TwoSpaces Group berkolaborasi bersama dengan PT NEC Indonesia meluncurkan fitur Smart Check-in dan Smart Concierge sebagai bagian dari konsep Smart Living, dalam langkah nyata mendukung digitalisasi dan transformasi di industri hospitality Tanah Air.

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan pada cara kita hidup dan melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Setelah berjalan selama 33 bulan, pembatasan kegiatan masyarakat atau yang akrab disebut sebagai PPKM, akhirnya resmi dihentikan oleh Presiden Republik Indonesia pada 30 Desember 2022.

Dengan berakhirnya PPKM, perlahan tapi pasti, banyak aspek dan cara kita berkegiatan telah kembali berangsur normal. Salah satunya adalah kegiatan traveling yang menjadi penopang bangkitnya industri pariwisata Tanah Air.

Smart Check-in

Meski demikian, industri pariwisata yang terus menunjukkan tren positif belum dapat memberikan angin segar bagi industri perhotelan. Menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) untuk hotel nonbintang dan hotel bintang di Indonesia adalah 22,14 persen dan 44,68 persen pada Januari 2023.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada situasi ini seperti perubahan gaya traveling masyarakat dan ketidaksiapan dalam menghadapi peran online marketing yang semakin penting. Lebih dari itu, rendahnya tingkat hunian hotel yang diiringi dengan terus meningkatnya biaya operasional kian membuat pemilik hotel dalam kondisi tertekan. Hal ini dapat dilihat dari maraknya penjualan hotel di situs online.

Menyikapi kondisi ini, TwoSpaces Group sebuah startup hospitality yang fokus pada solusi untuk kegiatan sewa-menyewa termasuk perhotelan, menawarkan solusi lengkap untuk membantu pemilik hotel bertahan dalam situasi yang ada dan meningkatkan keuntungan. Solusi tersebut meliputi tahapan pembuatan aset digital marketing untuk meningkatkan direct booking, cloud-based Rental Management System yang memudahkan pengelolaan, dan Internet of Things yang meningkatkan efisiensi pengelolaan.

TwoSpaces Group bekerja sama dengan PT NEC Indonesia, perusahaan yang berpusat di Jepang, baru saja meluncurkan fitur Smart Check-in dan Smart Concierge. Kedua fitur ini merupakan integrasi dari cloud-based Rental Management System, teknologi Internet of Things, dan face recognition technology yang merupakan produk unggulan PT NEC Indonesia.

Smart Check-in

Fitur Smart Check-in ini adalah fitur di mana tamu hotel dapat melakukan proses check-in secara digital dan contactless. Fitur ini juga memungkinkan tamu melakukan self Check-in sebelum tiba di hotel layaknya proses web Check-in yang telah lama hadir di dunia penerbangan. Dengan fitur ini, para pemilik dan operator hotel dapat meminimalisasi karyawan yang menangani check-in untuk dapat dialokasikan ke fungsi lainnya, membuat check-in proses menjadi lebih akuntabel, dan mengurangi antrean kedatangan serta waiting time untuk tamu.

Tak hanya itu, fitur ini juga dilengkapi dengan fitur eKYC untuk pengecekan tamu termasuk pengecekan blacklist guest, pengecekan KTP, pembuatan akses berupa kode pintu atau kartu akses kamar, dan juga adanya log report untuk audit penggunaan akses tersebut di masing-masing pintu kamar. Dalam waktu dekat, fitur ini akan dilengkapi dengan artificial intelligence yang dapat mengidentifikasi bila ada kecurigaan terhadap penggunaan akses secara tidak wajar atau fraud.

Fitur Smart Concierge adalah fitur pembelian dan pembayaran barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, laundry, coworking dan lainnya. Fitur ini membantu penggunaan poin loyalti untuk transaksi tersebut menggunakan verifikasi biometrik wajah. Kedua fitur ini ditawarkan dengan biaya yang terjangkau dan skema subscription yang fleksibel.

Smart Check-in

Presiden Direktur NEC Indonesia Joji Yamamoto mengatakan, “Teknologi pengenalan wajah NEC yang berakurasi tinggi mendukung proses verifikasi calon penyewa untuk meminimalkan risiko pemilik unit dan penghuni lainnya terhadap penyewa yang memiliki rekam jejak buruk atau bahkan pernah melakukan tindakan kriminal sebelumnya. Ini juga akan memberikan kelancaran aktivitas sehari-hari, seperti layanan binatu, membeli kopi, berolahraga di clubhouse dengan pembayaran menggunakan verifikasi wajah. Dengan menggabungkan teknologi pengenalan wajah kelas dunia NEC dengan aplikasi TwoSpaces yang inovatif, kami ingin menciptakan pengalaman baru yang mudah, aman, dan fleksibel dalam konsep kehidupan yang cerdas dan terintegrasi.”

CEO TwoSpaces Ronni Sofrani menambahkan, “TwoSpaces telah lama dikenal sebagai manajemen pengelolaan akomodasi and coworking space. Pengalaman dalam pengelolaan ini yang mendukung kami meluncurkan cloud-based Rental Management System yang aplikatif pada tahun lalu. Kami berambisi untuk terus meluncurkan fitur-fitur inovatif yang semakin melengkapi solusi yang kami miliki. Dalam mewujudkan hal ini, kami tidak dapat bergerak sendiri. Dan, hari ini, bersama dengan PT NEC Indonesia kami menghadirkan fitur baru yang inovatif bernama Smart Check-in dan Smart Concierge. Ini adalah langkah awal dan penting bagi kolaborasi yang berkesinambungan untuk terus menghadirkan fitur-fitur inovatif yang dapat mendukung kebangkitan bisnis perhotelan dan akomodasi ke depannya.” [*]