Dalam upaya mendukung penurunan angka stunting di Indonesia, PT United Tractors Tbk (UT) menjalin kolaborasi strategis dengan KG Media dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui program kampanye Semesta Mencegah Stunting dengan Gerakan #CukupDuaTelur. Gerakan ini merupakan bagian dari komitmen UT dalam akselerasi pembangunan berkelanjutan dan upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.
Gerakan Semesta Mencegah Stunting adalah sebuah program intervensi dan pendampingan intensif kepada anak-anak asuh yang mengalami stunting di enam titik daerah di Indonesia, yaitu Sorong, Malino, Tanjung Redeb, Lampung, Jawa Tengah, dan Medan. Dalam program ini, akan disediakan total donasi sebanyak 15.000 butir telur yang memiliki peran penting dalam pemenuhan nutrisi anak-anak untuk mencegah stunting.
Simbolisasi komitmen kegiatan ini dilaksanakan pada Soft Launching platform Lestari yang dilakukan oleh KG Media dengan mengusung tema “Gaya Hidup Lestari” di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (28/7/2023). Komitmen UT dan KG Media dilakukan secara simbolis melalui penyerahan 15.000 telur oleh Andi Budiman (CEO KG Media) kepada Himawan Sutanto (SRCOM Department Head UT). Kemudian, dilanjutkan dengan penyematan jaket oleh Hasto Wardoyo (Kepala BKKBN RI) kepada Himawan Sutanto.
Himawan Sutanto menyampaikan, UT akan senantiasa memperkuat komitmennya untuk melakukan percepatan dalam penurunan angka stunting di Indonesia melalui kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas.
“Percepatan penurunan stunting merupakan prioritas nasional dalam mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. UT turut serta berkontribusi secara berkelanjutan dalam upaya melakukan peningkatan status gizi keluarga Indonesia dengan mendukung penuh kampanye #CukupDuaTelur bersama dengan KG Media dan BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup generasi mendatang,” ujar Himawan Sutanto.
Stunting merupakan sebuah permasalahan yang harus segera dientaskan karena akan menghambat terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045. Konsumsi makanan yang mengandung protein hewani seperti telur dapat membantu dalam pencegahan stunting.
Hal ini sejalan dengan kampanye #CukupDuaTelur karena telur dipilih menjadi sumber protein hewani yang paling mudah dibeli dan didapat karena harganya cukup terjangkau. Komitmen yang telah dilakukan UT melalui kolaborasi ini merupakan akselerasi pelaksanaan agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya poin ke-3 yakni Kehidupan Sehat dan Sejahtera.
Selain itu, sebagai bentuk implementasi ESG (Environmental, Social, dan Governance) di setiap operasional bisnis Perseroan. Melalui kolaborasi ini UT berharap nantinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di Indonesia akan pentingnya pencegahan stunting yang bisa dimulai dari lingkup terkecil yakni keluarga. Selain itu, akselerasi pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia bisa terwujud.