Jemursari dan Suramadu, sebagai respons atas meningkatnya permintaan terhadap ruang kerja fleksibel di kota ini.
Sedangkan di Malang, UnionSpace hadir di Lowokwaru dan Sawojajar. Dan untuk di kota Solo di kawasan Sondakan, Manahan, dan Kepatihan. Dengan pemilihan lokasi yang strategis ini, UnionSpace optimistis dapat membantu mendorong pertumbuhan bisnis lokal serta mempertemukan para pelaku usaha dalam satu ekosistem terintegrasi.
“Kami menjalin kerja sama dengan para pelaku bisnis office space di setiap daerah untuk menciptakan produk yang sesuai dengan karakteristik daerah dan penentuan harga yang sesuai, sehingga kami dapat memberikan layanan berkualitas dengan harga kompetitif,” ungkap Chief Commercial Officer UnionSpace Ottapa Rusly.
Selain itu, Ottapa berharap, dengan kolaborasi bersama coworking space ataupun coffee space setempat, pihaknya dapat memberikan nilai tambah dari segi produk, manajemen, dan tentunya meningkatkan revenue dari para partner.
Potensi
UnionSpace melihat potensi besar di Surabaya, Malang, dan Solo, terutama dalam industri kreatif dan startup. Respons positif selama masa soft launching menunjukkan bahwa kebutuhan akan ruang kerja yang fleksibel semakin meningkat, dan UnionSpace siap menjawab tantangan tersebut.
“Kami percaya bahwa setiap kota memiliki dinamika unik, dan UnionSpace ingin menjadi bagian dari perkembangan itu. Dengan fasilitas dan layanan yang kami tawarkan, kami berharap dapat mendukung setiap pebisnis lokal dalam mencapai potensi maksimalnya,” ujar Head of Marketing UnionSpace Ghaldy Baldy Glend.
Pembukaan cabang-cabang baru ini membawa keunggulan melalui kerja sama dengan mitra lokal, memastikan harga yang kompetitif dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan lokal.
UnionSpace berharap pertumbuhan ini dapat meningkatkan pertukaran ide dan kebutuhan antar pelaku bisnis dalam ekosistem mereka di enam kota, memberikan akses yang lebih mudah bagi UMKM dan startup untuk mengembangkan usahanya.
Target
Dengan ekspansi ini, UnionSpace menargetkan pembukaan hingga 100 center di seluruh Indonesia dalam tiga tahun ke depan. Meskipun ekspansi ini bukan tanpa tantangan, kolaborasi yang solid antartim internal menjadi kunci sukses dalam menghadapi setiap rintangan. UnionSpace yakin bahwa dengan tim yang ada, target ini akan tercapai tepat waktu.
UnionSpace dan NextSpace terus berkomitmen untuk membangun ekosistem bisnis yang saling mendukung, dengan fokus pada pertumbuhan lokal yang berdampak pada pengembangan ekonomi secara makro.
Konsep virtual office, coworking, meeting room, dan legal service tetap relevan di tengah pemulihan ekonomi, dengan permintaan yang terus meningkat seiring dengan kesadaran akan pentingnya legalitas dan perpajakan usaha.
Dengan kehadiran cabang baru ini, UnionSpace berharap dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam industri penyedia ruang kerja yang flexibel, meningkatkan daya saing, serta memperluas komunitas profesional dan pengusaha di Indonesia.
UnionSpace terus mendukung inovasi dan produktivitas anggotanya, memberikan dampak positif bagi ekosistem bisnis dan ekonomi di berbagai kota.
“Pertumbuhan kami yang cukup agresif saat ini, merupakan hasil kerja sama dari kami dengan para pemilik properti. Kami mengoptimalkan properti milik partner kami untuk dapat menghasilkan lebih dari sekadar menyewakan propertinya. Dengan sinergi yang baik kami optimistis mampu mendeliver ruang kerja yang efektif dan efisien sekaligus membawa bisnis yang baik bagi member kami maupun partner kami,“ tutup Ottapa.