Penyelenggaraan UMKM Export BRILianPreneur 2019 telah berhasil mem­fasilitasi terjadinya kesepakatan sebanyak 23 kontrak pembelian dengan total dealing amount sebesar 33,5 juta dollar AS. Angka pencapaian ini melebihi ekspek­tasi yang ditargetkan pada awal business matching sebesar 25 juta dollar AS.

Ekspo yang diselenggarakan dalam rangka meme­riah­kan HUT ke-124 Bank BRI ini, dibuka Presiden RI Joko Widodo pada Jumat (20/12/2019) didampingi Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Men­teri BUMN RI Erick Thohir, Men­teri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto, Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. Acara ditutup Wakil Menteri BUMN RI Kartika Wirjoatmodjo pada Minggu (22/12) di JCC, Jakarta.

Selain apresiasi dari Presiden, acara ini mendapatkan animo yang sangat besar dari masyarakat. Diperkirakan jumlah pengunjung yang hadir hingga hari Minggu lalu mencapai lebih dari 16 ribu pengunjung.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan, acara ini di­se­lenggarakan sebagai bentuk apre­siasi Bank BRI kepada nasabah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan sebagai wujud kontribusi pem­berdayaan UMKM di Indonesia. Kegiatan ini disusun dengan konsep menarik dengan menghadirkan art installation showcase, business matching, UMKM expo, talkshow, coaching clinic, artist performance, barista competition, dan ditutup dengan UMKM Award.

“Kegiatan business matching yang diselenggarakan selama dua hari ini mempertemukan buyer luar negeri dengan UMKM BRI dan telah menghasilkan deal transaksi ekspor yang melebihi ekspektasi,” kata Sunarso, Minggu (22/12).

FOTO-FOTO DOK BANK BRI & IKLAN KOMPAS/ADI YUWONO

Hadirnya pembeli dari luar negeri diharapkan akan semakin membuka akses produk UMKM Indonesia ke man­canegara. Tercatat terdapat 74 pem­beli potensial yang datang dari 16 negara dari Amerika Utara, Ame­rika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia. Para pembeli tersebut di anta­ranya Media World Corporation Ltd, Hongkong; InterAromat B.V., Belanda; dan Contrast, Inc, Amerika Serikat.

Dalam prosesi one-on-one meeting di business matching, Bank BRI melakukan pendampingan kepa­da setiap pelaku UMKM yang melakukan proses negosiasi dengan buyer luar negeri. Sementara itu, sejumlah UMKM yang berhasil mendapatkan kontrak ekspor di antaranya UMKM binaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) seperti Minang Kayo, Bolu Ketan Mendut, Krispi Yummy Babeh, Mangga Taksa Astama, dan Sambal Inohong. Kegiatan ini adalah salah satu bukti nyata bahwa Bank BRI telah ber­hasil membuat UMKM binaannya naik kelas, khususnya untuk nasabah UMKM segmen mikro dan kecil sehingga dapat bersaing dengan produk di luar negeri dengan Go Export.

Hadirkan 155 UMKM

Pada perhelatan ini, Bank BRI menghadirkan 155 UMKM binaan yang berasal dari Aceh hingga Papua. Para UMKM ini membawa hasil karya dan produk unggulannya berupa craft, fashion, home decor, food, dan aneka kopi Nusantara untuk dipamerkan di art installation showcase yang dibuat menarik dan unik dengan nilai seni visual dan konsep story telling yang bertujuan untuk menambah value dari produk yang dipamerkan.

Konsep pameran Bank BRI kali ini memang dibuat berbeda dengan event sejenis lainnya. Di sini, pengunjung dapat membeli produk-produk UMKM lokal sekaligus diajak untuk bisa lebih mengapresiasi latar belakang dan proses dibalik pembuatan produk-produk UMKM melalui story telling yang dinarasikan di art installation showcase.

Di samping itu, pengunjung dapat menjumpai banyak spot foto yang keren dan Instagrammable di area showcase ini, sehingga juga cocok menjadi wisata keluarga pada akhir pekan. UMKM Expo yang digelar di lower ground Assembly Hall JCC juga tidak kalah padatnya dikunjungi pembeli. Volume transaksi selama 3 hari penyelenggaraan UMKM Expo mencapai lebih dari Rp 1 miliar.

UMKM Export BRILianPreneur 2019 ini merupakan sebuah langkah terobosan Bank BRI dalam menggelar ekspo produk UMKM, tidak hanya untuk promosi lokal, tetapi juga menjadi penetrasi UMKM ke pasar internasional yang diharapkan dapat turut membantu pemerintah dalam me­­ngurangi defisit transaksi berjalan melalui peningkatan ekspor oleh UMKM.

UMKM Award

Pada UMKM Export BRILianPreneur 2019 juga diseleng­garakan UMKM Award, yang terdiri atas 2 kategori, yakni UMKM Expo Terbaik dan UMKM Business Matching Terbaik. Pada kategori UMKM Expo Terbaik, juara 1 diraih oleh Ulos Sianipar, juara 2 Rendang Uniadek, dan juara 3 Semomondeezy.

Pada kategori UMKM Business Matching Terbaik, juara 1 diraih oleh Siger Jaya Abadi, juara 2 Sekar Laut, dan juara 3 diraih oleh Ketiara Coffe.

Dengan suksesnya acara ini, ke depan, Bank BRI akan kembali menyelenggarakan acara yang sama. Tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di beberapa wilayah potensial lain di Indonesia, dengan menargetkan lebih banyak UMKM lokal yang terlibat dan lebih banyak potential buyers yang datang dari luar negeri. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 28 Desember 2019.

Tags : BRIfeatured

Leave a Response