UM, agensi media global dalam jaringan IPG Media Brands, hari ini mengadakan acara tahunan Impact Day untuk yang ke-5 kalinya. Diluncurkan pada 2016, Impact Day bertujuan untuk memberikan dampak positif kepada lingkungan, komunitas, maupun kesehatan dan dilakukan serentak bersama semua tim UM di seluruh dunia.

“Homecoming” menjadi tema besar Impact Day tahun ini, untuk merayakan kembalinya aktivitas bekerja di kantor. Secara spesifik, UM Indonesia ingin mengampanyekan kesehatan mental yang lebih baik pada masa transisi dari WFH ke WFO saat ini. Macetnya jalanan Jakarta, tingginya polusi udara, hingga kekhawatiran saat pandemi tentunya membuat tingkat stres karyawan semakin tinggi.

Beberapa studi menunjukkan bahwa decluttering atau merapikan barang-barang yang tidak dipakai bisa membantu untuk menjernihkan pikiran, memperbaiki pola pikir, dan memberi dampak positif pada kesehatan mental seseorang.

UM Impact Day 2022 dimulai dengan sesi Instagram live bertajuk “Joy at Work: Cleaning, Decluttering, Healing” bersama Niken Suryo (pemilik @dirapihin) dan dipandu oleh Elgeen, presenter TV. Dalam sesi ini, Niken menjabarkan pentingnya “Pilih, Pilah, dan Kasih Rumah” sebagai kunci utama proses cleaning dan decluttering untuk proses healing yang efektif.

“Mulai dari hal kecil dan konsisten karena hal kecil itu bisa membawa perubahan ke hal yang lebih besar dan memberikan impact pada kehidupan kita, apalagi mental health kita,” kata Niken.

Kegiatan UM Impact Day berlanjut dengan aksi membersihkan dan merapikan meja kerja masing-masing dan karyawan UM langsung menerapkan tips dari Niken. Barang-barang yang tidak terpakai dikumpulkan dan dipilah untuk dikonversikan ke bentuk nilai rupiah oleh Duitin (waste management company). Seluruh pendapatan dari kegiatan ini termasuk dukungan dari partner media senilai total Rp 37.700.000 didonasikan kepada organisasi yang terkait kesehatan mental melalui platform Kitabisa.com.

“Setelah 2 tahun dilakukan secara virtual, akhirnya kita bisa mengadakan UM Impact Day secara offline tahun ini. Dimulai dari hal kecil seperti membereskan meja kerja, berlanjut ke lingkungan rumah dan sekitar, kegiatan kali ini diharapkan tak hanya memberikan dampak langsung pada kesehatan mental karyawan UM pada khususnya, tetapi juga bisa berkontribusi untuk lingkungan yang lebih besar secara umum,” ujar Ayu Damayanti, Business Director UM Indonesia.

Dimulai dari ruang kerja, UM Indonesia berharap aksi kecil ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk mulai membersihkan dan merapikan barang-barang di ruangan sendiri untuk membantu menjernihkan pikiran dan memberikan dampak positif pada kesehatan mental.

UM Impact Day 2022 juga bisa terwujud berkat dukungan dan sponsor dari partner UM, yaitu DS Media, City Vision, Emtek, MNC Group, ANTV, Trans Corp, Pops Entertainment, Grid Voice, Cinema XXI, INews, Prambors, VRadio, Gen Radio, Mustang, Radio, Hot Radio, Jak FM, Kis FM, Most FM, Motion, Bahana, Delta, Female, RDI, Global Radio, IDN Times, Kompas.com, InvestorDaily.com, Kontan.com, dan Adtree yang telah ikut berpartisipasi menyukseskan acara Impact Day 2022 ini. [*]